FEB 7, 2018


Eksotika Surga Bawah Laut Wakatobi

Wakatobi selalu menunjukkan kecantikannya dengan pemandangan alam bawah laut yang memukau. PAstinya spot ini adalah tempat sempurna untuk melengkapi bucketlist lo!


Terletak di garis khatulistiwa, tak heran Indonesia memiliki cuaca tropis yang menyimpan berbagai keindahannya melalui pantai dan panorama lautnya. Selain itu, dengan cuaca tropis, menjadi habitat sempurna bagi makhluk- makhluk laut, seperti di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 

Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu dari keragaman kekayaan alam nusantara yang keindahannya tak perlu di ragukan lagi. Taman Nasional ini telah di resmikan pada tahun 1996 dan menjadi Taman Nasional Laut (TNL) terluas kedua di Indonesia. Hingga sekarang, Taman Nasional Wakatobi menjadi habitat bagi 90% jenis karang yang ada di dunia dengan diwarnai 942 spesies ikan.

Tak heran apabila Wakatobi di elu- elukan sebagai salah sati destinasi yang memiliki keindahana alam bawah laut terbaik di Indonesia, bahkan hingga mendunia. kekayaan yang melimpah ini pun telah menggerakkan Word Wildlife Fund (WWF) untuk turun tangan dalam upaya pengelolaan dan pelestarian alam Wakatobi.

Pastinya menggiurkan kan untuk menjadi destinasi petualangan lo, Tentunya diving menjadi salah satu aktivitas yang ingin dilakukan di Taman Nasional Wakatobi, ternyata masih banyak spot yang bisa lo jelajahi di kawasan Wakatobi bro!

 

Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi

Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi adalah yang pertama direkomendasikan di sini. Inilah spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi. Karena keunggulan ini, tidak heran Wakatobi menjadi spot seru para petualang untuk menikmati lautnya melalui snorkeling, diving, hingga memancing. Namun pemandangan laut di spot ini dipastikan akan menhipnotis setiap petualang yang menyelam.

Buat lo yang mencari spot diving terdekat, lo bisa mendatangi Pulau Kapota dengan menyebranginya selama 30 menit. Atau lo juga bisa mendatangi Pantai Sousu yang terletak di kawasan Patuno Resort. Pemandu selam profesional pun selalu mendampingi para petualang yang ingin menyelam. Para petualang pastinya akan diantar ke lokasi penyelaman terbaik yang ada di Wakatobi. 

Ilustrasi Alam Bawah Laut Wakatobi. Source

Ada satu pulau yang cukup terkenal dan menjadi lokasi favorit bagi para penyelam profesional yang berasal dari dalam dan juga luar negeri, yaitu Pulau Hoga yang letaknya tidaklah jauh dari Pulau Kaledupa. Keindahan dunia bawah lautnya memang luar biasa sehingga tidak salah bila penyelam-penyelam dari luar negeri pun menyukainya. Jadi, untuk pengalaman diving yang lebih menyenangkan, cobalah untuk datang ke Pulau Hoga.

Molii Sahatu

Molii Sahatu termasuk salah satu destinasi yang wajib untuk lo kunjungi. Berjarak kurang lebih dari ibukota Wangi- Wangi, Molii Sahatu di anggap sebagai pantai seratus mata air. Salah satu alasan mengapa Molii Sahatu dianggap seperti itu adalah karena memang dari dasar pantainya terdapat ratusan mata air yang keluar maka tidak salah kalau namanya pun menjadi ‘seratus mata air’. Di dekat area ini juga ada obyek wisata lain yang bisa dikunjungi, yaitu perkampungan suku Bajo dan juga wisata gua alam yang pastinya akan menambah keseruan dalam pengalaman liburan di Wakatobi. 

Situs Benteng keraton Liya Togo

Tak hanya tentang pantai, laut, atau keindahan bawah laut saja yang paling populer di Wakatobi, Namun para petualang bisa melakukan perjalanan sejarah dengan menjelajahi Benteng keraton Liya Togo. Keraton tidak hanya di temukan di kota seperti Yogyakarta atau Solo saja, Namun Wakatobi menyimpan keraton dalan cagar budayanya. Wisata sejarah kali ini tentu berbeda dari keraton di kedua kota tersebut. Rupanya, benteng ini dianggap sebagai salah satu yang paling baik dari 120 benteng yang Kesultanan Buton miliki. Masih di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Wakatobi, para pengunjung bisa langsung datang ke Kecamatan Wangi-Wangi Selatan untuk menemukan lokasi benteng yang berada di desa bernama Liya Raya.

Pulau Anano Runduma

Pulau ini menjadi salah satu pulau yang wajib lo jelajahi selama di Wakatobi. Dengan menawarkan wawasan lebih bagi para pengunjungnya, Pulau Anano Runduma menjadi pusat peneluran penyu hijau berlokasi. Apabila lo datang pada waktu yang tepat, lo bisa menyaksikan pelepasan anak penyu  yang akan di pertunjukkan dan secara otomatis menjadi tontonan para pengunjung, Anak- anak penyu yang sudah cukup besa akan di lepas ke laut lepas yang sudah menjadi habitatnya di Kepulauan Wakatobi, pastinya bertemu penyu di lautan akan menjadi salah satu daya tarik para petualang untuk datang ke Wakatobi. 

Ilustrasi Benteng Liya Togo. Source

Eksotika Wakatobi selalu menjadi daya tarik para petualang yang datang ke Indonesia, oleh karena itu, sangat di sayangkan apabila lo  melewatkan spot yang satu ini, keindahan yang ditawarkan pastinya akan membuat lo terpukau. Penasaran? Langsung kemas barang lo dan meluncur ke spot ini!

 

Featured Image

Sumber

 

Please login to comment
9 COMMENTS
Dina Apriana
February 8, 2018 at 8:06 AM

cakep banget sahabat


Bambang S
February 8, 2018 at 8:50 AM

keren


Rachmat Megaputra
February 8, 2018 at 9:19 AM

seru banget


Hengky kik
February 8, 2018 at 7:46 PM

nice info ...kereen


Endang P
February 9, 2018 at 8:15 AM

keren


paulus indra
February 10, 2018 at 2:01 PM

Ok


Bambang S
February 11, 2018 at 8:27 AM

Mantap


Bambang S
February 11, 2018 at 8:31 AM

Ok


Nur Colis
February 11, 2018 at 6:19 PM

lestarikan wakatobi