FEB 12, 2018


Kopi Hitam Unik? Cobain Sajian Ini, Bro!

Kopi Hitam menjadi salah satu simbolik maskulin bagi para pecintanya, namun ada beberapa keunikan penyajian kopi yang mengejutkan lo!


Terletak pada garis khatulistiwa, Indonesia memiliki dataran yang beriklim tropis dan menjadi salah satu tanah yang paling subur untuk menanam rempah- rempah yang ada untuk di konsumsi para pecinta kopi. Tidak heran kopi menjadi salah satu bagian tanaman yang biasa digunakan untuk menyeduh minuman kopi. Hingga sekarang, kopi merupakan salah satu daya tarik para petualang yang datang ke Indonesia.  

Sejarah mencatat bahwa penemuan biji kopi sebagai minuman yang sangat berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Orang dari Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu, atau 1000 tahun Sebelum Masehi. Kopi kemudian terus berkembang hingga sekarang ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia.

Kopi sendiri adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaituKopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Pastinya dengan berasal dari biji kopi, penyajian kopi sendiri memiliki macam yang berbeda yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia sendiri memiliki banyak  penyajian kopi yang terbilang sangat unik dengan khas masing masing daerahnya. Berikut macam- macam penyajian unik kopi yang ada di Indonesia.

Kopi Kawa, Sumatera Barat

Kopi Kawa Yang Biasanya Di Sajikan Dengan Gorengan. Source

Kopi Kawa, atau yang biasa juga di sebut dengan sebutan Aia (air) Kawa adalah sejenis kopi dan merupakan minuman khas Sumatera Barat. Apabila di tempat lo kopi di buat dari olahan biji kopi, berbeda dengan kopi kawa yang di buat dari daun kopi. Konon, kebiasaan minum Kopi Kawa dimulai pada zaman penjajahan kolonial. Rakyat pribumi saat itu diwajibkan pemerintah kolonial untuk menanam kopi di tanah dan halaman rumah mereka. Namun semua hasil panen kopi diambil penjajah dan diekspor ke luar negeri untuk kepentingan pemerintah kolonial. Kopi kawa merupakan salah satu inovasi kopi dan mungkin bisa menjadi referensi para pengusaha kopi saat ini. Kopi kawa memiliki kadar kafein yang rendah dengan tekstur kopi lebih mirip seperti teh. Lo bisa mencoba kopi ini dengan penyajian dalam tempurung batok kelapa. 

Kopi Manggar, Belitung

Ilustrasi Kopi Manggar. Source

Apabila lo sering mendapatkan kopi dengan tasa yang manis atau pahit, berbeda dengan kopi manggar. Kopi yang satu ini malah rasanya lebih asam. Dengan proses pembuatannya yang melalui penyaringan beberapa kali, kopi ini tidak langsung di tuang di air panas. Hasil dari penyaringan ini di seduh di gelas- gelas yang telah tersedia. Manggar sendiri adalah nama kawasan di Belitung. 

Kopi Joss, Yogyakarta

Ilustrasi Kopi Joss. Source

Buat lo yang tinggal di Yogyakarta atau sering melakuka travelling ke Yogyakarta pastinya tidak asing dengan nama kopi joss. Kopi yang sudah terkenal di kota Jogja ini memiliki keunikan dari penyajiannya. Kopi ini disajikan dengan dimasukkan arang ke dalamnya. Meskipun terlihat tidak sehat, namun ada khasiat dari kopi ini. Arang mampu menetralisir asam lambung dan menjadi obat bagi masalah gas dan kembung. Beberapa peramu kopi arang juga mengatakan kopi ini dapat membangkitkan stamina.

Kopi Hijau, Tulungagung

Kopi yang seringkali di panggil dengan sebutan Kopi Ijo ini seperti namanya, kopi ini tidak terlihat hitam sepenuhnya, namun hitam kehijauan. Warna kopi yang hitam kehijauan konon katanya merupakan hasil dari racikan kopi yang dicampur dengan kacang hijau dan rempah-rempah khusus yang diramu dengan resep tertentu sehingga menghasilkan cita rasa kopi hijau dan menjadi khas dan membudaya di kota Tulungagung, Jawa Timur.

Kopi Durian, Lampung

Ilustrasi Kopi Durian Khas Lampung. Source

Satu lagi pengembangan penyajian kopi yang di lakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu Kopi Durian. Hingga kini kopi Durian tengah di perkenalkan oleh seorang warga Lampung kepada masyarakat.  HM Husein Janeyardi Fiantory adalah sosok di balik kreasi produk teranyar ini. Ide penciptaan produk Kopi Durian, diakui Husein, diangkat dari kebiasaan sebagian warga Lampung yang doyan menyantap daging durian dengan mencelupkan ke dalam seduan kopi hitam panas. Aroma kopi yang tajam, bercampur semerbak wangi durian memberikan sensasi berbeda bagi pecinta kopi.

 

Itulah tadi penyajian unik kopi- kopi yang ada di Indonesia. Yang unik dari penyajian- penyajian tersebut adalah penyajian kopi tersebut menyesuaikan dengan ciri khas masing- masing daerah. Penyajian kopi kini menjadi universal, namun ada beberapa penyajian yang terkenal Indonesia. Berikut penyajian tersebut.

Kopi Tubruk 

Kopi tubruk merupakan minuman kopi asli Indonesia yang dibuat dengan merebus biji kopi bersama dengan gula di air mendidih. Biji kopi ditumbuk secara tradisional dan masih banyak butiran kasarnya. Nikmat meminum kopi ini adalah ketika menggigit dan menghisap butiran kasar kopi.

Kopi Kothol 

Kopi kothok sebenarnya kopi biasa, tapi yang membuatnya luar biasa adalah cara pembuatannya. Sehingga didapatkan racikan kopi yang memiliki aroma begitu kuat dan segar. Cara penyajiannya adalah bubuk kopi dan gula direbus bersama dengan air dalam rantang atau gerabah hingga benar mendidih dan panas.

Gimana bro? Penyajian unik kopi- kopi Indonesia pastinya akan memberikan lo sensasi berpetualang yang unik dan seru. Penasaran? Langsung saja kemas arang lo dan melakukan petualangan eksplorasi kopi di Indonesia!

 

Featured Image

Sumber

Please login to comment
2 COMMENTS
Rachmat Megaputra
February 13, 2018 at 7:42 AM

Pahir bro


Yayan Yuliansyah
February 16, 2018 at 2:04 PM

sedap



LOCATION