FEB 8, 2018

Snorkeling Menyelami Eksotika Alam Bawah Laut Hawaii

Tidak hanya di Indonesia, Amerika Serikat mampu memukan para petualang yang berkunjung ke salah satu negara bagiannya, Pulau Hawaii dengan keindahan bawah lautnya


Hawaii negara bagian ke 50 yang bergabung dengan Amerika yang terdiri dari gugusan pulau, negara bagian Hawaii memiliki 8 pulau utama yaitu Hawai’i, O’ahu, Kaho’olawe, Lana’i, Moloka’i, Kaua’I, dan Ni’ihau dengan ibukota Honolulu yang berada di pulau O’ahu. Hawaii adalah satu-satunya negara bagian di Amerika yang terpisah daratan dari benua Amerika dan merupakan kawasan Oseania.

Dengan bentuk Kepulauan Hawaii memilki berbagai macam destinasi wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Bukan hanya deretan pantainya yang sangat cantik Hawaii juga termasuk Negara bagian yang memilki gunung api yang masih aktif sampai sekarang. Bukan hanya gunung berapi hawaii juga memiliki air terjun yang tersembunyi di sepanjang tebing yang hanya bisa dilihat dari laut atau udara, hutan taman nasional, lembah dll.

Salah satu destinasi terpopuler di Hawaii adalah pantai dengan aktivitas snorkelingnya. Dengan memiliki 8 pulau utama yang memilki ciri khas masing-masing membuat Hawaii memilki banyak spot snorkeling yang indah pemandangan bawah lautnya.  Spot snorkeling Hawaii yang pupuler antara lain :

Fringing Reef – Molokai

Keindahan Alam Fringing Reefs. Source

Spot terbaik untuk melihat penyu sisik, burung elang yang berterbangan di atas laut serta melihat pertunjukan riibuan ikan paus yang saling menyerang pada bulan desember – maret

Turtle Town – Maui

Ilustrasi Turtle Town. Source

Seperti namanya spot ini menjadi rumah bagi penyu di tempat ini lo hanya boleh melihat tidak boleh menyentuh penyu-penyu yang bebas berenang di dalam laut. Di tempat ini terdapat aliran lava bawah tanah yang berasal dari gunung api di bawah laut. Di spot ini lo juga kan bertemu dengan belut morai, angglefish, dan gurita.

Kealakekua Bay State Historical Park – Big Island

Ilustrasi Kealakekua Bay State Historical Park. Source

Di spot ini lo dapat berkayak di sepanjang teluk untuk melihat rombongan lumba-lumba, jika sampai di garis ujung pantai lo bisa snorkeling ditemani kura-kura, belut dan hiu karang.

Night Manta Snorkel – Big Island

Ilustrasi Night Manta Snorkel. Source

Mencoba penglaman baru dengan melakukan snorkeling pada malam hari untuk  melihat aktivitas manta yang besar. Jika ingin melakukan snorkeling disini disarankan menyiapkan senter tahan air.

Ke'e Beach Park, Kauai

Ilustrasi Ke'e Beach. Source

Ke’e Beach menawarkan waktu terbaik untuk melakukan snorkeling pada saat musim panas dan pada saat laut yang tenang. Dengan pemandangan tebing yang tinggi menjulang membuat pengalaman bersnorkeling di Ke’e beach semakin menyenangkan. Di spot ini lo bisa snorkeling dengan di temani ikan-ikan kecil yang berwarna-warni dan kura-kura hijau pasifik.

Kapiolani Park Beach, Oahu

Spot snorkeling yang tenang yang sering jugaa disebut dengan Queen’s  Beach atau Queen’s surf beach ini memilki akses melihat terumbu karang yang dekat dari bibir pantai.

Ilustrasi Kapiolani Beach. Source

Laut-laut di Hawaii memiliki tingkat kesulitannya tersendiri maka sebab itu sebelum lo memutuskan untuk melakukan snorkeling di berbagai spot snorkeling yang ada, lo harus memperhatikan dan mempersiapkan hal-hal yang harus lo lakukan saat ingin melakukan snorkeling di laut Hawaii.

