FEB 12, 2018

Habiskan Waktu Lo Di Surga Ini Bro, Pulau Menjangan

Siapa sangka ada surga yang jarang terjamah manusia di sekitaran Bali?


Ada yang pernah dengar tentang Pulau Menjangan? Tidak ada? Sayang sekali karena ini adalah satu surga nyata yang ada di Bali, Indonesia. Pulau Menjangan terkenal baik domestik dan mancanegara karena beberapa spot diving dan snorkeling terbaik.

Pulau Menjangan terletak di utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali sekitar 60 kilometer dari Lovina. Kalau lo dari Denpasar, lo akan memakan waktu perjalanan sekitar 4 jam.

Eh tapi lo tahu engga sih apa arti Menjangan dan kenapa surga ini disebut Pulau Menjangan? Dalam Bahasa jawa, Menjangan mempunyai arti rusa, atau kijang. Dan kenapa pulau ini diberi nama Menjangan, karena setiap musim semi akan ada banyak rusa yang berenang ke pulau ini dengan jarak 1.2 mil.

Untuk sampai Pulau ini, lo harus menyebrang dengan kapal motor sekitar 30-45 menit dari Pelabuhan Lalang. Rincian harga yang dipatok untuk sewa kapal antara Rp. 400.000 – Rp. 600.000 per hari. Sewa kapal ini akan lebih murah lagi jika lo mau bergabung dengan kelompok lain. Dan untuk harga tiket masuk sebesar Rp. 2.500 per orang. Lalu dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 4000 untuk asuransi per orang. Jika lo ingin memakai jasa pemandu, lo harus merogoh kocek sebesar Rp. 100.000 per kelompok.

Dengan keanekaragaman flora dan fauna, Pulau Menjangan dikelilingi oleh berbagai formasi terumbu karang. Berbagai macam dan spesies terumbu karang ini menjadi tempat berkembangbiak berbagai mancam fauna. Batuan karang sedalam 60 meter ini dihuni oleh berbagai macam jenis belut, ikan kerapu dan ikan kakap.

Semakin dalam kedalamannya, semakin banyak jenis ikan yang bisa lo temui bro. Lo bisa menemui gerombolan tuna sirip biru dan kuning, jackfish, batfish, angelfish, penyu sisik hijau dan bahkan hiu. Berikut adalah beberapa spot terbaik yang ada di Pulau Menjangan.

Eel Gardens

Eel Gardens. source

Mendapat predikat spot diving terbaik di Pulau Menjangan dan sekitarnya, Eel Gardens akan memberikan lo pemandangan yang luar biasa cantiknya. Di spot ini, lo akan melihat banya belut laut yang terlihat seperti “berdansa” dan membuat pattern yang indah. Akan tetapi, seluruh keindahan dari spot Eel Gardens ini akan terlihat keseluruhannya ketika lo diving sampai di kedalaman 40 meter.

Gimana bro, berani coba diving sampai kedalaman tersebut?

Secret Bay

Secret Bay. source

Bro, lo pecinta macro diving? Kalau iya, Secret Bay adalah jawaban dan spot terbaik untuk lo. Beralaskan pasir vulkanik, spot ini menjadi tempat alami dan jarang terjamah orang. Di spot ini, perairannya cukup dangkal. Hanya dengan menembus jarak 10 meter, lo sudah bisa menemui nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan masih banyak lagi spesies lainnya.

Akan tetapi untuk bisa menikmati pemandangan tersebut, waktu yang disarankan adalah pagi hari. Hal ini dikarenakan suhu air laut yang terbilang hangat, dan juga waktu yang tepat untuk biota-biota laut ini mencari makan. Oleh karena itu, siapkan action cam lo untuk merekam semua pemandangan surga nanti, bro!

Anchor Wreck

Anchor Wreck. source

Eits, nanti dulu bro. Ini bukan bongkahan kapal buatan atau kapal Titanic ya. Menurut masyarakat setempat, dahulu kapal ini adalah kapal yang mengangkut budak-budak pada zaman perang Dunia ke II. Tapi pemandangan di spot ini akan terbayar lunas dari cerita-cerita seram dibalik bongkahan kapal ini.

Dengan kedalaman 45 meter, lo bakal disajikan dengan pemandangan yang luar biasa. Selain flora dan fauna endemic spot ini, bongkahan kapal ini menjadi pemandangan yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja. Perabot-perabot keramik yang sudah dimakan koral menjadi sangat cantik. Dan untuk fauna laut di kedalaman ini, jangan heran karena akan bertemu dengan hiu-hiu yang sibuk lalu lalang.

Jika lo sudah punya rencana untuk pergi ke Pulau Menjangan ini, berikut tips untuk melihat penuh kecantikan dan keistimewaan surga di Bali ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Menjangan adalah bulan April sampai November. Hal ini dikarenakan suhu air terbaik ada dibulan ini, dan gelombang air laut yang tinggi namun tenang memberikan asupan makanan yang bagus untuk para biota laut. Oleh karena itu, rentang waktu tersebut adalah rentang waktu terbaik untuk mengabadikan pemandangan bawah laut Pulau Menjangan.

Lalu, pastikan lo membawa bekal makanan dan minuman sendiri jika ke Pulau ini, karena Pulau Menjangan adalah Pulau yang tidak berpenghuni. Di sini belum berkembang hotel atau resort seperti wilayah Bali lainnya. Oleh karena itu, pastikan membawa bekal yang cukup.

Mengingat Pulau Menjangan tidak berpenghuni, jika lo ingin diving atau snorkeling, diharapkan lo membawa sendiri alat-alat untuk olahraga tersebut. Jelas bahwa di Pulau Menjangan tidak ada yang menyewakan alat-alat diving atau snorkeling.

Jika lo tidak ingin ambil pusing untuk sampai di Pulau Menjangan ini, beberapa resort di Bali biasanya menyediakan paket untuk sampai di sini. Lengkap dengan transport, alat-alat diving atau snorkeling, dan perbekalan makanan.

Pulau Menjangan benar-benar surga bagi wisatawan domestik ataupun mancanegara. Terlebih mereka wisatawan asing, yang sangat kagum dengan pemandangan di Pulau Menjangan ini. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan akses ke Pulau Menjangan ini.

Nah, gimana bro? Sudah menyiapkan tanggal dan budget untuk ke Pulau Menjangan? Jangan menunda terlalu lama untuk melihat salah satu surge yang ada di Bali ini, ya Bro!

 

Source

Feature Image


Please login to comment
5 COMMENTS
Endang P
February 13, 2018 at 8:32 AM

seru bgt nih


Bambang S
February 14, 2018 at 8:10 AM

keren bgt


paulus indra
February 14, 2018 at 8:12 AM

kapan y bs kesini


Farhan Yudhi Fatah
February 15, 2018 at 11:41 PM

Surga dunia


Endang P
February 19, 2018 at 8:25 AM

cantik