FEB 22, 2018

10 Alat Panjat Tebing Yang Enggak Boleh Lo Lewatin

Memiliki hobi memanjat tebing bro? Jangan lupa yaa untuk selalu memperhatikan segi keselamatan lo, disini akan membahas apa aja sih yang lo perlukan pada saat melakukan aktifitas memanjat tebing itu bro!


Bila membicarakan mengenai panjat tebing pasti akan banyak hal yang penting untuk diketahui bro. Secara olahraga yang satu ini benar-benar akan mengancam nyawa lo loh kalau misalkan lo enggak memperhatikan segi-segi standard keamanannya. Dan di bantu pula dengan kekuatan fisik yang memumpuni, yaa mungkin sebelum lo melakukan kegiatan ekstrim ini harus mempersiapkan fisik dan mental lo dulu yaa. Lalu perhatikan selalu akan alat panjat tebing yang akan digunakan. Mulai dari selalu mengecek kembali kelayakan alat-alat tersebut hingga apakah alat yang akan lo gunakan sudah lengkap atau belum. Perlu diketahui kembali, kegiatan ini sangat riskan apabila lo lupa dengan standard keamanan yang sudah ada.

Selain itu pengetahuan lo mengenai alat panjat tebing yang akan lo gunakan itu sangat penting. Karena nyawa lo akan bergantung kepada alat-alat itu bro. Memang sih alat panjat tebing enggak sedikit, namun itu sangat penting loh supaya lo tidak mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Langsung aja nih kita membahas mengenai apa aja sih alat panjat tebing yang lo perluin supaya lo dapat bermain dengan aman dan tentram. Berikut alat-alatnya bro.

1. Kernmantle Rope ( Tali Karnmantel)

Ilustrasi Tali Kernmantle. Credit: http://blog.panjat-tebing.com/

Pasti deh kalo lo bermain panjat tebing enggak bakalan lepas dari yang namanya tali. Namun bukan sembarang tali yaa, bisa-bisa nanti kalo pake tali yang sembarangan, tali tersebut akan putus di saat lo main karena untuk olahraga panjat tebing ini memerlukan tali khusus yang benar-benar diperuntukan. Tali yang disarankan untuk melakukan panjat tebing ialah tali kernmantle, lalu fungsi dari tali ini sebagai pengaman lo apabila terjatuh sampai menyentuh tanah atau biasa disebut freefall.

Perlu diketahui pula bahwa tali kernmantle ini dibagi 3 yaitu statis, dinamis dan semi statis yang masing-masing mempunyai kelenturan dan fungsi yang berbeda.

  • Tali Statis mempunyai kelenturan 15-20%, standard yang digunakan 10,5 mm. Yang berfungsi untuk rappelling atau saat turun dari ketinggian.
  • Tali Dinamis mempunyai kelenturan 30%. Dengan daya lentur yang tinggi sehingga memiliki daya kejut yang tinggi sehingga sangat cocok untuk kegiatan rock climbing.
  • Tali Semi Statis memiliki kelenturan di tengah statis dan dinamis. Selain cocok untuk rappelling dan climbing, biasanya digunakan untuk kegiatan rescue.

 

2. Hardness

Ilustrasi Alat Hardness. Credit: https://hendryferdinan.wordpress.com/

Alat panjat tebing yang satu ini merupakan alat penopang tubuh yang terikat di pinggang sebagai pengaman yang nantinya dihubungkan dengan tali. Berdasarkan bentuknya,hardness dibagi atas tiga bro yaitu seat hardness, chest hardness dan full body hardness. Untuk full body hardness melilit seluruh tubuh dan dilengkapi sangkutan alat di sekeliling pinggang si pendaki.  Kalo untuk seat hardness lebih sering digunakan karena akan memberikan sedikit ruang bebas si pendaki untuk bergerak. Selain itu seat hardness bisa dibuat dari webbing (belt) yang dikombinasikan dengan figure of eight sling.

3. Carabiner

Ilustrasi Alat Carabiner. Credit: https://hendryferdinan.wordpress.com/

Terbuat dari aluminium alloy yang ringan dan mempunyai kekuatan tinggi, carabiner ini merupakan cincin kait yang menghubungkan alat satu dengan yang lain. Seperti pada saat lo harus menyambungkan diri lo dengan tali atau menyambungkan tali dengan tali dan juga diri lo dengan anchor sebagai pengaman. Namun harus diperhatikan kondisi dari carabinernya yaa. Karena alat panjat tebing satu ini memiliki tumpu kekuatan pada pen yang ada. Jika pen sudah longgar sebaiknya untuk tidak digunakan yaa bro. Berdasarkan bentuknya ada dua jenis carabiner yaitu carabiner screw gate (menggunakan kunci pengaman) dan carabiner snapgate (tidak berkunci).

