5 Surga Snorkeling Di Pahawang Island Yang Akan Memanjakan Mata Lo!

Ingin memanjakan mata lo dengan keindahan laut dan ingin berbeda dari sebelumnya? Pahawang Island adalah jawaban yang tepat untuk lo, bro!

5 Surga Snorkeling Di Pahawang Island Yang Akan Memanjakan Mata Lo!

Bro, kalau boleh lo pilih, puncak pegunungan, atau terumbu karang di bawah laut? Oh! Terumbu karang di bawah laut? Lo pilih apapun sebenarnya tidak masalah, bro. Tetapi, pilihan lo ini berpengaruh untuk bahasan kal ini.

Kalau lo memang pecinta terumbu karang dan sudah terbiasa dengan snorkeling atau diving, spot mana yang paling berkesan menurut lo? Sekitaran Bali? Lombok? Duh, terlalu mainstream, bro. Lalu bagaimana yang anti-mainstream? Oke, perkenalkan, Pahawang, dari Lampung.

Perlu lo ketahui nih, bro. Pahawang mempunyai dua pulau. Pertama adalah Pahawang besar, dan yang kedua adalah Pahawang kecil. Dilansir dari situs nativeindonesia.com – Pahawang besar mempunyai luas 1000 hektar dan dihuni kurang lebih 1000 kepala keluarga. Banyak yang wisatawan yang dengan mudah mendapatkan penginapan di sini.

Nah kalau lo ingin menikmati traveling lebih privat, lo bisa datangi Pahawang kecil. Menurut informasi, Pahawang kecil hanya berluaskan 13 hektar dan dikelola oleh warga negara asing. Oleh karena itu, kalau lo ingin menginap di sini, sebaiknya lo pesan tempat terlebih dahulu.

Bro, terlepas dari dua pulau Pahawang tersebut, yang akan diulas pada bahasan kali ini adalah 5 surga snorkeling yang akan memanjakan mata lo karena keindahannya bro. Oke, langsung saja ya, surga untuk snorkeling di Pahawang Island yang pertama adalah Cukuh Bedil.

Pahawang Island – Cukuh Bedil

 

5 Surga Snorkeling Di Pahawang Island Yang Akan Memanjakan Mata Lo!

Pahawang Island - Cukuh Bedil. credit photo: nationalgeographic.co.id

Dengan kedalaman 2-4 meter, spot snorkeling Cukuh Bedil ini menjadi favorit para traveller ketika mengunjungi Pahawang Island. Di sini, lo akan disuguhkan dengan warna-warni terumbu karang dan berbagai biota laut lainnya.

Spot foto favorit para traveller di lokasi snorkeling ini adalah tulisan “Taman Laut Pahawang”. Karena jelas kalau lo sudah foto di sini, itu menandakan lo sudah resmi berada di salah satu surga tersembunyi di Indonesia, Pahawang Island, Lampung.

Kemudian, surga snorkeling kedua di Pahawang Island ini adalah Tanjung Putus.

Pahawang Island – Tanjung Putus

5 Surga Snorkeling Di Pahawang Island Yang Akan Memanjakan Mata Lo!

Pahawang Island - Tanjung Putus. credit photo: sakuratravel.asia

Salah satu daya tarik snorkeling di Tanjung Putus selain terumbu karangnya yang indah dan lebih rapat, adalah schooling fish yang hilir mudik meramaikan spot ini. Surga ini tidak jauh dari bibir pantai, nah, karena tempatnya yang tidak terlalu dalam, lo disarankan untuk lebih berhati-hati saat snorkeling di sini.

Jangan sampai kegembiraan lo melihat keindahan ini malah membuat karang-karang tersebut terinjak, ya. Oh iya, bro, di Tanjung Putus ini, ada situs kapal karam yang juga mengesankan. Tetapi, untuk sampai spot kapal karam tersebut, lo sudah tidak bisa snorkeling melainkan free diving, karena memang lokasi tersebut sudah terlalu dalam untuk snorkeling.

