FEB 22, 2018

Berpetualang Ke Teluk Kiluan Bisa Bertegur Sapa Dengan Lumba-Lumba, Bro!

Bersentuhan langsung dengan lumba-lumba? Wah pasti seru nih petualangan di Teluk Kiluan!


Berpetualang ke tempat baru sembari beramah-tamah dengan satwa liarnya adalah dambaan bagi setiap traveller dan petualang, bro. Nah, lo juga ingin seperti itu kan? Kali ini ada salah satu surga di Indonesia, yang belum terlalu terkenal secara domestik, dan juga masih jarang terjamah orang banyak.

Perkenalkan bro, surga yang dimaksud adalah Teluk Kiluan. Yap, Teluk Kiluan berlokasi di Lampung. Nah, kalau lo ingin ke teluk ini, dan lo berada di kota Lampungnya, dengan jarak 80 km dan memakan waktu hingga 3-4 jam perjalanan lo akan sampai di sini.

Bro, sebentar, hal apa sih yang menarik dari Teluk Kiluan ini? Sepertinya biasa saja. Eits, sabar bro, pesona surga yang dimiliki Teluk Kiluan selain dari keindahan alamnya, spot snorkeling, beberapa laguna indah, adalah lo bisa bersentuhan langsung, serta bertegur sapa dengan lumba-lumba.

Menarik kan bro? Mengingat lumba-lumba adalah satwa yang dilindungi, lo bisa bersentuhan langsung dengan mereka tanpa campur tangan manusia.  Nah bro, bahasan kali ini akan mengajak lo berpetualang ke Teluk Kiluan! Sudah siap?

Teluk Kiluan Favorit Para Pemancing

Teluk Kiluan - Surga Pemancing. credit photo: wego.co.id

Bro, kalau lo penikmat penarik sambaran-sambaran ikan besar di alat pancing lo, Teluk Kiluan adalah salah satu spot terbaik untuk memancing ikan-ikan besar. Ikan favorit di sini adalah ikan Kerapu dan Tenggiri.

Jangan pesimis bro, Kerapu dan Tenggiri di sini bukan cuma yang berukuran 1-3 kg. Ukuran-ukuran besar sampai monster pun tersedia di Teluk Kiluan ini. Oleh karena itu, disarankan kalau lo memancing di sini, bawalah alat pancing yang bisa untuk menarik ikan dengan bobot 10-15 kg.

Sudah kebayang besarnya seperti apa, bro? Oh iya, lo juga perlu tahu nih, di Teluk Kiluan juga diadakan festival dan kompetisi memancing bertaraf internasional setiap tahunnya.

Nah, pesona selanjutnya adalah pesona yang sudah ditunggu-tunggu nih, bro!

Lumba-Lumba Hidung Botol dan Lumba-Lumba Paruh Panjang

Teluk Kiluan - Berinteraksi Dengan Lumba-Lumba. credit photo: telukkiluantour.com

Dua jenis lumba-lumba ini adalah penghuni Teluk Kiluan, bro. Mereka seakan sudah akrab dengan perahu yang melaju ditengah laut, dan dengan tidak sungkan, mereka akan mendatangi perahu-perahu yang biasanya mengangkut wisatawan dan traveller.

Bro, Teluk Kiluan juga menjadi jalur migrasi lumba-lumba ini. Jika sedang melintas, bukan satu atau puluhan lagi yang akan mendekati perahu yang lo naiki, tapi ratusan lumba-lumba, bro! Wah, kebayangkan lo bisa bercengkrama dengan mereka yang masih asri hidup di alam bebas!

Sekedar tips untuk bertemu lumba-lumba ini ya, bro. Waktu terbaik untuk bertemu serta bersentuhan langsung dengan mereka adalah ketika pagi hari, jam 06.00. Di waktu ini, banyak lumba-lumba yang memulai migrasi mereka dengan melewati Teluk Kiluan. Lalu bro, lo juga bisa membawa ikan-ikan kecil guna menjadi santapan mereka.