4. Ascender

Ilustrasi Alat Ascender. Credit: http://www.rescuetech1.com/

Sebagai pemanjat pasti sudah tidak asing lagi dengan alat panjat tebing satu ini, ascender merupakan salah satu alat yang dapat membantu agar lo dapat mencapai puncak dari tebing yang bakalan lo panjat. Karena dapat membantu lo menaiki lintasan tali. Alat ini akan mengunci bilamana diberikan beban dan akan melonggar kalau tidak diberi beban. Menurut pegangannya alat ini dibagi menjadi dua yaitu Heandle Ascender dan Non Heandle Ascender. Menurut prinsip kerja giginya ada dua yaitu Sprung Cam  dan Cam Loaded.

5. Descender

Kalau Ascender berguna untuk membantu lo naik melintasi tali, untuk alat yang satu ini membantu untuk turun melintasi tali bro. Fungsinya adalah menahan laju alat dengan tali untuk menjaga agar lo enggak terjun bebas. Berdasarkan cara kerjanya dibagi dua yaitu otomatis dan manual. Lalu descender sendiri memiliki beberapa jenis nih bro, seperti Figure of Eight, Autostop, Grigi dan Shunt.

6. Piton

Ilustrasi Alat Piton. Credit: https://www.amazon.com/

Alat panjat tebing satu ini merupakan paku tebing yang memiliki 2 jenis yaitu jenis blade dan angel dengan fungsi yang berbeda. Jenis blade ini berbentuk pipih bro yang khusus digunakan di celah-celah sempit saja, untuk angel itu digunakan untuk celah yang lebih besar. Cara pemasangannya pun tidak terlalu rumit, tinggal meenyelipkan pada celah dan dipukul dengan hammer.

 

7. Hammer dan Hanger

Kegunaan dari alat panjat tebing yang satu ini seperti layaknya palu-palu pada umumnya. Yang diperuntukan untuk memalu sesuatu agar dapat tertancap di sebuah media yang keras. Nah bedanya dengan paku khusus untuk panjat tebing ini adalah untuk menancapkan piton-piton kedalam celah-celah tebing.Selain Hammer ada satu jenis anchor yang bernama Hanger. Alat ini berfungsi sebagai anchor untuk pengaman waktu pemanjatan sedang berlangsung.

 

8. Chock and Friend

Merupakan alat yang dimasukkan ke celah batu sehingga terjepit dan bisa menahan berat badan dari arah tertentu. Untuk chock ini sendiri memiliki 3 bentuk yaitu segi enam,simetris dan paruh burung. Karena bentuk yang sedikit maka diciptakan alat pengapit yang disebut friend yang bisa menyesuaikan dengan celah tebing.

9. Chalk Bag (Kantung Magnesium)

Ilustrasi Chalk Bag. Credit: https://www.amazon.co.uk/

Tidak menutup kemungkinan kalau misalkan tangan kita akan basah dikarenakan oleh keringat dan dapat menyebabkan pegangan kita menjadi licin dan susah. Oleh karena itu lo jangan sampai lupa yaa untuk selalu menyiapkan Chalk Bag yang berguna sebagai tempat magnesium. Magnesium itu sendiri berguna sebagai anti keringat supaya dapat meminimalisir kemungkinan pegangan kita terselip.

10. Sepatu

Ilustrasi Sepatu Panjat Tebing. Credit: https://www.rei.com/

Nah untuk yang terakhir nih bro, jangan lupa loh untuk menggunakan sepatu yang benar-benar khusus untuk panjat tebing. Dari jenis sepatunya itu sendiri terbagi atas 2 yaitu ada jenis sepatu kejur atau kaku dan keras, serta juga ada jenis sepatu yang lentur. Tergantung bagaimana lo nyamannya menggunakan yang mana sih. Lalu sepatu khusus ini memiliki kelenturan karet yang kuat sehingga memudahkan lo untuk melakukan proses pemanjatan.

 

Dari beberapa alat panjat tebing di atas udah cukup menambah tekad lo belum bro? Asal selalu diingat yaa untuk selalu menjaga keselamatan lo karena perlu diingat kembali bahwa olahraga ini sangat riskan dan sekali melakukan kesalahan akibatnnya akan sangat fatal.

 


Please login to comment
12 COMMENTS
Kurniawati
February 25, 2018 at 10:09 PM

mantaffff


Endang P
February 26, 2018 at 8:16 AM

teryata bny jg ya


Endang P
March 2, 2018 at 8:17 AM

bny juga ya


Yayan Yuliansyah
March 2, 2018 at 10:07 AM

YESSSSS BRO


Yudha Adi Nugraha
March 6, 2018 at 5:44 PM

Makasih info nya kepake bgt ini


Sunaryo Widodo
March 8, 2018 at 1:52 AM

Siiiap... Semoga bermanfaat untuk kita semua


Sunaryo Widodo
March 10, 2018 at 2:02 AM

Boleh pinjem nggak ya... Biar bisa ikutan...


Kurniawati
March 14, 2018 at 8:18 AM

wow pake banget


Yayan Yuliansyah
March 15, 2018 at 2:38 PM

keren banget broh


Yayan Yuliansyah
March 17, 2018 at 9:59 PM

cadar membara


Yayan Yuliansyah
March 20, 2018 at 9:48 AM

mantaf djiwa kan ?


Hengky kik
June 9, 2018 at 2:59 AM

yang penting tetap utamakan keselamatan