Baru Mulai Skateboarding, Bro? Perhatikan 4 Tips Ini!

Jangan ragu untuk memulai skateboarding, bro! Simak tips ini agar makin lancar meluncur di papan skate!

Baru Mulai Skateboarding, Bro? Perhatikan 4 Tips Ini!

Skateboarding, siapa sih yang tidak tertarik dengan olahraga ini? Walau memang tidak banyak yang meneruskan rasa penasarannya, skateboarding sudah sangat terkenal di Indonesia, sudah banyak anak muda yang menggeluti olahraga ini, dan bahkan Indonesia juga sering menyelenggarakan kompetisi-kompetisi skateboarding bertaraf internasional!

Bro, flash back sedikit ya. Kalau lo pernah main game playstation – Tony Hawk Pro Skater, pasti lo penasaran untuk mencoba berbagai trik skateboarding di dalam permainan itu, kan? Dan jelas, kalau lo penasaran, pasti lo punya papan skate di dalam gudang. Bro, lo siap memulai olahraga ini?

Millenials, urban boys, dan lo bro, yang baru saja akan memulai skateboarding – tidak mungkin ada yang bisa langsung jago dalam satu kali percobaan dan satu hari. Pasti lo akan sibuk dalam prosesnya. Nah, kali ini, bahasan yang akan diulas adalah 4 tips untuk lo yang baru memulai bermain skateboarding lagi.

Bro, empat tips ini diberikan oleh Sanggoe Dharma, dia adalah pemain skateboarding asal Indonesia yang sudah menduduki peringkat ke 2 Asian Skateboarding Championships Men Street di tahun 2016 lalu. Jadi jelas tips ini akan berguna untuk lo.

Oke, tips pertama adalah membeli papan skate khusus di took khusus skateboard

Papan Skate

Baru Mulai Skateboarding, Bro? Perhatikan 4 Tips Ini!

Skateboarding - Papan Skate. credit photo: foursquare.com

Nah bro, kalau lo sedang pergi ke toko buku, atau ke toko mainan dan lihat papan skate, bukan yang papan skate yang dijual di sana yang dimaksud ya. Papan skate yang cocok buat lo dan memang diperuntukan untuk berolahraga adalah papan skate yang dijual langsung dari toko skate khusus.

Hal ini berpengaruh dengan kualitasnya bro. Kalau lo tetap memaksakan untuk beli papan skate selain di toko khususnya, jangan kaget jika tetiba papan tersebut patah saat lo bermain ya. Nah, tidak hanya papannya saja, bahkan rodanya pun lo disarankan untuk beli langsung dari toko skate khusus.

Karena roda asli adalah yang terbuat dari bahan karet dan di dalam rodanya tersebut ada bearing yang memudahkan lo untuk meluncurkan papannya. Kalau roda skate yang lo beli selain di skate shop – mungkin akan susah untuk buat lo meluncur bro. Lagipula, biasanya lo akan dapat yang terbuat dari plastic, alhasil pasti akan mudah rusak ketika lo melakukan trik.

Lalu tips kedua adalah pengaman.

Safety First, Bro!

Baru Mulai Skateboarding, Bro? Perhatikan 4 Tips Ini!

Skateboarding - Pelindung Lutut, Siku, dan Helm. credit photo: pricearea.com

Bro, ingat ini mungkin yang pertama kali buat lo, jadi pastikan lo pakai pelindung ya! Safety first, bro! Alat pengaman yang dimaksud adalah pelindung siku, lutut, dan helm ya bro. Jatuh dari papan skate untuk pertama kali percobaan adalah hal wajar bro.

Oleh karena itu, tiga pelindung itu wajib untuk digunakan ya bro. Nah, kalau lo mau bro, lo juga bisa pakai sarung tangan untuk menghindari kerusakan di telapak tangan ketika lo jatuh.

Kemudian, tips ketiga adalah belajar keseimbangan.

Belajar Keseimbangan

Baru Mulai Skateboarding, Bro? Perhatikan 4 Tips Ini!

Skateboarding - Seimbang di Atas Papan Skate. credit photo: weheartit.com

Keseimbangan di atas papan skate adalah hal utama dalam skateboarding, bro. Hal sederhana yang harus lo perhatikan dalam menyeimbangkan badan lo saat skateboarding adalah menaruh tangan di belakang, bukan di depan ya bro.

Nah, tinggal lo pilih kaki kanan atau kiri yang akan lu taruh depan sebagai poros keseimbangan lo, dan kaki yang lain yang akan memijak lintasan agar lo bisa melaju di atas papan skate tersebut. Lalu, kalau lo sudah lancar untuk meluncur, pastikan kaki kanan dan kiri lo miring ya di atas papan skatenya.

Hal ini diperuntukan agar lo mudah untuk mengganti arah luncuran lo, dan juga memudahkan lo untuk lompat atau melakukan trik-trik sederhana seperti board flip.

Tips terakhir atau keempat adalah lo harus siap untuk jatuh.

Harus Siap Jatuh

Baru Mulai Skateboarding, Bro? Perhatikan 4 Tips Ini!

Skateboarding - Siap Jatuh! credit photo: zimbio.com

Wah kalau yang satu ini ngeri ya, bro? Oh tidak! Tenang saja, bro! Walau lo harus jatuh, pun ada tekniknya bro. Ketika sesaat lo tahu akan jatuh, usahakan jangan sampai tangan lo terlebih dulu, pastikan badan lo dulu yang jatuh, dan langsung berguling.

Walau pasti sakit, setidaknya hal ini mengurangi kerusakan fatal di tubuh lo. Karena jelas, kalau lo jatuh dan tangan terlebih dahulu yang menyentuh tanah, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan fatal bro. Oleh karena itu, ikut teknik tersebut, dan jangan lupa pakai pelindungnya ya!

Bro, selain tips-tips utama di atas, lo juga bisa belajar gerakan dasar atau gerakan apapun dalam skateboarding lewat video bro. Langsung saja lo buka Youtube, dan search gerakan-gerakan dasar dalam skateboarding.

Kemudian, sekedar tambahan ya bro. Kalau bisa lo juga pakai sepatu khusus untuk bermain skate ya. Karena sepatu skate sudah didesain khusus untuk tidak licin saat di atas papan skatenya. Berbeda dengan sepatu-sepatu lain seperti sepatu kets. Oleh karena itu, sebaiknya lo pakai sepatu skate yang biasanya sudah tersedia juga di skateshop.

Sepatu skate biasanya lebih tebal dan empuk dibanding sepatu lainnya bro, jadi akan nyaman saat dipakai, dan saat lo jatuh, sepatu ini akan sangat mengurangi resiko untuk cedera fatal, bro. Jadi, lo tidak usah khawatir saat akan jatuh!

Nah, bagaimana nih bro? Lo sudah siap untuk memulai lagi petualangan lo dalam skateboarding? Skateboarding memang olahraga yang keren bro, apalagi kalau lo sudah handal, dan lo siap ikut kompetisi, dijamin banyak perempuan yang akan melirik lo saat lo lompat dan melewati obstacles-obstacles yang ada!

 

Source

Feature Image

Tips Beginner Extreme Street skateboarding

3 COMMENTS

SHARE
johanes pratama
NICE INFOOO
Sahir Cngr
Super sekali
Iiq Thoriq El-tuerto
KEREN BRO....