FEB 12, 2018

Snorkeling Di Hawaii? Ini Peralatan Untuk Pemula, Bro!

Berkeinginan snorkeling di Hawaii tapi tidak tahu apa saja peralatannya? Tenang bro, simak ulasan ini!


Apa yang pertama kali terlintas dipikiran lo ketika mendengar kata Hawaii? Snorkeling? Ya setuju! Hawaii dengan berbagai keindahan bawah lautnya bisa menyihir siapapun yang berani terjun ke  dalam sana. Sekedar tips yang jarang orang tahu, baik di Hawaii atau di manapun spot untuk snorkeling, waktu terbaik untuk bertemu dengan koral-koral indah dan satwa laut yang mengagumkan adalah pagi hari. Note that, bro!  

Ditemukan oleh James Cook pada 10 Januari 1778, Hawaii adalah satu-satunya negara bagian dari Amerika Serikat yang merupakan bentuk kepulauan dan juga masuk di kawasan oseania. Hawaii merupakan salah satu tempat wisata terbaik di dunia karena keindahan bawah lautnya. Beragam flora dan fauna bawah lautnya sudah menjadi favorit bagi para penyelam dan penikmat fotografi bawah laut.  

Oleh karena itu, olahraga snorkeling menjadi aktivitas idola bagi setiap pengunjung di Hawaii. Snorkeling membutuhkan beberapa peralatan, dan untuk para pemula, ada beberapa peralatan sederhana yang bisa membantu untuk menikmati keindahan bawah laut Hawaii.

Bro, kalau lo udah punya rencana untuk snorkeling di Hawaii atau di manapun, beberapa peralatan ini perlu lo ketahui dan bisa lo gunakan sebagai pemula.

Scuba Diving Mask

Ilustrasi Scuba Diving Mask. source

Scuba Diving Mask ini bukan hanya sekedar masker untuk melindungi wajah ketika bersnorkeling, tetapi juga ada alat bantu untuk bernafas. Masker ini sangat membantu lo untuk menghindari air laut yang akan masuk ke mata, bro. Jadi lo bisa menikmati bahkan selfie dengan tetumbuhan karang dan berbagai fauna laut tanpa takut kehabisan nafas, atau mata perih karena air laut masuk sembarangan.

Hal yang perlu diperhatikan dari masker ini adalah selang udaranya, bro. Sebelum membeli, silahkan dicoba di wajah dan pastikan kaca masker tidak berembun. Kalau berembun, bisa jadi selang oksigen untuk bernafas bocor, atau si masker tersebut tidak pas dengan bentukan wajah lo. Cek sebelum membeli ya!

Scuba Diving Mask With Camera

Ilustrasi Scuba Diving With Camera. souce

Masker yang satu ini tidak berbeda jauh dengan yang sebelumnya, akan tetapi dengan tambahan tripod untuk menaruh action cam. Sama dengan masker sebelumnya, silakan cek kaca masker tersebut berembun atau tidak. Kelebihan masker ini adalah tripod kecil di atasnya guna action cam. Jelas jika sudah menggunakan masker ini, lo tidak kesulitan untuk merekam keindahan laut Hawaii, bro!

Tripod action cam ini juga dilengkapi dengan tempered glass, jadi seharusnya action cam lo akan aman dari ancaman air laut, bro!

Wetsuit Long-Sleeve

Ilustrasi Wesuit Long Sleeve. source

Baju selam bro! Jelas untuk wetsuit long sleeve ini adalah baju selam yang akan melindungi lo dari arus deras ketika snorkeling di Hawaii. Biasanya bahan baju ini adalah polyster. Bahan ini adalah bahan tipis, kuat, cepat kering dan ringan. Oleh karena itu, baju selam ini tidak akan membuat lo kelelahan ketika bersnorkeling di Hawaii karena bobotnya yang sangat ringan.

Selain itu, bahan baju selam ini biasanya langsung menyesuaikan dengan bentuk badan lo. Jadi tidak usah khawatir untuk ketinggalam mode dan tetap terlihat necis ketika bersnorkeling ya bro!

Kaki Katak!

Ilustrasi Kaki Katak. source

Kaki katak akan memudahkan lo untuk berenang lebih gesit di dalam lautan Hawaii bro. Kaki katak juga melindungi lo dari karang tajam atau hewan laut berduri. Jadi, jangan asal pakai alas kaki ketika bersnorkeling ya. Sebelum membeli kaki katak, sebaiknya lihat dulu kelenturan dari alat ini ya, bro. Kelenturan kaki katak ini juga akan mempengaruhi tenaga saat bersnorkeling. Jadi snorkeling lo akan terbantukan dengan alat ini.

Snorkeling Glove

Ilustrasi Snorkeling Glove. source

Ini bukan sarung tangan untuk naik motor atau sarung tangan untuk mengambil kue dari oven ya, bro. Snorkeling glove adalah sarung tangan khusus untuk melindungi tangan lo ketika mencoba pegang karang atau beberapa fauna laut khas Hawaii.

Sarung tangan ini sebaiknya berbahan tebal dan juga elastis. Hal ini untuk mempermudahkan gerak tangan lo untuk merekam keindahan bawah laut Hawaii. Sarung tangan ini juga melindungi lo dari suhu air laut yang dingin. Jadi sebaiknya jangan sembarang pakai sarung tangan untuk bersnorkeling ya.

Diving Flashlight

Ilustrasi Snorkeling Flashlight. source

Ini bukan senter biasa yang digunakan sama petugas keamanan ya, bro. Senter ini memang khusus untuk snorkeling, baik snorkeling di malam hari, atau snorkeling di kedalaman lebih dari 20 meter. Biasanya senter ini berlapis aluminium guna menghindari air laut masuk ke dalamnnya. Senter ini biasanya berbentuk ikat kepala. Jadi lo bisa kaitkan senter ini diatas diving mask. Tetapi dengan catatan, lo tidak bisa pakai diving mask dengan action cam, karena jelas tidak ada tempat nanti untuk senter ini.

Oleh karena itu, ada baiknya lo gunakan action camnya secara terpisah. Oh iya, bro, walau lo sudah pakai diving flashlight ini, bukan berarti lo bisa snorkeling ke tempat yang lebih dalam ya. Tetap perhatikan batasan kedalaman untuk snorkeling.

Untuk para pemula, 6 peralatan untuk snorkeling ini sudah cukup membantu untuk menikmati dan merekam keindahan bawah laut Hawaii. Namun, tetap perhatikan tempat di mana lo akan snorkeling ya bro. Hawaii penuh dengan tempat eksotis untuk bersnorkeling. Sayangnya perlu peralatan tambahan untuk mencapai tempat-tempat eksotis tersebut. Jadi jelas nanti lo butuh peralatan yang lebih advance dari ini ya bro.

Jadi bagaimana? Lo sudah tahu beberapa peralatan snorkeling untuk pemula, kan? Sudah ada rencana untuk snorkeling ke Hawaii? Atau ke tempat-tempat indah lainnya?

 

Sumber

Feature Image


Please login to comment
3 COMMENTS
Rachmat Megaputra
February 13, 2018 at 5:20 PM

Bisanya dikolam renang


johanes pratama
February 14, 2018 at 7:05 AM

nice


paulus indra
February 15, 2018 at 7:57 AM

mahal semua