FEB 15, 2018

Ingin Punya Tas Kamera Baru? Perhatikan Tips Ini, Bro!

Sudah waktunya ganti tas kamera, bro? Sabar, sebaiknya lo perhatikan dulu beberapa tips ini.


Bro, lo seorang fotografer alam? Atau hanya orang biasa yang menjadikan kamera sebagai senjata untuk merekam semua kebaikan alam? Semua sama bro. Lo sama-sama butuh tas kamera yang bisa melindungi senjata lo tersebut.

Kamera digital, kamera analog, atau kamera apapun adalah aset berharga untuk setiap orang bro. Terlebih lo yang suka traveling, berpetualang dari satu tempat ke tempat lainnya – lo tidak mau kan aset lo tersebut tercerai berai bahkan rusak karena kebanting sana-sini?

Nah! Maka dari itu ya bro, lo perlu perlindungan yang tepat untuk kamera dan lensa-lensa lo. Apa lagi, lo koleksi lensa kamera untuk memperbagus setiap jepretan foto lo. Tas kamera yang dimaksud kali ini bukan yang seperti tas ransel ya bro, karena jelas berbeda fungsi nih.

Oleh karena itu, di bahasan kali, akan memberikan beberapa tips sederhana untuk lo agar memilih tas kamera yang bisa melindungi aset lo tersebut dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bro, sekali lagi ya, tas khusus kamera!              

Tas Khusus Kamera

Tas Kamera. source

Walau tas ransel yang suka lo bawa berpergian traveling cukup besar, bukan berarti kamera dan lensa lo bisa dicampur adukan dengan barang yang lain ya bro. Pilih tas khusus kamera, karena biasanya di dalam tas tersebut sudah ada separation-nya. Jadi dengan pemisahan badan kamera, beserta lensanya, niscaya kamera lo tidak akan gampang rusak, walau lo bawa berpergian ke manapun.

Hal ini dikarenakan pemisahan tersebut dengan sekat-sekat lembut. Jadi badan kamera beserta lensanya tidak akan lecet karena saling bergesekan. Sekat lembut ini juga menghindari dan mereda guncangan yang lo buat ketika dalam perjalanan, bro.

Oh iya, perhatikan jumlah sekatannya dengan peralatan kamera lo ya. Jangan juga lo membawa lensa lebih karena hal itu akan sama saja. Bila hanya ada tiga sampai empat sekat, mungkin lo bisa membawa badan kamera, satu lensa biasa, satu lensa mikro, dan satu lensa makro. Tetapi, kalau lo mau lebih, ya lo bisa pilih tas kamera yang lebih besar dan mempunyai banyak sekatan ya bro.

Oke sekarang lo sudah tahu harus pilih khusus tas untuk kamera, selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah pilih tas sesuai kebutuhan, bro!

Tas Kamera Sesuai Kebutuhan

Tas Khusus Kamera. source

Perkembangan zaman sekarang membuat banyak pilihan untuk tas kamera bro. Mulai dari tas ransel kamera, bahkan sampai slingbag yang biasa anak zaman sekarang gunakan. Katanya sih, bro – slingbag yang mereka gunakan berfungsi untuk mengeluarkan kamera lebih cepat ketimbang mereka pakai tas kamera reguler.

Tapi coba lo perhatikan sih bro, kalau kebutuhan lo yang lumayan banyak menggunakan beberapa lensa kamera, slingbag bukan rekomendasi yang tepat untuk lo. Tetapi kalau kebutuhan lo sudah terpenuhi dnegan satu badan kamera dan satu lensa, dan beberapa baterai, ya lo bisa pakai slingbag bro.

Bro, kalau lo memang fotgrafer atau traveller dan selalu bawa kamera ke manapun lo pergi. Ada baiknya lo langsung menggunakan tas kamera yang sedikit besar, guna menyimpan seluruh peralatan fotografi lo. Tas kamera dengan model ransel juga cukup memenuhi kebutuhan fotografi lo bro. Selain ukurannya yang cukup besar untuk satu badan kamera, beberapa lensa serta baterai dan flash kit, tas ransel kamera juga nyaman untuk di bawa ke manapun bro.

Kemudian, hal yang perlu lo perhatikan lagi dalam memilih tas kamera adalah tas yang dilengkapi pelindung tambahan.

Pelindung Tambahan

Pelindung Tambahan. source

Tas kamera dengan pelindung tambahan adalah rekomendasi utama nih, bro. Biasanya, bahan tas kamera adalah kanvas bro, jadi akan mudah menyerap air ketika hujan. Oleh karena itu, lo butuh tas kamera yang juga sudah menyediakan pelindung tambahan. Nah biasanya, pelindung tambahannya berbahan parasut.

Pelindung berbahan parasut ini lumayan ampuh untuk menangkis air hujan dan menghindari kamera lo kemasukan air, bro. Biasanya juga ya, di dalam tas kamera lo, juga ada lapisan parasutnya, jadi jelas menghindari dan mencegah air masuk dari segala sisi.

Dengan pelindung tambahan ini, dijamin kamera lo akan aman bro.

Pelindung tambahan juga bukannya sekedar tutup berbahan parasut ya bro, pastikan pelindung tas kamera lo bisa menutupi seluruh sisi bagian tas, mungkin yang disisakan hanya bagian tali untuk mengaitkan ke tangan dan punggung lo. Jadi jangan asal lo tahu ada pelindung tambahannya, tanpa mengecek kualitas bahan pelindung tersebut ya.

Ilustrasi Tas Kamera Sedang Digunakan. source

Karena biasanya dari bahan parasut, berhati-hati dengan resiko robek ya bro. Kalau sudah sobek dan tidak bisa lagi dijahit, jangan memaksakan ya. Ganti saja dengan yang baru. Karena kalau lo memaksakan jahitan tersebut, lo sendiri nanti yang akan kesusahan jika air bisa menembus jahitan tersebut, bro.

Bro, terlepas dari beberapa tips di atas, salah satu faktor untuk memilih tas kamera yang tepat untuk kebutuhan lo adalah harganya. Lo pasti sudah bisa mengira-ngira kalau tas kamera ideal pasti punya harga yang tidak murah. Oleh karena itu, lo bisa mulai menghitung budget dan kebutuhan fotografi lo, bro!

Wah bagaimana bro? Lo sudah paham nih ya mengenai tas kamera? Hanya sekedar mengingatkan sih, bro. Kamera analog, kamera digital sekarang ini sama mahalnya. Jadi untuk melindungi aset lo itu, perlu tas yang memang benar-benar bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ya bro.

Dan sudah siap untuk beli tas kamera bro?

 


Source

Feature Image

 


Please login to comment
4 COMMENTS
johanes pratama
February 16, 2018 at 12:19 AM

nice info


Endang P
February 17, 2018 at 9:52 AM

Sip


Sahir Cngr
February 24, 2018 at 12:11 PM

Super sekali


Yudha Adi Nugraha
March 6, 2018 at 5:41 PM

Makasih info nya