FEB 15, 2018

Ternyata Begini Bro Cara Merawat Tenda Lipat!

Bro, gear utama lo ini kotor? Sudah saatnya lo tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat tenda lipat bro!


Eits, baru pulang dari puncak gunung mana nih, bro? Dilihat-lihat, tenda lipat sepertinya kotor ya? Tapi tenang bro, Kalau lo masih bingung dengan cara merawat tenda lipat, kali ini lo akan diberitahu bagaimana merawatnya bro.

Tenda lipat adalah rumah berjalan bagi para petualang dan traveller. Baik mereka yang suka bermalam di puncak gunung, atau sekedar main gitar dan menikmati sunset di pinggir pantai. Tenda lipat adalah gear utama untuk menjalani petualangan lo bro.

Tapi bro, terkadang lo mungkin malah terburu-buru ketika akan packing tenda lipat lo. Alhasil, tenda lipat lo akan berantakan dan akan kotor. Oleh karena itu, lo harus paham nih, bro – urusan membersihkan dan merawat tenda lipat lo itu.

Nah kali ini lo akan diberitahu juga nih cara mencuci tenda lipat.

Hal pertama yang harus lo lakukan adalah mendirikannya lagi.

Dirikan Kembali Tenda

Ilustrasi Mendirikan Tenda. source

Jangan malas bro, untuk mendirikan tenda ini memang butuh effort lagi. Oleh karena itu, kalau lo tidak bisa sendiri untuk mendirikannya lagi, lo bisa ajak teman lo nih untuk ikut membantu. Nah, jika tenda lipat lo sudah berdiri lagi. Saatnya lo cek kembali keseluruhan sisi dari tenda lo tersebut.

Jangan sampai ada sisi yang bolong ya bro. Nah, memeriksa kembali tenda lipat lo ini berguna untuk mengetahui letak kotoran yang menempel di tenda lipat tersebut. Kemudian, periksa bagian dalam tenda lo bro, bisa jadi ada barang lo atau teman lo yang tertinggal.

Oh iya bro, kalau tenda lipat lo beralas yang bisa dilepas, sebaiknya juga lo lepas ya. Melepas alas tenda lipat lo tersebut guna untuk membersihkannya. Tapi, kalau memang tidak bisa dilepas, ya jangan dilepas ya bro.

Siap untuk mecuci tenda lipat lo bro?

Mencuci Tenda Lipat. source

Bersihkan tenda lo dengan air saja bro, jangan pakai sabun ya. Sabun mengandung materi yang bisa merusak perekat di tenda lo bro, bahkan membuat makin tipis tenda lo tersebut. Oh iya, bro. Walaupun dengan air, jangan asal siram tenda lo begitu saja ya.

Maksudnya, lo bisa sedikit demi sedikit menyemprotkan air ke sisi luar tenda lipat lo tersebut, lalu dilap perlahan menggunakan lap kain yang lembut ya. Kalau perlu lo miringkan tenda lo untuk mempermudah air yang mengandung kotoran dan debu untuk langsung turun ke bawah.

Bro, jangan sampai di bagian seam tapenya lo lap terlalu keras ya. Karena dikhawatirkan seam tapenya terbuka dan air nanti jadi akan mudah masuk bro. Wah kalau seperti ini, bahaya bro!

Dan untuk bagian dalam tenda, cukup lo bersihkan dengan lap basah, dan lap secara perlahan dan halus ya bro.

Setelah semuanya dipastikan bersih, jemur tenda lo.

Menjemur Tenda. source

Eits jangan langsung dibawah sinar matahari bro! Menjemur tenda lipat lebih baik di tempat yang bersinar matahari teduh, bro. Jadi lapisan perekatnya tidak mudah rusak karena paparan sinar matahari langsung.

Nah, yang perlu perhatikan lagi adalah jangan sampai ada air yang menggenang di salah satu sisi tenda lipat lo ya. Karena jelas ini akan mempengaruhi keawetan tenda lipatnya. Selain di tempat yang teduh, lo bisa angin-anginkan tenda lipatnya bro.

Setelah rapih dengan tenda lipatnya, saatnya lo memerhatikan komponen pendukungnya bro. Seperti pasak, frame, dan tali pancang – juga perlu dibersihkan bro. Untuk frame dan tali pancang, lo tidak perlu repot-repot membersihkannya dengan air, cukup lo bersihkan dengan lap basah dan jemur.

Untuk si pasak sendiri, karena lo tahu pasak ditanam di tanah, lo akan perlu sikat dan air untuk membersihkannya. Bro, untuk pasak, lo juga harus memerhatikan ketajaman atau runcing ujungnya ya. Hal ini hanya untuk memastikan pasak masih bisa ditekan ke dalam tanah dan bisa digunakan dengan baik.

Oke bro, setelah semua dipastikan kering dan bersih, tinggal bagaimana nih cara menyimpannya dengan baik.

Melipat Tenda. source

Hal pertama untuk menyimpan tenda lipat adalah perhatikan seluruh bagian tenda, apakah masih ada yang perlu dibersihkan atau dibetulkan, semisalnya cek bagian jendela, apakah butuh dijahit ulang atau tidak.

Kalau sudah, langkah keduanya adalah melipatnya. Melipat tenda jangan menggunakan tenaga berlebihan dan melipatnya dengan penuh tekanan seperti ingin memasukannya dalam carrier. Melipat tenda dengan tekanan kuat memang akan mudah membuatnya tertekuk, tetapi tidak akan terlalu awet karena tekukan tenda adalah hasil paksaan, bro.

Ketiga, pastikan pasak sudah kering dan tidak ada air yang tertinggal lagi. Hal ini dimaksudkan agar pasak lebih awet dan terhindar rusak karena karat.

Keempat, untuk menyimpan frame tenda lipat dalam waktu lama, rentangkan frame hingga tidak ada bagian yang tertekuk. Letakan dengan posisi horizontal agar tidak melengkung. Cara ini dimaksudkan agar tali yang ada di dalam frame tetap kuat dan kencang.

Jika tali dalam frame ini kendur, lo akan kesulitan untuk mendirikan tenda lipat ini bro!

Terakhir, simpan di tempat kering, teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan agar tenda lipat lebih awet dan tidak gampang terkena jamur.

Bro, walau lo tidak sering keluar berpetualang dan menggunakan tenda ini, tetap lakukan perawatan tersebut secara berkala ya. Jangan sampai tenda lipat lo ini dimakan rayap, bahkan berjamur. Pastikan tempat penyimpanannya kering.

Nah, bagaimana bro? Sudah mengerti bagaimana merawat tenda lipat? Sayangi gear utama lo ini bro, karena jelas harga tenda lipat memang tidak murah!

 

 

Source

Feature Image


Please login to comment
7 COMMENTS
johanes pratama
February 16, 2018 at 12:19 AM

thanks


paulus indra
February 16, 2018 at 9:30 AM

Simpleya


Endang P
February 16, 2018 at 9:43 AM

Cakep


Endang P
February 17, 2018 at 9:52 AM

Ok


Endang P
February 18, 2018 at 5:59 AM

Sip


Sahir Cngr
February 24, 2018 at 12:11 PM

Super sekali


Yudha Adi Nugraha
March 6, 2018 at 5:40 PM

Kereeeeennnn