FEB 12, 2018

5 Tips Untuk Liburan Lo Ke Bunaken Makin Berkesan!

Keindahan Bunaken sudah tidak diragukan lagi. Nah, agar liburan di sana makin berkesan, cek 5 tips ini bro!


Taman Laut Bunaken memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Berbondong-bondong wisatawan baik domestik atau mancanegara berlomba untuk mendapatkan momen liburan terbaik di sana. Terletak di Sulawesi Utara, dan menjadi bagian dari kota Manado, Taman Laut Bunaken sudah menjadi magnet wisata selama berpuluh-puluh tahun. Terlebih, sejak diakui oleh UNESCO sebagai salah satu objek wisata terbaik dari tahun 2005, Taman Laut Bunaken mampu mendatangkan 12.000 wisatawan setiap bulannya.

Dengan rute terbang yang dinilai cukup mudah dijangkau, dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi dan tinggal melanjutkan dengan taksi, lo sudah bisa tiba di Taman laut Bunaken dengan mudah dan selamat. Buat lo yang ada di Jakarta atau di manapun dan punya keinginan untuk liburan ke Taman Laut Bunaken, ada beberapa tips yang harus lu perhatikan, bro!

Pilih Bulan Kunjungan Yang Tepat!

Lho memangnya ada waktu khusus buat mengunjungi Taman Laut Bunaken? Apa tidak bisa setiap saat saja? Perlu lo ketahui, waktu dan bulan terbaik yang ada di Bunaken adalah Mei – Agustus. Rentang waktu ini adalah kondisi terbaik Taman Laut Bunaken dikarenakan suhu yang hangat dan air laut yang jernih. Jadi jelas cocok banget buat lo yang datang ke Bunaken untuk snorkeling dan diving.

Di waktu ini juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk flora dan fauna di Taman Laut Bunaken berkembang biak. Seperti penyu sisik hijau yang setelah musim kawin akan naik ke pantai untuk bertelur, dan beberapa kembang koral yang bermekaran dengan indah. Jadi buat lo yang suka dengan pemandangan bawah laut, waktu ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi Taman Laut Bunaken.

Lalu ada apa dengan waktu lainnya?

Di bulan Desember dan Januari, adalah waktu air laut pasang, gelombang tinggi, dan air menjadi keruh karena banyak sampah yang ikut terbawa oleh air laut yang sedang tinggi tersebut. Oleh karena itu, lo pasti engga mau kan snorkeling dan diving ditemani oleh botol plastik bekas atau plastik bekas makanan lainnya?

Beda untuk Bulan Oktober!

Bulan Oktober adalah bulan istimewa karena pemerintah Manado mengadakan acara Festival Bunaken! Di Festival Bunaken ini, lo bisa melakukan hal-hal seru seperti mengikuti kontes foto menyelam dan bahkan melepaskan ribuan anak penyu, tukik. Bulan ini juga bisa jadi pilihan tepat lo untuk berlibur ke Taman Laut Bunaken.

Rencanakan Liburan Dari Jauh-Jauh Hari!

Karena banyak wisatawan yang memilih waktu dari Mei – Agustus, jelas hotel, restoran, dan tempat penyewaan kendaraan pasti dipenuhi oleh mereka. Hal ini juga dikarenakan oleh pihak atau operator hotel dan resort terkadang tidak menerima wisatawan lagi karena penuhnya kapasitas tempat mereka. Oleh karena itu, lo bisa pastikan waktu tinggal di sana tidak berebut dengan wisatawan lainnya dan memesan tempat serta akomodasi berkaitan dari jauh-jauh hari.

Lo juga bisa menggunakan beberapa situs traveling untuk memesan tiket pesawat, tempat untuk istirahat beserta akomodasinya dengan mudah. Hal ini jelas bisa mengurangi resiko kehabisan tempat untuk menginap di Bunaken.

Uang Tunai Saja, Bro!

Walaupun lo sudah terbiasa dengan kartu kredit karena memudahkan berbagai transaksi, lain halnya di Taman Laut Bunaken. Kalau lo ingin snorkeling dan diving dan harus menyewa alat-alatnya, gunakan uang tunai karena operator alat tersebut tidak menyediakan fasilitas pembayaran non-tunai. Banyak dari mereka yang belum mengerti mengenai sistem pembayaran non-tunai yang menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Hal ini juga sebagai kritik dari pemerintah setempat, lho. Karena zaman yang semakin maju, diharapkan tempat wisata seperti Taman Laut Bunaken ini juga mengikuti perkembangan zaman dan bisa mengaplikasi sistem pembayaran apapun untuk mempermudah aktivitas liburan para turis dan wisatawan khususnya dari mancanegara. Perihal ini juga diharapkan bisa meningkatkan daya jual dari Taman Laut Bunaken sendiri.

Narsis Biar Eksis? Pakai Alat Sendiri, Bro!

Sudah zamannya momen-momen liburan bisa terekam dengan baik di kamera ponsel dan kamera digital. Walau di Bunaken banyak yang menyewakan kamera, akan tetapi disarankan kalau lo pakai kamera pribadi. Hal ini mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti tersebarnya foto-foto pribadi di jejaring sosial media dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi pakai kamera sendiri aja, bro!

Jaga Kebersihan Di Mana Lo Berada Ya!

Ini sih yang paling penting dari liburan. Entah lo liburan ke manapun, harusnya lo bisa jaga kebersihan tempat tersebut. Di Bunaken sendiri sekarang sudah mulai ketat dalam hal kebersihan. Pemerintah setempat memperbanyak tempat pembuangan sampah guna menyadarkan para wisatawan agar selalu menjaga kebersihan dari diri mereka sendiri.

Selain tempat pembuangan sampah yang diperbanyak, pemerintah setempat juga mengingatkan para wisatawan dengan papan peringatan. Memang diakui oleh petugas kebersihan setempat bahwa terkadang ada tindak wisatawan yang tidak dapat pengawasan sehingga berakibat tempat wisata tersebut menjadi kotor penuh sampah.

Taman Laut Bunaken memang salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Indonesia. Tidak heran berduyun-duyun wisatawan domestik dan mancanegara yang penasaran dengan apa yang ada di dalam Bunaken. Terlebih, Bunaken juga sudah menjadi salah satu titik konservasi koral dan beberapa satwa laut yang dilindungi yang dipercaya oleh dunia. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik, lo juga sudah siap menjaga kelestarian Taman Laut Bunaken, kan?

Jadi bagaimana bro? Lo siap untuk liburan ke Bunaken? Dengan mengikuti tips-tips di atas niscaya liburan lo ke Bunaken pasti makin berkesan!

 

Sumber

Feature image

 

 

 

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Bakti Satria
February 13, 2018 at 9:59 AM

kereen pisan euyyyy