Pergi Ke Jepang? Nih 5 Budaya Yang Harus lo Ketahui Bro!

Pengen ke Jepang bro? Selain siapin keperluan visa dan tiket pesawat, lo harus tau juga loh seperti apa sih budaya Jepang itu bro!

Pergi Ke Jepang? Nih 5 Budaya Yang Harus lo Ketahui Bro!

Akhir-akhir ini sepertinya sudah mudah sekali yaa untuk lo mengurus mulai dari visa hingga dari harga tiket yang bisa dibilang relatif murah untuk bisa mencapai negeri sakura. Yaa, negeri sakura sebutan untuk negara Jepang yang memiliki banyak sekali misteri serta kebudayaan yang enggak ada matinya. Budaya Jepang sendiri sudah ada mungkin ratusan tahun yang lalu yaa bro, yaa karena secara peradaban masyarakat Jepang sendiri termasuk peradaban yang paling tua di dunia hingga saat ini. Jadi enggak perlu dipungkiri lagi kalau buadaya Jepang itu sudah terkenal di mata dunia. Dan lebih kerennya lagi, bukan hanya budaya tradisionalnya saja yang terkenal loh bro bahkan sampai budaya jaman sekarangnya saja bisa terkenal di seluruh dunia. Memang kalo kita udah ngomongin budaya Jepang udah patut banget deh untuk diacungin jempol.

Namun, enggak dipungkiri lagi nih bro kalau negara Jepang itu tidak hanya terkenal dengan budayanya saja. Segi teknologinya juga termasuk yang paling terdepan loh sampai sekarang. Mulai dari bidang industri, bidang elektronik, hingga bidang transportasi. Coba deh lo sadarin, di rumah lo aja pasti ada deh produk-produk yang berasal dari Jepang. Entah televisi lo, motor lo, mobil lo, dan jangan-jangan sampai pakaian lo juga berasal dari produk Jepang. Kalo di pikir-pikir kenapa yaa mereka bisa sampai segitunya, salah satu faktornya ialah mereka selalu menghargai budaya Jepang yang mereka miliki.

Nahh disini kita akan membahas kembali apa aja sih budaya Jepang yang memiliki nilai cukup menarik yang di negara-negara lain pun enggak ada. Berikut budaya-budaya yang kiranya perlu lo ketahui sebelum lo ingin menyampiri negeri sakura.

1. Origami

Pergi Ke Jepang? Nih 5 Budaya Yang Harus lo Ketahui Bro!

 

Ilustrasi Origami Jepang. Credit: https://www.japan-zone.com/

Yaa salah satu teknik keterampilan asli budaya Jepang ini sudah kita kenal sejak kita duduk di taman kanak-kanak. Manfaat dari teknik ini ialah agar membantu anak-anak dalam membantu daya berpikirnya sehingga perkembangan pemikirannya akan selalu terpacu. Dan uniknya dari teknik keterampilan budaya Jepang ini dapat membuat apa saja yang awal mulanya bermulai dari selembat kertas saja.  Dari teknik ini lo bisa ngebuat burung sampai bentuk-bentuk binatang yang lainnya. Sungguh kreatif yaa orang-orang Jepang ini. Pas banget buat lo yang mau pergi ke Jepang, lo bisa langsung mendalami filosofi dari teknik asli budaya Jepang ini.

2. Kabuki

Pergi Ke Jepang? Nih 5 Budaya Yang Harus lo Ketahui Bro!

 

Ilustrasi Kabuki di Jepang. Credit: https://www.japan-zone.com/

Nihh pas banget buat lo yang suka dengan seni teater dan juga seni musik. Kenapa? Karena dari budaya Jepang yang satu ini merupakan sebuah perpanduan yang sangat ciamik. Tapi tunggu dulu bukan hanya dua jenis seni itu yang di campurkan dalam budaya Jepang yang satu ini. Ternyata ada seni tarinya juga loh, wihh perpaduan yang lengkap banget yaa buat lo nanti yang pengen pergi ke Jepang untuk menghabiskan waktu libur lo. Belum lagi dengan nuansa asli budaya Jepang yang tradisional, mulai dari make up yang digunakan karakternya kental banget dengan budaya Jepang hingga pakaian yang digunakan pun berbau budaya Jepang yang masih tradisional banget deh. Dan acara seni ini mewah banget loh bro, jadi pasti akan ngebuat lo tercengang deh kalo lo datengin acara seni ini.

