FEB 7, 2018


Tips- Tips Untuk Tidak Salah Memilih Sepatu Hiking

Sebelum melakukan pendakian, persiapan merupakan hal penting. Namun sepatu hiking merupakan hal penting dengan berbagai macam jenisnya.


Sebagai seorang petualang, tentunya persiapan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk menutupi berbagai kebutuhan sepanjang perjalanan. Seperti mendaki gunung, merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan persiapan matang, selain persiapan fisik dan mental, pastinya lo juga akan mempersiapkan berbagai peralatan untuk melakukan pendakian seperti baju, celana, carrier, hingga sepatu hiking.

Sepatu hiking merupakan peralatan dasar namun memiliki peran vital bagi pendakian. Hal ini terjadi karena kaki lo merupakan salah satu tubuh yang paling digunakan saat mendaki. Tidak heran apabila manusia menciptakan teknologi yang mampi melindungi kaki dari risiko- risiko yang membahayakan seperti sepatu hiking. Contohnya saat melintasi trek bermedan bebatuan atau licin dapat menyebabkan cedera kaki. Selain itu, sepatu hiking yang baik dan kuat juga harus diseimbangi dengan tampilan luar yang bagus agar tetap terlihat trendi.

Sebelum memili sepatu hiking, pastinya lo harus memahami terlebih dahulu bagaimana ciri- ciri sepatu hiking yang cocok dengan perjalanan lo. Berikut  adalah tips- tips untuk melihat kecocokan memilih sepatu hiking mulai dari fungsinya hingga sisi estetisnya.

 

Mengetahui jenis sepatu dengan jenis perjalanan lo

Tips yang satu ini lo haru mengetahui lebih dahulu kondisi trek perjalanan lo saat mendaki. Dengan mengetahui kondisi trek  saat perjalanan, lo pasinya bisa memilih sepatu lebih cocok dan lebih kuat. Lo juga harus memiliki visi saat perjalanan lo kemungkinan buruk apa yang mungkin terjadi.

Ilustrasi Sepatu Hiking Berbahan Kulit Berleher Panjang. Source

Sepatu hiking biasanya memiliki dua jenis, ada yang berleher panjang dan berleher pendek dengan fungsi yang berbeda pula. Apabila lo mendaki gunung dengan tanjakan yang tidak terlalu terjal, sebaiknya lo menggunakan sepatu hiking berleher pendek. Apabila lo akan mendaki gunung dengan medan yang sangat terjal, cuaca extreme, dengan jangka waktu yang lama, pasti nya sepatu hiking berleher panjang akan sangat membantu perjalanan lo.

Pertimbangkan ukuran sepatu dengan tepat

Selama ini mungkin lo beranggapan bahwa apabila ingin nyaman, makan sebaiknya kalian menggunakan sepatu yang memiliki ukuran pas. Sepatu hiking dengan ukuran yang terlalu besar atau longgar memang tidak akan nyaman digunakan, bahkan akan menganggu pergerakan dinamis dari kaki kalian. Sedangkan jika terlalu kecil, maka akan menyakitkan saat dikenakan dan berisiko cedera. 

Namun hal- hal tersebut tidak terlalu berlaku saat mendaki gunung, saat mendaki menggunakan sepatu yang berukuran sangat pas bisa menyebabkan cedera pada kaki lo, paling sering luka pada jari kelingking saat turun gunung. Sebaiknya lo memilih sepatu lebih besar satu ukuran dari ukuran kaki lo. Selain menghindari luka pada kaki, sepatu yang sedikit longgar bisa memudahkan lo untuk menggunakan kaus kaki yang tebal untuk melindungi kaki. 

Mempertimbangkan beban pendakian 

Sebaiknya lo perkirakan terlebih dahulu berat beban yang akan lo bawa saat pendakian. Semakin berat beban yang lo bawa, semakin tinggi pula kualitas sepatu yang dibutuhkan. Misalnya saat lo menggunakan sepatu yang dikhususkan untuk penggunaakn pendakian ultralight, maka sepatu tersebut bisa saja cepat rusak apabila lo mendaki dengan gaya konvensional, dimana titik berat berada pada banyaknya barang bawaan.

Bahan sepatu yang digunakan

Bahan sepatu merupakan salah satu pertimbangan penting dalam memilih sepatu yang digunakan. Pilihlah bahan sepatu yang nyaman di gunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan kondisi perjalanan yang terjal. Sepatu yang terbuat dari bahan kulit biasanya akan unggul pada daya tahan, kekuatan, anti air, hingga sirkulasi udara yang baik. Namun biasanya jenis sepatu ini biasanya cukup berat saat digunakan. Sedangkan jenis lainnya, seperti sepatu yang berbahan campuran kulit dan karet sintetis, biasanya mempunyai berat yang lebih ringan. Namun untuk masalah daya tahan dan kekuatan memang tidak lebih baik dari sepatu berbahan kulit. 

Ilustrasi Sepatu Hiking Berbahan Kulit Sintetis. Source

Namun sepatu yang terbaik untuk di gunakan hiking biasanya terbuat dari bahan kulit sintetis. Bahan ini dapat memberikan sirkulasi udara untuk kaki dan juga waterproof saat terkena air. Sebaiknya lo memilih sepatu gunung dengan sol yang lebih tinggi juga karena akana memudahkan lo dalam menghadapi trek bermedan bebatuan, tanah, ataupin basah. Sebaiknya hindari sepatu hiking dengan bahan kanvas karena mudah robek saat menhadapi trek bermedan extreme. 

Tidak terpaku dengan harga

Saat memilih sepatu hiking, jangan pernah terpaku oleh harga. Harga sepatu hiking memang ada yang murah dan terlihat menggiurkan, namun ada pula kualitas yang ditawarkan. Sepatu hiking dengan harga mahal tentu akan memiliki kualitas yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sepatu hiking yang dijual dengan harga lebih murah. namun hal ini tidak sepenuhnya berlaku pada sepatu hiking. Tidak semua sepatu hiking dengan harga yang mahal memiliki kualitas yang lebih baik. Sebaiknya lo memilih sepatu hiking dengan cermat dan berhati- hati. 

 

Gimana bro? Peralatan merupakan salah satu persiapan paling penting, apabila lo sudah mendapatkan sepatu yang cocok, jangan sampai lupa persiapan peralatan lainnya seperti carrier, tenda, hingga nesting untuk memasak. Selamat mendaki, bro!

 

Featured Image

Sumber

Please login to comment
4 COMMENTS
Yayan Yuliansyah
February 10, 2018 at 8:50 AM

info yg berguna


johanes pratama
February 11, 2018 at 1:43 AM

yang penting nyaman di kaki


johanes pratama
February 11, 2018 at 1:43 AM

yang penting nyaman di kaki


Hengky kik
February 11, 2018 at 3:22 PM

nice info