Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Datang kembali ke Yogyakarta, bro? Lengkapi berbagai cerita berbeda lo di Air Terjun Sri Gethuk ini!

Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Bicara tentang Yogyakarta, kota dengan berbagai keindahan alam yang masih banyak tersembunyi di dalam sana, merupakan favorit para petualang dan traveller. Begitu pula dengan lo, kan? Setiap kedatangan ke Yogyakarta, pasti meninggalkan cerita yang berbeda-beda. Dan yakin sih, bro, akan selalu ada alasan untuk kembali ke Yogyakarta.

Bro, kali ini juga cerita yang berbeda dari Yogyakarta, tepatnya dari Gunung Kidul. Eits, lo tidak akan dibawa oleh cerita-certa klenik ya. Ini tentang si cantik dari Gunung Kidul, bro. Si cantik yang pesonanya sudah menjadi favorit untuk para traveller dan petualang.

Air terjun Sri Gethuk, itu adalah nama si cantik yang dimaksudkan, bro. Air terjun yang terbentuk alami dengan diapit berbagai tebing curam ini menjadi pesona yang seakan tidak akan pernah habisnya untuk para traveller dan petualang. Dan kalau lo juga sampai tempat ini, diyakini lo akan punya cerita yang berbeda, bro.

Air terjun Sri Gethuk merupakan lokasi wisata yang baru saja ditemukan. Oleh karena itu, keindahannya masih sangat terjaga. Pesona dan daya tariknya yang magis mampu menarik banyak orang, baik wisatawan dari domestik, atau mancanegara.

Letak Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Air Terjun Sri Gethuk - Gunung Kidul, Yogyakarta. credit photo: garasijogja.com

Secar geografis, air terjun Sri Gethuk berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Nah bro, untuk mencapai air terjun ini, lo dipastikan untuk menempuh jarak 36km dan memakan waktu hingga 1,5 jam perjalanan. Lokasi air terjun Sri Gethuk ini juga tidak jauh dari lokasi wisata lainnya, yaitu Goa Rancang Kencono.

Oh iya bro, kalau lo dari Wonosari dan ingin ke air terjun Sri Gethuk ini, ambil jalur ke arah Playen, dan setelah itu akan banyak petunjuk arah untuk sampai ke lokasi ini.

Bro, jalur untuk tiba di lokasi ini tidak hanya melalui jalur reguler kendaraan umum ya, melainkan juga bisa melewati jalur para petualang. Para petualang biasanya mengambil jalur yang menembus hutan pohon kayu putih dan hutan pohon jati. Kemudian setelah sampai di sebuah pemancingan, lo akan dihadapkan dengan dua jalur berbeda.

Jalur pertama adalah jalur jalan setapak biasa, dan jalur kedua adalah menaiki rakit untuk menyusuri Sungai Oya. Nah, kedua jalur tersebut memang akan berakhir di air terjun Sri Gethuk, jadi lo jangan takut untuk kesasar ya, bro!

Sejarah Singkat Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Air Terjun Sri Gethuk. credit photo: seputarjogjakarta.com

Bro, lo juga pasti mengira kalau nama Gethuk yang tersemat di air terjun ini adalah nama camilan khas daerah ini kan? Ternyata bukan, bro. Gethuk yang menjadi nama air terjun ini berasal dari nama peralatan gamelan ‘Kethuk’.

Nama Sri Gethuk ini juga berasal dari cerita klenik, bro. Konon katanya, air terjun ini adalah tempat penyimpanan dari set gamelan gaib yang dipunyai oleh Raja Jin Anggo Menduro. Masyarakat setempat mempercayai bahwa terkadang terdengar suara gamelan yang sedang dimainkan, adalah gamelan gaib yang dimainkan oleh mahluk tersebut.

Oke bro, selesai dengan cerita sejarahnya, sekarang lo akan memulai menikmati pesona dan keindahan air terjun Sri Gethuk ini.

Pesona Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Air Terjun Sri Gethuk. credit photo: okezone.com

Selain Sungai Oya yang bisa mengantar lo sampai di air terjun ini, pesona lain yang bisa dinikmati adalah tebing-tebing karst yang melengkapi kelestarian air terjun Sri Gethuk ini. Walaupun ini air terjun, bro, konon katanya air yang gemericik jatuh tidak ramai akan suara gemuruhnya, melainkan suara gemericik air yang tenang.

Air sungai yang mengalir di bawah Sri Gethuk ini berwarna hijau, pas memadupadankan suasana asri dengan pepohonan besar di sekitarnya. Sungai yang mengalir di bawah air terjun ini juga tidak terlalu dalam, bro. Artinya, lo juga bisa berenang dan berendam di sungai ini. Nah, tetapi, karena sungai yang terbilang dangkal, lo tidak bisa melakukan cliff jumping di sini ya.

Air terjun Sri Gethuk juga menjadi magnet tersendiri untuk para pemburu momen. Di sini banyak fotografer yang singgah untuk mengabadikan keindahannya. Karena memang di air terjun Sri Gethuk ini kaya akan spot foto yang akan mempunyai cerita berbeda dibanding spot foto lainnya.

Fasilitas Di Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Air Terjun Sri Gethuk. credit photo: naturalsunsrisetour.com

Bro, karena air terjun Sri Gethuk ini masih sangat terjaga keasrian dan kelestariannya, belum banyak fasilitas besar yang ada di sini seperti resort, atau cottage. Namun, kalau toilet umum, dan beberapa warung makan sih, ada bro. Jadi lo tidak perlu khawatir untuk kehabisan perbekalan makanan di sini.

Nah bro, seiring dengan ketenaran dari air terjun Sri Gethuk ini, untuk masuk ke lokasi ini lo akan dikenakan biaya retribusi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Tiket Masuk Kendaraan Di Air Terjun Sri Gethuk. credit photo: bawikadarpa.wordpress.com

Untuk masuk ke lokasi ini, lo diwajibkan untuk membayar tiket sebagai retribusi untuk air terjun Sri Gethuk ini. Harga tiket di sini adalah Rp. 30.000, dan jika lo ingin naik rakit untuk menyusuri Sungai Oya, lo juga diwajibkan untuk membayar sebesar Rp. 10.000. Bagaimana bro? Harga-harga ini masih cukup terjangkau kan?

Air Terjun Sri Gethuk, Si Cantik Dari Gunung Kidul Favorit Para Petualang

Landscape Air Terjun Sri Gethuk. credit photo: backpackerjakarta.com

Jelas kalau harga bukan alasan utama untuk meragukan traveling dan petualangan lo ke air terjun Sri Gethuk yang cantik ini bro. Lo sudah penasaran dengan bagaimana keindahan air terjun Sri Gethuk ini? Bro, langsung atur jadwal keberangkatan lo ke Yogyakarta, dan temukan cerita berbeda lo di setiap kedatangan lo di sini!

 

Source

Feature Image

Wilderness Beginner travelling gunung kidul

2 COMMENTS

SHARE
pemandangan luar biasa
keren gan