3. Tako

Pergi Ke Jepang? Nih 5 Budaya Yang Harus lo Ketahui Bro!

Ilustrasi Festival Tako di Jepang. Credit: https://nicomura.blogspot.co.id/

Ternyata nih bro, layang-layang sendiri itu bukan hanya permainan yang sering kita mainin aja loh. Di budaya Jepang nih bro permainan layang-layang itu sudah menjadi budaya yang melekat di masyarakat Jepang. Namanya Tako, budaya Jepang satu ini sangat menarik, dimana orang- orang Jepang berkumpul di suatu lapangan luas dan menerbangkan layang-layang. Dan uniknya lagi nih bro desain layang-layang yang mereka miliki itu desain layang-layang asli Jepang. Jadi desain layang-layang tersebut cuman ada di Jepang saja dan pastinya berbeda dong dengan desain layang-ayang pada umumnya. Namun sayangnya Tako ini hanya bisa lo jumpain pada saat ada festival budaya Jepang saja  yang dimana pada saat festival budaya tersebut banyak orang yang datang. Jadi buat lo yang ingin menyaksikan budaya Tako ini harus mengatur jadwal lo serta meriset terlebih dahulu apa aja yang  harus lo ketahui serta kapan jadwal festival budaya Jepang itu ada yaa bro!

4. Jangan Menuangkan Teh di Gelas Lo Sendiri

Pergi Ke Jepang? Nih 5 Budaya Yang Harus lo Ketahui Bro!

 

 Ilustrasi Tuang Teh di Jepang. Credit: https://m.id.aliexpress.com/

Salah satu alasan kenapa budaya Jepang itu sangat unik yaitu karena ada banyak sekali budaya-budaya sosial yang benar-benar masih asing di telinga kita. Nah, kalo lo nanti ingin pergi ke Jepang harus banget nih lo ketahui kalo misalkan lo nginep di rumah orang Jepang dan lo di sediakan minuman teh, lo itu harus menunggu sampai si tuan rumah menuangkan tehnya itu ke gelas lo. Karena kalau lo menuangkan teh lo sendiri ke gelas lo itu merupakan tindakan yang kurang sopan di mata masyarakat Jepang. Apabila teh lo itu udah habis, lo harus tetap menunggu si tuan rumah untuk menuangkannya kembali ke gelas lo. Unik banget yaa budaya Jepang yang satu ini.

5. Festival Nagoya

Pergi Ke Jepang? Nih 5 Budaya Yang Harus lo Ketahui Bro!

 

Ilustrasi Festival Nagoya di Jepang. Credit: https://www.goldenjipangu.com/

Mempunyai rencana untuk pergi ke negeri Jepang pada buan Oktober? Nah pas banget nih di bulan Oktober itu bro ada festival budaya Jepang yang sangat menarik dan bakalan sangat disayangkan untuk lo lewatin. Nama festivalnya itu adalah Festival Nagoya, festival budaya Jepang ini berlangsung di pertengahan bulan Oktober dan digelar selama 2 hari. Festival Nagoya ini melakukan arakan dengan pakaian tradisional Jepang jaman dulu. Mereka berdandan layaknya para pejuang perang pada saat itu. Dan uniknya lagi festival ini dilakukan untuk menghormati Toyotomi Hideyoshi, Ieyasu, Oda Nobugana dan Tokugawa yang merupakan leluhur pejuang mereka yang hidup di abad pertengahan. Jadi buat lo yang pengen ngeliat bagaimana masyarakat Jepang menghormati leluhur mereka, datang aja sekitar pertengahan bulan Oktober bro.

Jadi buat lo yang bener-bener udah merencanakan untuk pergi ke Jepang setidaknya udah tahu kan apa aja yang harus lo lakuin pada saat lo tiba di Jepang nantinya. Memang budaya Jepang itu sungguh beragam yaa serta dapat mendunia loh. Semoga informasi di atas dapat berguna untuk lo gunakan nantinya yaa bro!

 

travelling

2 COMMENTS

SHARE
Kurniawati
cakep bro
Endang P
semoga bs kesini dan berbudaya