FEB 8, 2018

Buat Lo Para Pemula, Jenis- jenis Kopi Hitam Yang Perlu Lo Ketahui

Kopi hitam adalah salah satu simbol maskulinitas. Hingga sekarang, kopi hitam tidak di konsumsi bagi lelaki saja, namun wanita juga tidak jarang untuk mencicip kopi hitam, simak jenis- jenis kopi hitam berikut bro!


Indonesia di karuniai sejuta keindahan alam yang memukau dengan kesuburan tanah yang menghasilkan hasil alam yang bermanfaat bagi semua orang di dunia. Namun, di Indonesia sendiri memiliki satu jenis hasil alam yang menjadi salah satu daya tarik para petualang untuk berkunjung ke Indonesia. jenis alam itu adalah kopi. 

Saat melakukan petualangan, pastinya dengan adanya kopi akan membuat petualangan lo menjadi semakin sempurna. Kopi bisa menghasilkan minuman terbaik yang menjadi  minuman andalan para petualang, biasanya yang paling sering di minum adalah kopi hitam. 

Apabila lo penggemar kopi sejati, pastinya lo menyukai kopi hitam yang  memiliki rasa pahit. Hingga saat ini, kopi hitam menjadi salah satu lambang maskulinitas, kopi hitam juga seringkali disebut sebagai ragam sajian kopi terbaik untuk menikamati aroma dan kafein yang khas dan kuat. Namun lo perlu mengetahui apa saja ragam dan jenisnya kopi hitam.

Espresso/ Short Black

Ilustrasi Kopi Hitam Jenis Espresso. Source

Mungkin lo sudah familiar dengan jenis kopi hitam yang satu ini, yaitu satu shot dengan gelas kecil berukuran 30 milimeter kopi murni. Espresso yang bagus biasanya memiliki lapisan busa tipis yang biasa juga di sebut dengan sebutan crema. Apabila lo menyajikan panas, espresso di seduh langsung dari coffee maker dengan melalui beberapa tahapan penyulingan dari bubuk biji kopi dan air panas bersuhu khusus. Ada pula penyajian dingin yang menjadi populer saat sekarang, espresso yang di campur dengan sedikit krim untuk mengentalkan tekstur kopi saat dingin. 

Long Black/ Americano

Ilustrasi Kopi Hitam Jenis Americano. Source

Kopi yang satu ini merupakan salah satu penyajian espresso dengan ukuran yang lebih besar. Long black (lebih populer dikenal dengan nama americano) merupakan espresso yang di seduh langsung dengan air panas untuk menjaga crema agar tetap terjaga.

Risretto 

Ilustrasi Kopi Hitam Jenis Risretto. Source

Kopi jenis Risretto merupakan jenis kopi hitam yang paling kuat karena memiliki takaran ekstrak kopi lebih banyak daripada air panas yang tercampur untuk menyulingnya. Biasanya Risretto disajikan dalam gelas ukuran lebih kecil dari espresso, yaitu 15 milimeter.

Doppio

Kopi hitam yang satu ini merupakan versi besar juga bagi espresso. Berbeda dengan Americano, Doppio biasanya disajikan dengan takaran dua shot espresso, yakni dengan gelas 60 mili liter. Hal ini disebabkan karena doppio memiliki proporsi air yang cukup untuk mengencerkan kopi sehingga kopi yang masuk kedalam tubuh akan lebih mudah di terima oleh lambung, tertama bagi peminum kopi pemula. 

Macchiato

Sajian satu atau dua shot espresso yang ditambah dengan busa susu diatasnya untuk kesan lebih untuk cita rasa kafein yang lebih ringan. 

Ilustrasi Kopi Hitam Jenis Macchiato. Source

Gimana bro? Menggiurkan kan pastinya? Kopi hitam merupakan salah satu minuman paling digemari oleh para lelaki, khususnya di Indonesia. Tidak heran apabila banyak sekali tempat makan atau kopi yang menjadikan kopi hitam sebagai simbol atau ikon bagi tempat tersebut.  Selain rasa yang nikmat, kopi hitam terbuat dari biji kopi yang telah di ektrasi. Kopi dikenal memiliki kandungan kafein yang berfungsi untuk menambah energi dan stamina. Oleh karena itu, ada beberapa manfaat yang akan lo dapatkan dengan meminum kopi secara rutin.

Depresi

depresi merupakan salah satu masalah kejiwaan yang dapat menyerang orang- orang dari berbagai kalangan usia. Depresi biasanya terjadi karena bentuk kekecewaan dan dapat berlangsung lama (tergantung daya tahan individu). Kopi hitam memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya  depresi dengan menenangkan pikiran dan membuat beberapa hal menjadi lebih santai. 

Stres 

Hampir sama dengan depresi namun stres merupakan kelanjutan dari depresi. Beban kerja yang banyak kadang dapat mengakibatkan stres. Dampak stres bagi tubuh juga ikut mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit lo. Itu sebabnya stres perlu untuk di tindak lanjuti. Adapun cara untuk mengatasi stres dapat di lakukan dengan minum kopi hitam hangat di pagi hari anda yang cerah.

Diet

Diet merupakan salah satu manfaat bagi kopi. Khususnya bagi wanita, memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Berat yang ideal membuat lo tampil lebih percaya diri untuk mengambil peran di depan publik. Tidak usah repot – repot dengan mengkonsumsi berbagai obat diet karena dengan mengkonsumsi kopi hitam dapat membantu anda menurunkan berat badan.

Meningkatkan daya ingat 

Manfaat kopi hitam selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat terhadap sesuatu. Seiring dengan bertambahnya usia, semua orang akan mengalami kemunduran daya ingat. Untuk mencegah hal  ini agar tidak terjadi lebih awal baiknya rajin mengkonsumsi kopi hitam. Kopi hitam ini berfungsi untuk meningkatkan daya ingat. Namun tetap ingat untuk selalu mengkonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang cukup dan tidak boleh berlebihan.

Sakit Kepala

Mungkin lo pernah menghadapi sakit kepala karena banyak pikiran, jika iya ada baiknya mencoba mengatasi sakit kepala dengan mengkonsumsi kopi hitam. Sebagaimana diketahui kopi dapat menenangkan pikiran sehingga aman. Namun ingat untuk tidak mengkonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang berlebih. Konsumsilah sebatas yang anda butuhkan saja.

Gimana bro? Selain untuk menunjukkan sisi maskulin lo, kopi memiliki banyak manfaat yang dapat menolong tubuh lo. Minat enggak bro mengkonsumsi kopi?

 

Featured Image

Sumber


Please login to comment
10 COMMENTS
Hengky kik
February 9, 2018 at 3:13 AM

makasih infonya


Kurniawati
February 9, 2018 at 9:37 AM

ga suka ngopi oom


Nur Colis
February 10, 2018 at 12:00 AM

mantab


johanes pratama
February 10, 2018 at 3:52 AM

NICE INFO BRADD


Rachmat Megaputra
February 10, 2018 at 7:28 AM

Kafeiin bos


Endang P
February 10, 2018 at 2:33 PM

Ok


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
February 10, 2018 at 8:34 PM

Wooooowww


johanes pratama
February 11, 2018 at 1:36 AM

i like long black


paulus indra
February 12, 2018 at 8:43 AM

mantap kopi


Endang P
February 12, 2018 at 8:44 AM

sip