FEB 9, 2018


Trek Rinjani Yang Menuntun Para Pendaki Menuju Kecantikan Anjani

Terletak Di Lombok, Gunung Rinjani menjadi salah satu ikon Lombok bagi para petualang. Sesai dengan namanya, kacantikan yang disuguhkan akan membuat lo terpana.


Indonesia dikaruniai keindahan alam yang terpancar melalui pantai, satwa, hingga gunung. Sama seperti Gunung Rinjani yang memancarkan keindahannya melalui pemandangan yang memukau para petualang yang datang untuk mendaki di Gunung Rinjani. Gunung yang erat dihubungkan denga legenda Dewi Anjani ini adalah gunung berapi tertinggi ke- 2 di Indoneisa dengan ketinggian 7.726 meter di atas permukaan laut. Gunung Rinjani juga masuk dalam jajaran seven summit Indoneisa dan menjadi gunung favorit para pendaki Indineisa karena keindahan pemandangan sepanjang trek pendakian. Kaldera yang luas ditambah dengan eksotika Danau Segar Anak yang melingkar, akan membuat setiap petualang yang mendaki tersihir akan keindahannya. 

 

Pastinya, Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki kaitan erat dengan Legenda Dewi Anjani yang di percaya masyarakat setempat. Dengan kecantikan nama Gunung Rinjani, menjadi sangat sesuai dengan kecantikan pemandangan alam Taman Nasional Gunung Rinjani, tidak heran apabila Gunung Rinjani memiliki daya tarik bagi hingga para petualang mancanegara.

Dalam jarak tempuh normal, pendakian biasanya memakan waktu tempuh sekitar 4- 5 haru dengan tiga jalur untuk mencapai puncak Gunun Rinjani, yaitu Sembalun, Senarum Torean. Naun seringnya para pendaki naik melalui trek Sembalin dan turun melalui trek Senaru. Keindahan alam yang di suguhkan untuk para pendaki sangat di sayangkan untuk dilewatkan apabila lo sedang di Lombok. Pendakian melalui jalur Torean pun masih tergolong baru dan perlu jasa guide untuk melintasi jalur ini.

Basecamp Senaru

Jalur pendakian melalui Sembalun awalnya melalui sawah dan ladang penduduk. Padang rumpun yang membentang akan menjadi pemandangan lo yang diwarnai oleh perbukitan. Dari Basecamp hingga pos 1, jalur hanya berupa padang rumput yang luas dan panas, namun cukup menyejukkan mata. Apabila lo telah melewati jembatan sungai yang kering, dengan petunjuk arah menandakan apabila lo sudah dekat dengan pos 1.

Pos 1

Dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu yang lama dengan trek agak menanjak, dengan sesekali melintasi rerimbunan pohon, lo bisa beristirahat sambil berteduh dibawah pohon tersebut dari sinar matahari yang menyengat. Adapula shelter yang bisa lo gunakan untuk melepas leah di tengah padang rumput yang terhampar. 

Ilustrasi perjalanan Menuju Pos 1. Source

Pos 2 terletak di dekat jembatan dan di pos ini bisa lo gunakan untuk camp karena lokasinya luas, datar dan terdapat sumber air. Apad pula toilet yang sengaja di bangun di lokasi tersebut karena jalur pendaian Gunung Rinjani dari awal hanya berupa padang savana.

Pos 2

Trek pendakian Gunung Rinjani dari pos 2 menuju Plawangan memiliki jarak yang cukup jauh dan lumayan menguras tenaga. Trek yang terus menerus menanjak dan memiliki medan tanah yang cukup padat bercampur bebatuan besar. Karena pepohonan tidak lebat ada trek ini, berarti lo harus sabar menerima sengatan sinar matahari. Untuk mencapai ke Plawangan, lo harus melalui 7 bukit yang tiada habisnya dan sangat menguras tenaga. 

Saat lo sampai didekat sungai, ada shelter yang terletak di dekat gua bisa lo gunakan untuk beristirahat, lo bakal bertemu banyak kera abu- abi yang mencari makanan dari pendaki yang beristirahat di spot ini. Setelah itu, jalur pendakian masih menanjak dan treknya berupa tanah padat dan berdebu hingga Plawangan. 

