FEB 15, 2018

Bermalam Di Gunung, Atau Menginap Di Pinggir Pantai? Berikut Tips Memilih Lampu Senter, Bro!

Bro, lampu senter adalah salah satu gear utama untuk petualangan lo, jadi perhatikan tips ini dan jangan sampai salah memilih lampu senter, ya!


Bro, kalau kesenangan lo adalah bermalam di atas puncak gunung atau mendirikan tenda di pinggir pantai, lo tidak selalu akan mengandalkan api unggun, kan? Obor? Tidak, bro. Kali ini ada gear yang biasanya lo sudah tahu dan lo pasti bawa setiap petualangan.

Ya, benar. Lampu senter.

Lampu senter adalah gear wajib buat lo yang bisa berhari-hari beralam di alam liar sana. Entah di hutan rimba, atau di desa pelosok berbaur dengan masyarakat asli sekitar. Obstacle atau rintangan di alam liar sana akan menjadi dua kali lipat lebih susah ketika matahari menghilang dan bulan menggantikan.

Hal ini sudah jelas karena penerangan satu-satunya di alam liar adalah cahaya bulan. Tapi, lo tidak bisa selalu bergantung dengan penerangan alam ini, bro. Oleh karena itu, lampu senter adalah pilihan gear tertepat untuk masalah ini.

Oke bro, ada beberapa pertimbangan yang perlu lo lakukan ketika memilih lampu senter untuk menjadi gear andalan lo saat berpetualang di segala medan. Hal ini bisa bermanfaat buat lo untuk dapat gear paling efisien untuk petualangan lo.

Tujuan Penggunaan

Penggunaan Lampu Senter. source

Ini adalah awal dari pemilihan lampu senter, bro. Lo harus tahu dulu ke mana lo akan sering berpergian. Sebagai contoh kalau memang lo akan sering bermalam di puncak gunung, lebih baik lo pilih lampu senter dengan cahaya kuning. Cahaya kuning ini akan membantu lo melihat dalam tebalnya kabut.

Kondisi di puncak gunung tidak bisa diprediksi dengan teori. Tetapi, untuk kabut tebal atau derasnya air hujan, lampu senter dengan cahaya kuning mampu menembus rintangan tersebut.

Fitur

Fitur Lampu Senter. source

Dengan perkembangan zaman saat ini, lampu senter sudah dilengkapi beberapa fitur bro. Keren, kan? Hal ini patut lo pertimbangkan karena jelas ke mana lo akan pergi, lampu senter dengan berbagai fitur ini bisa menjadi andalan lo.

Fitur umum yang ada di lampu senter biasanya adalah display ketahanan batu baterai, dan dua mode warna cahaya. Nah, mode dua warna cahaya ini hal penting bro. Jadi ke manapun lo berpetualang, entah ke puncak gunung yang penuh kabut dan lo bisa tembus obstacle itu dengan lampu senter warna kuning, atau gunakan lampu senter bercahaya putih terang seperti senter tembak.

Bro, perlu lo ketahui, nih. Lampu senter dengan cahaya putih menyengat biasanya hanyak pihak-pihak berwajib yang bisa menggunakannya. Jadi, sebaiknya jika lo memang berniat untuk mempunyai senter tersebut, disarankan lo beli yang memang dikhususkan untuk petualang sejati seperti lo ya!

Bahan Lampu Senter

Bahan Lampu Senter. source

Perihal ini akan berkaitan dengan berat atau bobot dari lampu senter itu bro. Bahan yang bisa lo perhatikan di lampu senter adalah plastik, atau alumunium. Kalau lo masih memilih lampu senter dengan bahan plastik, oke sih bro, beban atau bobotnya tidak akan mengganggu tas ransel lo.

Akan tetapi, yang dikhawatirkan adalah keawetannya. Lampu senter dengan bahan plastik biasanya rentan pecah karena jatuh bro. Berbeda dengan yang berbahan alumunium. Memang bobotnya sedikit lebih berat, tetapi biasanya dilengkapi dengan rangka besi ringan di dalamnya. Jadi ketika lampu senter itu jatuh dari tangan lo, tidak akan mudah pecah atau rusak.

Desain Lampu Senter

Desain Lampu Senter. source

Berbicara desain lampu senter, tiga faktor di atas tadi sudah pasti juga jadi bahan pertimbangannya bro. Dari tujuan penggunaan, fitur, dan bahan lampu senter tersebut, akan jelas mempengaruhi bentuk desain dari lampu senternya.

Mengikuti perkembangan zaman ini, lampu senter sudah bermacam-macam bentukannya bro. Oleh karena itu, tips untuk lo, pilihlah lampu senter yang sesuai dengan genggaman tangan lo, dan berbahan yang tidak licin ketika kena air. Jadi dengan desain seperti ini, lo akan nyaman menggunakannya.

Lalu warna. Lo juga harus memerhatikan warna untuk lampu senter lo, bro. Sebaiknya sih lampu senter ini berwarna terang. Hindari lampu senter dengan warna gelap, karena dikhawatirkan akan malah menyusahkan lo mencarinya ketika sudah gelap bro.

Berapa Harganya?

Harga Lampu Senter. source

Nah, dari keseluruhan faktor di atas, kembali lagi ke faktor utama ini, bro – yaitu harga! Jika lo berniat untuk merogoh kocek agak sedikit dalam, lo bisa mendapatkan lampu senter dengan seluruh kriteria di atas. Tapi, lo juga bisa kok, dapatkan lampu senter idaman yang tidak harus memenuhi kriteria di atas.

Tapi mengingatkan lagi ya, bro! Merogoh kocek sedikit dalam untuk barang-barang yang akan menemani lo untuk berpetualang tidak ada ruginya. Karena jelas, walau sedikit tidak murah, lo akan bisa pakai barang tersebut dengan lebih lama.

Menantang alam untuk ditakluki sih, sah-sah saja bro, asal gear perlengkapan lo semua ada dan siap untuk digunakan, jangan sampai, lampu senter canggih lo tetiba mati karena kehabisan baterai. Lo juga bisa memilih jenis tenaga yang ada di dalam senter lo bro.

Lo bisa pilih yang masih manual dengan batu baterai berukuran AA – AAA atau lo bisa pilih yang bisa di charge. Nah, kalau ini balik lagi ke soal kegunaan dan beberapa fitur yang dipunya ya bro. Karena jelas tenaga listrik yang ada di dalam baterai akan tergantung dengan seberapa lama lo pakai lampu senter tersebut, dan fitur apa saja yang lo pakai.

Dan bagaimana nih bro, lagi-lagi lo merogoh kocek untuk dapat lampu senter idaman? Tidak masalah bro, dan tidak ada ruginya juga. Apa lagi kebutuhan untuk membeli lampu senter adalah kebutuhan yang sangat diutamakan, mengingat lampu senter adalah salah satu gear utama dalam petualangan.

 


Source

Feature Image


Please login to comment
5 COMMENTS
Yayan Yuliansyah
February 15, 2018 at 5:10 PM

ajib


johanes pratama
February 16, 2018 at 12:20 AM

polll


Endang P
February 17, 2018 at 9:52 AM

Ok


Abi rizal al kahfi
February 28, 2018 at 3:38 PM

harga mempengaruhi kenyamanan dan keamanan


Sunaryo Widodo
March 8, 2018 at 2:00 AM

Berkualitas