Oke, bro, surga snorkeling ketiga di Pahawang Island ini adalah Gosong Bekri.

Pahawang Island - Gosong Bekri

5 Surga Snorkeling Di Pahawang Island Yang Akan Memanjakan Mata Lo!

Pahawang Island - Gosong Bekri. credit photo: beritadunesia.com

Bro, berfoto dengan candi di permukaan tanah yang memang sudah biasa ya. Nah, bagaimana kalau lo foto di candi bawah laut? Gosong Bekri di Pahawang Island ini adalah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan hal anti-mainstream tersebut, bro. Lo bisa foto dengan landscape candi bawah laut di sini.

Bro, jarak candi dari permukaan laut sebenarnya tidak terlalu jauh, namun kalau air laut tengah pasang, lo akan kesulitan jika tidak terbiasa menyelam agak dalam dari biasanya. Selain candi bawah laut, anemone terumbu karang yang menjadi rumah untuk clown fish, atau biasa kita sebut ikan Nemo, juga menjadi salah satu daya tarik besar untuk snorkeling di lokasi ini!

Lanjut ke surga snorkeling keempat, ya bro. Surga snorkeling keempat di Pahawang Island adalah di Gosong Pancong.

Pahawang Island – Gosong Pancong

5 Surga Snorkeling Di Pahawang Island Yang Akan Memanjakan Mata Lo!

Pahawang Island - Gosong Pancong. credit photo: tripadvisor.co

Bro, Gosong Pancong merupakan spot unik untuk snorkeling yang ada di Pahawang Island. Terbilang unik karena di spot ini mempunyai sisi kedalaman yang berbeda. Ada sisi kedalaman yang terbilang dangkal sehingga lo bisa berdiri di atas karangnya – tapi ingat jangan dirusak ya, bro.

Lalu ada sisi yang mempunyai kedalaman yang lumayan. Nah, di Gosong Pancong ini, lo juga bisa berfoto dengan candi bro. Kalau lo tidak sempat berfoto di candi yang ada di Gosong Bekri, lo bisa berfoto di sini sebagai gantinya!

Tiba di surga kelima atau surge terakhir yang ada di Pahawang Island – surga kelima ini adalah favorit bagi para traveller karena lokasi ini disebut dengan Taman Nemo.

Pahawang Island – Taman Nemo

5 Surga Snorkeling Di Pahawang Island Yang Akan Memanjakan Mata Lo!

Pahawang Island - Taman Nemo. credit photo: nationalgeographic.co.id

Bro, indah luar biasa di surga satu ini. Di Taman Nemo ini, lo bisa langsung berinteraksi dengan banyak clown fish! Berderet-deret rapih anemon sebagai terumbu karang dan juga rumah bagi clown fish ini menjadi spot foto terbaik yang bisa lo abadikan di Pahawang Island.

Dan perlu lo ketahui nih, bro, ternyata, clown fish di sini mempunyai perlakuan berbeda karena ada warga setempat yang memang membudidayakan dan menernakan clown fish di sini. Oleh karena itu, tidak heran ya bro, kalau di Taman Nemo ini, jumlah clown fish nya sudah tidak terhitung.

Warga setempat sadar kalau membudidayakan clown fish dan berikut anemon sebagai rumahnya, adalah salah satu aksi untuk menjaga lingkungan dan kelestarian di Taman Nemo itu sendiri. Wah ini sih baru namanya penjaga kelestarian alam.

Wah bro, lima surga snorkeling di Pahawang Island ini memang tidak bisa dilewatkan nih. Bagaimana, lo sudah penasaran dengan spot ini kan? Oleh karena itu, segera lo kosongkan hari, ambil cuti dan pergi traveling serta berpetualang di Pahawang Island!

 

Source

Feature Image

Beginner travelling snorkling diving

1 COMMENTS

SHARE
cadasssss