FEB 19, 2018

Berangkat Off Road 4x4 Bro? Perhatikan 5 Tips Untuk Meninggikan Mobil Lo, Nih!

Bro, ada rencana modifikasi mobil off road 4x4 lo? Perhatikan beberapa tips ini ya!


Bro! Lo pecinta ban besar, mesin kokoh, dan gardan tangguh yang siap meladeni segala medan? Atau lo suka jumpalitan sembari main lumpur? Selamat datang di ulasan mobil off road 4x4, bro!

Kali ini bahasannya akan mengulas beberapa tips tentang meninggikan mobil off road 4x4. Meninggikan mobil off road ini akan berguna untuk melintasi medan-medan terjal, bro. Tetapi karena ini off road 4x4, lo juga harus memerhatikan fungsi lain dan beberapa resiko ya, bro.

Pada dasarnya, meninggikan mobil off road 4x4 ini hanya ada dua jenis bro. Yang pertama adalah lift up, dan yang kedua adalah body lift up. Du acara ini mempunyai keuntungan seperti memperluas ruang gerak ban, ground clearance yang maksimal, dan dapat meladeni trek berbatuan terjal hingga dalamnya air serta tebalnya lumpur.

Nah, bro, simak beberapa tips untuk meninggikan mobil off road 4x4 lo ini ya.

Tips pertama adalah per keong dan gardan rigid.

Per Keong Dengan Gardan Rigid

Off Road 4x4. source

Menggunakan per keong dengan gardan rigid akan meninggikan mobil off road 4x4 lo, bro. Ada dua cara umum untuk hal ini. Yang paling mudah adalah memasangkan spacer 50mm di setiap dudukan per, dan dibarengi dengan shock yang lebih panjang. Dengan cara ini, ground clearance mobil off road 4x4 lo akan lebih baik dari pada sebelumnya nih.

Untuk menambahkan spacer ini, perhatikan juga batang kolong mobil lo ya (traction bar dan lateral bar). Batang kolong mobil ini pasti juga butuh penyesuaian untuk ketinggian yang baru tersebut.

Selain dengan per keong, lift up mobil off road 4x4 lo juga bisa dengan cara rolling per standarnya dengan tinggi sekitar 50mm. Cara ini juga diiringi dengan penggantian shock yang kurang lebih tingginya sama dengan kondisi saat ini ya.

Kemudian tips kedua adalah ganti shackle atau anting per.

Ganti Shackle Atau Anting Per

Off Road 4x4. source

Memanjangkan shackle standar lo ini hanya bisa sampai dua kali ukuran standarnya saja ya, bro. Cara ini tidak terlalu banyak merubah karakter mobil lo. Hanya yang jelas ground clearancenya akan menambah lebih baik.

Oh iya, bro, kalau cara ini masih kurang tinggi, lo bisa menambahkan block spacer di antara gardan dan pernya ya.

Selain shackle, tips ketiga adalah torsion bar.

Torsion Bar

Off Road 4x4. source

Cara ini adalah menyetel ulang batang torsi standar mobil off road 4x4 lo ya. Lo bisa tolerir tinggi batang torsi ini sampai 50mm. Nah, hal yang perlu lo perhatikan setelah melakukan setel torsion bar ini adalah mengecek selang rem terjepit atau tidak dengan ketinggian baru tersebut.

Selain itu, lo juga perlu perhatikan pitman arm dan shock untuk kondisi seperti ini ya, bro. Karena jelas menyetel ulang torsion bar ini sudah tidak sesuai dengan standar sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya juga diiringi dengan pembaruan pitman arm atau ganti shock yang lebih tinggi, bro.

Oke bro, tips selanjutnya adalah body lift.

Body Lift

Off Road 4x4. source

Cara yang satu ini cukup berbeda dari cara-cara di atas, bro. Body Lift tidak akan mengutik shock, jadi suspense tidak akan terpengaruh. Body lift adalah cara meninggikan mobil off road 4x4 lo ini dengan mengganti mounting body standar berketebalan 30mm sampai 50mm. Bro, kalau lebih dari ukuran tersebut, gerak body dan sasis lo akan tidak singkron nih.

Gerakan tidak singkron ini akan dipengaruhi oleh karet polyurethane – yang pasti lo tambahkan untuk meredam getaran karena ada jarak dari body ke sasis utamanya.

Nah! Terakhir adalah mengamankan kabel kelistrikan dan lubang udara.

Kabel Kelistrikan dan Lubang Udara

Off Road 4x4. source

Mengamankan kabel listrik dan lubang udara di mobil off road 4x4 lo setelah ditinggikan adalah sebuah keharusan. Dengan ketinggian baru, kabel listrik dan lubang udara akan semakin mudah terlihat bro. Oleh karena itu, merapihkan kabel kelistrikan dengan lakban hitam itu penting bro.

Hal ini harus lo lakukan karena tinggi mobil off road 4x4 yang sudah tidak standar, artinya mobil dengan mudah nanti melibas trek yang yang dipenuhi air atau lumpur. Nah, lo tidak mau tetiba mobil off road 4x4 lo ini berhenti mendadak di lintasan karena masalah kelistrikan, kan?

Antisipasi yang perlu lo lakukan juga adalah memerhatikan saluran udara, selang radiator, dan kipas radiator. Tiga part tersebut juga harus disesuaikan tempatnya ketika mobil off road 4x4 lo ini sudah lebih tinggi dari aslinya. Lo bisa menambahkan pelat besi untuk melindungi part tersebut ketika mobil melaju di trek yang penuh air.

Nah bro, segala cara perubahan di atas juga harus dari perhitungan lo dalam menghabiskan waktu saat off road ya. Kalau medan lintasan lo ber-level light off, atau ringan, sebaiknya lo tidak perlu merubah sampai se ekstrem ini ya.

Karena tenaga mesin mobil SUV off road 4x4 sekarang ini sudah bisa melaju di medan lintasan yang tidak terlalu ekstrem.

Bro, perhatikan juga ongkos dalam memodifikasi mobil off road 4x4 lo ya. Jangan sampai budget yang sudah lo siapkan malah menjalar ke hal-hal yang tidak perlu lainnya. Menambah aksesoris itu oke-oke saja, tetapi alangkah baiknya yang sesuai dengan fungsinya ya bro!

Oke, bagaimana dengan ulasan kali ini bro? Sudah tidak sabar ingin membongkar dan mendrobrak performa mobil off road 4x4 lo?

 

Source

Feature Image


Please login to comment
4 COMMENTS
Kurniawati
February 19, 2018 at 1:34 PM

TOP BANGET


sucitra wijaya
February 21, 2018 at 2:53 PM

nice info...


Sahir Cngr
February 24, 2018 at 12:06 PM

Super sekali


Sunaryo Widodo
March 8, 2018 at 1:59 AM

Penjelajah Medan yang handal