 

Jangan melakukan snorkeling sendirian

Laut hawaii yang sangat bagus membuat lo ingin segera buru-buru menjelajah keindahan bawah lautnya, namun harus ingat lo mesti mengajak teman untuk mendampingi lo jika terjadi sesuatu yang enggak diinginkan.

Jangan snorkeling terlalu jauh

Gelombang laut yang tidak dapat diprediksi mengharuskan lo harus selalu berhati-hati jika melakukan snorkeling. Usahakan jangan berenang terlalu jauh dari pantai atau kapal, karena jika gelombang besar tiba-tiba datang lo dapat menyelamatkan diri dengan segera.

Lakukan snorkeling di pagi hari

Pada saat pagi hari ikan-ikan di dalam laut akan lebih aktif , maka sangat dianjurkan lo harus melakukan snorkeling pada saat pagi hari karea lo akan melihat lebih banyak kehidupan bawah laut.

Memastikan keadaan kondisi pantai dan laut

Untuk mendapatkan pengalaman melihat kehidupan ikan dan penghuni laut lo harus selalu memastikan kondisi di dalamnya. Tanyakan kepada nelayan atau guide yang tersedia disana. Hal harus dipastikan antara lain visibilitas air, arus dalam laut, ombak dll

Tetap rileks selama melakukan snorkeling

Snorkeling tidak selalu harus menyelam dan berenang melihat keadaan dalam laut, cobalah untuk floating-floating atau mengambang di permukaan laut untuk sekedar bersantai menikmati udara dan langit di Hawaii. Kegitan ini juga sebagai rileksasi mengumpulkan tenaga dan oksigen sebelum melanjutkan berenang dan menyelam melihat biota-biota dalam laut.

Jaga kelestarian karang dan kebersihan laut

Jika sedang snorkeling dan menemukan karang yang besar dan dapat disinggahi sebaiknya lo jangan lakukan itu. Jangan mecoba untuk berdiri atau menyentuh karang, karena karang adalah fondasi sebuah ekosistem di dalam laut. Jika rumahnya lo rusak bagaimana kelangsungan hidup untuk ikan-ikan penghuni karang dan ikan lainnya.

Selain keindahan alamnya yang sangat menarik untuk dijelajahi Hawaii juga Info-info unik yang mesti lo ketahui

1. Di Hawaii dilarang untuk memasang papan bilboard di pinggir jalan, di tempat ini juga terdapat larangan untuk Ular.

2. Hawaii memiliki gunung api tertinggi yang puncaknya diselimuti salju sepanjang musim dingin.

3. Selain memilki gunung api yang diselimuti salju, Hawaii juga memiliki gunung api Kilauea yang menjadi gunung berapi yang paling aktif di dunia.

4. Luas wilayah Hawaii selalu mengalami perluasan karena banyaknya gunung berapi yang aktif dan sering terjadi letusan.

5. Hawaii memilki nama julukan unik yaitu “aloha” yang berarti hai kerena di hawaii memilki warga asli yang ramah dan senang untuk menyapa siapapun yang mereka temui.

Hawaii memilki zona waktu tersendiri, kebanyakan negara di dunia mengikuti zona waktu yang sama namun berbada dengan Hawaii, di Hawaii tidak mengamati Daylight Saving Time (praktek pengaturan jam maju satu jam dari waktu standar selama musim panas, dan kembali lagi ke musim gugur).

 

Featured Image

Sumber


Please login to comment
7 COMMENTS
Bakti Satria
February 9, 2018 at 9:03 AM

nice info gan !!!!


Bambang S
February 10, 2018 at 2:23 PM

Sip


Endang P
February 10, 2018 at 2:31 PM

Sip


Bambang S
February 11, 2018 at 8:27 AM

Keren


Bambang S
February 11, 2018 at 8:30 AM

Cantik


Bambang S
February 11, 2018 at 8:31 AM

Ok


Nur Colis
February 11, 2018 at 6:18 PM

masih ada yg indah alhamdulilah