Teluk Kiluan - Lumba-Lumba Mendekati Perahu. credit photo: beritakawasan.com

Kebayang serunya bisa kasih makan ke lumba-lumba dan bertegur sapa langsung dengan mereka kan? Pasti seru sekali ini, bro! Tidak heran, pesona bersentuhan dengan lumba-lumba ini menjadi salah satu pesona utama dari Teluk Kiluan, banyak traveller domestik dan mancanegara berbondong-bondong untuk melihat langsung satwa mengagumkan ini.

Setelah melihat dan berinteraksi langsung dengan lumba-lumba, lo bisa melepas penat dengan cara berendam atau berenang di Laguna yang keren ini, bro. Laguna ini bernama Laguna Gayau

Teluk Kiluan – Laguna Gayau

Teluk Kiluan - Laguna Gayau. credit photo: koncodolaid.com

Laguna Gayau adalah kolam renang yang terbentuk secara alami di dekat Teluk Kiluan. Air di Laguna Gayau sangatlah bersih, ya mengingat tempat ini juga masih jarang dikunjungi oleh traveller dan para petualang. Dengan kedalaman 1-3 meter, air Laguna Gayau ini bahkan sampai sebening kaca yang indah karena memantulkan warna hijau kebiru-biruan.

Di Laguna Gayau, lo juga bisa snorkeling ni, bro. Lo bisa menikmati karang-karang indah serta beberapa biota laut yang cantik. Untuk sampai ke Laguna Gayau, dibutuhkan waktu 30 menit dari Teluk Kiluan karena terletak di belakangnya. Bro, kalau lo ke Laguna Gayau, jangan lupa untuk membayar tiket retribusinya yang seharga Rp. 5.000 per orang.

Bro, dengan harga terjangkau tersebut, sudah tidak ada lagi nih alasan untuk tidak traveling dan berpetualang ke sini, ya!

Selain Laguna Gayau, pesona lain yang ada di Teluk Kiluan, adalah Pantai Gigi Hiu.

Teluk Kiluan – Pantai Gigi Hiu

Teluk Kiluan - Pantai Gigi Hiu. credit photo: ketahui.com

Wah, seram juga nih! Apa benar ada gigi hiu di pantai ini? Tenang bro! pantai yang bernama gigi hiu ini hanya sekedar sebutannya saja bro. Bernama gigi hiu juga dikarenakan pantai ini dikelilingi dengan tebing-tebing curam yang tajam, seakan membentuk sebuah gigi ikan hiu, bro.

Nah, walau dikelilingi dengan banyak tebing tajam nan curam, tidak lantas lo bisa cliff jumping atau cliff diving di sini ya bro. Sebaiknya, jika lo ingin melakukan olahraga ekstrem tersebut, lo bisa tanya ke penduduk setempat dan pengelola setempat, apakah bisa melakukan cliff jumping di sana.

Bro, kalau lo sudah mempunyai hari yang kosong untuk berangkat ke Teluk Kiluan, jangan lupa untuk juga memesan tempat menginap ya. Di sekitar Teluk Kiluan juga sudah banyak bermunculan beberapa cottage dan resort menginap, jadi tinggal disesuaikan dengan budget traveling dan petualangan lo, ya!

Bagaimana bro, lo sudah penasaran untuk ke sini? Jangan cuma penasaran saja nih, langsung siapkan tanggal kosong, cuti dari pekerjaan, dan berangkat ke Teluk Kiluan! Surga kali ini tidak mungkin lo sia-siakan saja kan bro?

 

Source

Feature Image

 

 


Please login to comment
2 COMMENTS
Yayan Yuliansyah
February 22, 2018 at 5:36 PM

KEREN BANG


Endang P
February 23, 2018 at 9:23 AM

beruntung bs ktemu lumba2