Plawangan

Plawangan adalah spot terakhir sebelum puncak dan spot yang satu ini adalah spot yang luar biasa untuk di nikmati dengan berbagai pemandangan alam yang sangat indah. Dari spot ini, lo bisa melihat dengan jelas Danau Segara Anak yang terletak pada jalur Senaru. Jalur pendakian san kawasan camp tersebut telah berlanjut naik ke jalur arah kiri karena dekat dengan sumber air dan juga dekat dengan jalur Senaru, Dari plawangan sudah terlihat jelas puncak Gunung Rinjani, pastinya hal ini membuat setiap pendaki yang camping di Plawangan akan tergiur untuk segera naik kepuncak.

Puncak Gunung RInjani

Pastinya , lo memulai perjalanan lo menuju puncak Gunung Rinjani pada tengah malam agar mencapai puncak pas sunrise. Trek pendakian ke puncak Rinjani merupakan trek bermedan pasir padat berkelok- kelok. Jalur tanaj yang panjang menjadi batas dari vegetasi dan menandakan lo sudah pada berada pada ketinggian. pada jalur menuju puncak lo akan merasakan angin yang berhembus sangat kencang dan bercampur dingin dan rawan akan badai malam. Meskiun bebatuan jarang di temukan untuk berlindung, semakin ke atas bebatuan yang panjang dan besar bisa melindungi lo. Meskipu melelahkan dengan cuaca yang extreme pula, lo tidak boleh menyerah sebelum mencapai puncak. 

Ilustrasi Pemandangan Puncak Gunung Rinjani. Source

Sesampai di atas, lo akan disuguhkan pemandangan terbai dalam hidup lo! Lo bisa melihat keseluruhan Pulau Lombok dari atas sana dan lo juga bisa melihat tiga pulau Gili jalur berpasir dan plawangan pastinya akan lo lihat pula. Dari kejauhan lo bisa melihat Gunung Agung yang ada di Bali.

Danau Segara Anak

Tidak lama untuk kembali kePlawangan, Jalur turun ke kiri di Plawangan mengarahkan para pendaki kepada Danau Segar Anak. Setelah sampai di bawah bukit, jalur akan semakin rapat dan landai, dan menandakan kalau lo sebentar lagi tiba di Danau Segar Anak.

Ilustrasi Danau 

Sesampai di Danau Segara Anak lo akan merasakan suasana tenang,segar dan indah. Terletak pada ketinggian 1020 meter diatas permukaan laut, menjadi spot yang cocok untuk mendirikan tenda dan menghabiskan waktu seharian. Suasana yang lo dapatkan cocok untuk melepas lelah dan bersantai. Selain Air Dingin, Danau Segara Anak juga memiliki sumber air panas yang bisa lo gunakan.

Basecamp Senaru

Perjalanan turun menuju Basecamp Senaru menjadi salah satu trek yang paling berat pula. Lo harus menanjak lagi karena harus melalui perbukitan. Trek yang akan lo hadapi adalah bebatuan besar dengan pagar besi panjang sebagai pembatas. Namun sesampai di Basecamp Senaru Lo bisa langsung ke gubuk untuk beristirahat dan mengisi perut.

 

featured Image

Sumber

 

 

Please login to comment
15 COMMENTS
Hengky kik
February 10, 2018 at 3:39 AM

tak akan pernah bosan menuju kesana


Dina Apriana
February 10, 2018 at 8:40 AM

info menarik


Bambang S
February 10, 2018 at 2:27 PM

Ok


paulus indra
February 11, 2018 at 7:33 AM

Sip


Bambang S
February 11, 2018 at 8:26 AM

Menantang


Bambang S
February 11, 2018 at 8:30 AM

Sip


Nur Colis
February 11, 2018 at 6:18 PM

super sekali


Rachmat Megaputra
February 11, 2018 at 8:35 PM

Seru tapi belom kesana


Bambang S
February 12, 2018 at 8:36 AM

good


Dina Apriana
February 12, 2018 at 12:11 PM

cakep rek


paulus indra
February 13, 2018 at 8:34 AM

gk rugi mendaki


Bambang S
February 13, 2018 at 8:37 AM

keren


Farhan Yudhi Fatah
February 15, 2018 at 11:38 PM

My Dream


Rachmat Megaputra
February 18, 2018 at 2:06 PM

Trippp


Rachmat Megaputra
February 18, 2018 at 2:07 PM

Juos