Menyambut Akhir Pekan, Ini 4 Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula, Bro!

Mengisi akhir pekan dengan kegiatan memancing? Kenapa tidak, bro! Berikut tips memilih alat pancing untuk pemula.

Menyambut Akhir Pekan, Ini 4 Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula, Bro!

Menyambut akhir pekan seperti ini, sudah punya rencana apa nih, bro? Traveling ke gunung atau laut? Nah, kalau lo ingin coba hal berbeda dan tetap menantang, disarankan sih lo ambil alat pancing, dan pergi memancing! Memancing di danau atau di laut hampir sama bro, senangnya! Tetapi, perbedaanya ada di ikan-ikan yang akan menyambar alat pancing lo.

Kalau lo akan ke laut untuk memancing, sepertinya alat pancing yang biasa lo pakai memancing di danau perlu diupgrade, bro. Mengingat ikan yang biasanya menyambar umpan lo akan berukuran besar, bahkan monster!

Nah, kalau lo juga masih pemula dalam memancing, baik memancing di danau atau di laut, bahasan kali ini akan mengulas tentang 4 tips yang perlu lo perhatikan dalam memilih alat pancing. Jadi, kegiatan memancing lo akan maksimal karena peralatan lo juga oke, bro!

Oke, tips pertama dalam memilih alat pancing adalah memilih joran yang tepat.

Alat Pancing – Joran Yang Tepat

Menyambut Akhir Pekan, Ini 4 Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula, Bro!

Alat Pancing - Jenis Joran. credit photo: anglerfiles.blogspot.co.id

Dasar untuk memilih joran sebagai alat pancing adalah menentukan lebih sering di mana lo akan memancing, dan kira-kira ikan apa saja yang akan menyambar umpan lo, bro. Hal ini dikarenakan alat pancing seperti joran, mempunyai jenis dan karakteristik yang berbeda-beda terhadap ikan sebagai targetnya.

Sebagai contoh, joran yang panjang akan memudahkan lo mendapatkan lemparan yang jauh. Namun, joran pendek, walau tidak terlalu jauh mendapatkan lemparan, tetapi joran pendek adalah alat pancing yang disarankan untuk ikan yang berukuran besar.

Selain itu, faktor lain seperti berat joran juga menjadi salah satu perhitungan memilih alat pancing, bro. Kalau joran lo saja sudah berat, dan ditambah dengan bobot ikan yang berat juga, ditakutkan lo akan kesulitan untuk mengangkat ikan tersebut.

Menyambut Akhir Pekan, Ini 4 Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula, Bro!

Alat Pancing - Menarik Ikan Besar. credit photo: crocodilebay.com

Oleh karena itu, banyak pemancing pemula yang memilih joran berbahan karbon. Selain ringan, joran karbon adalah alat pancing yang cukup baik untuk pemula, yang target ikannya berbobot 1-5kg saja. Hal ini juga dikarenakan sensitivitas joran karbon tidak sebagus joran pro lainnya. Joran karbon walau ringan, tetapi rentan dengan hentakan keras.

Kemudian, panjang joran juga berpengaruh nih, bro. Alat pancing joran mempunyai dua jenis untuk kelas panjang. Ada joran tanpa ekstensi, dan ada joran yang berekstensi. Artinya panjang joran bisa diatur dengan cara bongkar pasang ekstensi joran tersebut. Namun, lebih kuat joran yang tidak berekstensi, bro.

Akan tetapi, joran berekstensi memang lebih ringkas dan mudah di bawa ke mana-mana, dibanding dengan joran panjang tanpa ekstensi.

Lalu tips kedua untuk alat pancing adalah reel.

Alat Pancing – Reel

Menyambut Akhir Pekan, Ini 4 Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula, Bro!

Alat Pancing - Memilih Reel. credit photo: treehugger.com

Bro, reel adalah alat di joran yang gunanya untuk menarik atau mengulur benang pancingnya ya. Memilih reel yang baik juga dasarnya sama seperti memilih joran, tetapi lebih dititik beratkan pada bahan pembuatan reel tersebut, berat, gear ratio, dan sistem drag.

Memang agak merogoh kocek sedikit dalam untuk mendapatkan reel berbahan kuat, ringan, dan sistem drag benang yang baik agar tidak gampang putus. Sistem drag senar pancing menjadi salah satu fokus utama di pemilihan reel ini bro. Artinya, dalam pemilihan reel, lo harus pastikan reel tidak macet saat digunakan untuk mengangkat ikan.

Gear ratio di dalam reel juga lo perhatikan, jangan sampai ketika lo sedang fight dengan ikan, reel mendadak macet dan hentakan ikan malah memutuskan benang senar pancing lo, ya!

Nah, bro tips ketiga untuk memilih alat pancing adalah reel spinning.

Alat Pancing – Reel Spinning

Menyambut Akhir Pekan, Ini 4 Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula, Bro!

Alat Pancing - Reel Spinning. credit photo: baitrodreel.com

Bro, kalau lo sudah bingung bagaimana memilih reel yang bagus untuk pemula, tips berikut ini akan mengarahkan lo ke reel spinning. Reel spinning adalah salah satu alat pancing yang cukup bagus untuk para pemula bro. Hal ini dikarenakan pemakaiannya yang lebih sederhana.

Lo cukup membuka bail arm, pegang benang senar pancingnya, kemudian lempar umpan dan ulur dari jari telunjuk. Nah, jika umpan lo disambar oleh ikan, lo tinggal mainkan control di reel bait castingnya dengan ibu jari. Hal ini akan memudahkan kan lo mengangkat ikan tersebut ke atas!

Oke bro, masuk ke tips terakhir, yaitu reel konvensional.

Alat Pancing – Reel Konvensional

Menyambut Akhir Pekan, Ini 4 Tips Memilih Alat Pancing Untuk Pemula, Bro!

Alat Pancing - Reel Konvensional. credit photo: tackletour.com

Dengan memiliki drag sistem yang lebih baik dari reel spinning, reel konvensional ini juga menjadi rekomendasi untuk para pemula. Namun, untuk mengoperasikannya, sebaiknya sih, lo ada teman untuk mencoba alat pancing ini, bro.

Hal ini dikarenakan sistem lembar benang senar pancingnya yang sedikit sulit dibanding reel spinning. Kalau lo tidak terlalu jeli ke mana arah benang senar pancing lo keluar, ditakutkan akan terjadi backlast. Backlast adalah kondisi benang senar pancing yang memutar tidak sempurna di reel saat melempar umpan, dan malah kusut di spool reel tersebut.

Perlu pembiasaan dalam menggunakan beberapa pilihan alat pancing di atas sih, bro. Nah, bagaimana sekarang, lo sudah ada bayangan mau punya alat pancing yang seperti apa?

Bro, setiap pilihan memang selalu akan ada kelebihan dan kekurangannya. Ini akan kembali lagi ke keputusan lo yang akan terbiasa memancing di mana. Tetapi, kalau lo suka memancing di danau atau di laut, memang tidak ada salahnya lo punya seluruh set alat pancing tersebut, bro!

Mancing juga bisa memberikan lo sensasi berpetualang bro, berpetualang untuk mengangkat ikan besar baik di danau, atau di laut! Oh iya bro, sekedar selintas tips, kalau lo memancing di laut, perhatikan waktu ya bro, karena kondisi alam bebas seperti laut tidak bisa di prediksi dengan pasti. Jadi pastikan lo siap menghadapi segala kondisi ketika memancing di laut.

 

Source

Feature Image

Tips Beginner travelling

2 COMMENTS

SHARE
seruuuuu
nambah ilmu baru lagi