7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Bro, rindu dengan deburan ombak yang bisa memacu adrenalin lo? Ayo berangkat surfing ke 7 surga ini bro!

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Indonesia, sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, menyimpan banyak surga untuk surfing di dalamnya. Bro, kalau lo rindu dengan deburan ombak laut biru, cerahnya sinar matahari, dan cerianya pasir pantai, segera kosongkan hari – ambil cuti dari pekerjaan lo, packing – dan siapkan papan selancarnya!

Surfing di Indonesia adalah salah satu olahraga air yang menjadi favorit para petualang baik dari dalam negeri sendiri, atau mancanegara. Di Indonesia sendiri, bahkan sudah sering mengadakan festival atau kompetisi bertaraf internasional untuk surfing. Oleh karena itu, lo boleh bangga untuk Indonesia karena terkenal dengan spot-spot surfingnya.

Nah, kali ini, lo akan dibawa mengenal dan mengetahui tujuh surga untuk surfing yang ada di alam Indonesia. Siap-siap untuk terperangah ya, bro!

Oke, surga pertama untuk surfing adalah Pantai Plengkung, Banyuwangi.

Pantai Plengkung, Banyuwangi

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Surfing di Pantai Plengkung. credit photo: ubmbiscuits.com

Pantai yang terkenal dan sering disebut dengan sebutan G-Land di kalangan para surfer, memiliki ketinggian ombak mencapai 6 sampai 8 meter dan panjang gelombang ombak tersebut dapat mencapai 2 kilometer. Di dalam dunia surfing internasional, Pantai Plengkung disebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii.

Ombak di Pantai Plengkung ini mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit. Hal ini dikarenakan tekanan air laut dari Kutub Selatan. Bro, lo perlu tahu ini, sih. Pantai Plengkung sangat terkenal di dunia internasional karena pernah menyelenggarakan lomba surfing internasional, yang bernama Banyuwangi G-Land International Team Challenge.

Lomba surfing ini diikuti oleh 12 tim surfing dari delapan negara yaitu, Australia, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, dan tentunya Indonesia. Bro, Pantai Plengkung terletak 20 kilometer dari Desa Grajagan dan termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur.

Lalu, surga kedua untuk surfing ada di Pulau Nias, Sumatera Utara.

Pulau Nias, Sumatera Utara

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Surfing di Pulau Nias. credit photo: perfectwavetravel.com

Pantai Saroke dan Lagundri menjadi favorit para peselancar dunia untuk mampir ke tempat ini. Walau dua pantai ini mempunyai banyak karang, tapi tidak mengganggu kegiatan surfing mereka. Nah, perlu lo tahu bro, dua pantai ini mempunyai sebutan khusus dari para surfer dunia.

Dua sebutan itu adalah “The Point” dan “Indicator”. Dua titik surga di Pulau Nias ini mempunyai ombak yang luar biasa indahnya. Tinggi ombak bahkan menyentuh angka 15 kaki. Berdasarkan hal ini, Pulau Nias menjadi destinasi wajib bagi para peselancar domestik dan mancanegara.

Kemudian, surga ketiga di Indonesia untuk surfing ada di Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali.

Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Surfing di Nusa Penida dan Nusa Lembongan. credit photo: gowisatanusapenida.com

Bro, tidak usah diragukan lagi untuk pantai di Bali yang sudah pasti memikat siapapun yang datang ke sana, termasuk para surfer yang akan surfing di sana. Nah, bro, ada dua surga di Bali yang biasanya para surfer datangi, yaitu Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

Gelombang ombak yang ada di Nusa Penida dan Nusa Lembongan terkenal dengan ombak yang bersahabat untuk surfing. Kombinasi ombak yang tidak terlalu ganas tapi cukup untuk memuaskan adrenalin lo untuk surfing.

Masih dari Bali, bro, kali ini surga keempat ada di Pantai Uluwatu.

Pantai Uluwatu, Bali

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Surfing di Pantai Uluwatu. credit photo: baliglory.com

Dengan ketinggian ombak yang dapat mencapai 5 – 8 meter, Pantai Uluwatu sangat terkenal di dunia surfing karena memiliki kombinasi ombak dengan gelombang pendek dan panjang yang muncul secara bergantian.

Dari kelebihan ini, Pantai Uluwatu hanya diisi oleh para peselancar yang sudah mendapat predikat pro surfer. Bro, karena keunikannya, Pantai Uluwatu ini mendapat predikat spot surfing terbaik nomor 3 di dunia versi CNN Travel.

Pindah ke Pulau Sumatera, di sini ada surga kelima untuk surfing, yaitu, Pantai Mentawai.

Pantai Mentawai, Sumatera Barat

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Surfing di Pulau Mentawai. credit photo: extremeina.com

Terletak di lepas Pantai Padang, kepuauan Mentawai mempunyai 400 titik untuk surfing. 49 titik diisi oleh para peselancar asing yang gemar dengan ombak ombak tinggi nan ganas. Nah bro, satu titik yang menjadi surga untuk surfing ada di Pulau Sipora, masih kepulauan Mentawai.

Pulau Sipora sempat masuk dalam 20 spot surfing terbaik di dunia versi CNN Travel. Namun, pada tahun 2010 sempat hancur karena dilanda tsunami. Tetapi, dengan bantuan yang datang dari dalam negeri atau dunia selancar internasional, Pulau Sipora ini sudah bangkit dan tetap menjadi surga surfing yang wajib dikunjungi para peselancar.

Oke bro, sekarang lo terbang ke Sumba Barat, Pulau Nihiwatu.

Pulau Nihiwatu, Sumba Barat

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Surfing di Pulau Nihiwatu. credit photo: surfshot.com

Terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Nihiwatu menjadi surga surfing yang sangat terkenal di dunia dan sangat dijaga privasinya. Pihak resort di sana bahkan membatasi para surfer untuk menaiki ombak yang dapat mencapai ketinggian 10-15 meter.

Pulau Nihiwatu bahkan sampai punya julukan terkenalnya, bro. Di dunia surfing, Pulau Nihiwatu dijuluki oleh para surfer sebagai Left God Waves.

Dan surga terakhir untuk surfing ada di Lampung, Pantai Tanjung Setia.

Pantai Tanjung Setia, Lampung

7 Surga Surfing Di Indonesia Yang Buat Lo Tidak Mau Pulang!

Surfing di Pantai Tanjung Setia. credit photo: lihat.co.id

Bro, di surga ini lo bisa surfing dengan ombak yang mempunyai ketinggian 5-7 meter dengan panjang ombak mencapai 200 meter. Pantai ini menjadi favorit para peselancar karena lautnya yang menghadap langsung dengan Samudra Hindia. Oleh karena itu, dengan konstan, pantai ini memberikan tinggi ombak yang asyik untuk para peselancar.

Wah, bagaimana bro setelah lo mengetahui surga-surga untuk surfing yang ada di Indonesia? Pasti lo ingin cepat-cepat ambil cuti dan menyiapkan papan selancar lo untuk surfing di berbagai surga tersebut kan?

Lo sudah ada target tempatnya? Langsung aja ya bro, berangkat!

 

Source

Feature Image

 

 

Extreme Surfing travelling

1 COMMENTS

SHARE
Endang P
indonesia salah satu yg terbaik