FEB 23, 2018

Cepat Berkemas Untuk Traveling Ke 7 Surga Tersembunyi Di Pulau Alor!

Bosan dengan destinasi yang itu-itu saja dan butuh yang beda? Bro, perkenalkan, surga dari Nusa Tenggara Timur, Pulau Alor!


Bro, Kepulauan Nusa Tenggara memang tidak akan pernah ada habisnya untuk memberitahukan kita surga-surga tersembunyi. Keindahan destinasi ini memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan mungkin sudah lebih tinggi taraf keindahannya dari Bali dan Lombok.

Oke bro, perkenalkan salah satu surga dari Indonesia, Pulau Alor.

Pulau alor, pulau dengan berbagai kejutan terbaik yang ada di Nusa Tenggara Timur ini merupakan aset berharga yang ada di Indonesia. Bro, sekedar tips untuk lo, kalau memang ada tujuan untuk ke sini, pastikan lo datang di waktu yang tepat.

Waktu yang tepat untuk traveling dan berpetualang di surga ini adalah bulan Maret-November. Di waktu ini suhu sedang dalam masa terbaiknya nih, bro. Jadi, kalau lo snorkeling dan diving, lo akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa magisnya.

Bahasan kali ini akan mengulas 7 destinasi dan surga tersembunyi yang ada di Pulau Alor. Oke bro, sudah siap? Mari kita mulai dari yang pertama, yaitu Pantai Batu Putih.

Pulau Alor – Pantai Batu Putih

Pulau Alor - Pantai Batu Putih. credit photo: okezone.com

Terletak di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, pantai ini menjadi salah satu daya magis di Pulau Alor. Hamparan pasir putih, dengan ombak yang cukup tenang, menjadi favorit para traveller dan petualang untuk menghabiskan waktu mereka.

Lalu apa istimewanya pantai ini?

Bro, yang turut melengkapi keindahan pantai ini adalah bebatuan terjal yang berwarna putih mengelilingi pantai. Kalau lo selalu membawa kamera saat traveling dan berpetualang, pantai batu putih ini menjadi salah satu spot foto terbaik yang ada di Pulau Alor.

Sekedar tips bro, waktu yang tepat untuk berfoto di sini adalah siang hari. Walau agak panas, tapi tanpa lo mengatur saturasi di kamera, lo sudah akan mendapatkan lighting sempurna di momen yang akan lo abadikan nanti. Lightning sempurna ini juga didapat dari pantulan sinar matahari di pasir putih dan batu putih tersebut, bro.

Tapi, kalau memang terlalu terang, ya lo bisa atur cahayanya lagi di brightness kamera lo.

Bro, pindah ke surga kedua ya. Surga kedua yang ada di Pulau Alor adalah Pulau Kepa.

Pulau Alor – Pulau Kepa

Pulau Alor - Pulau Kepa. credit photo: wego.co.id

Sangat jarang terjamah oleh traveller, wisatawan, dan para petualang, Pulau Kepa yang terletak 12 kilometer dari pusat kota Kalabahi ini menyimpan dan menyuguhkan panorama yang luar biasa indahnya.

Daya tarik utamanya adalah pantai-pantai yang mengelilingi pulau ini dengan kedalaman dangkal dan sangat bening airnya. Hal ini menjadi favorit bagi para wisatawan dan para traveller yang kebetulan sampai ke sini untuk snorkeling dan diving.

Koral dan biota lautnya cukup lengkap sehingga melengkapi keindahan yang ada di Pulau Kepa ini.

Kemudian, lanjut ke surga ketiga yang ada di Pulau Alor, bro. Surga tersebut adalah Air Mancur Tuti Adagai.

Pulau Alor – Air Mancur Tuti Adagai

Pulau Alor - Air Mancur Tuti Adagai. credit photo: edyraguapo.blogspot.id

Surga kali ini terbilang unik bro. Walau cukup jauh dari pusat kota Kalabahi, sekitar 50 kilometer jaraknya, air mancur ini menjadi daya tarik yang cukup kuat untuk para traveller dan para petualang.

Air Mancur Tuti Adagai adalah fenomena alam yang unik. Hal ini dikarenakan keluarnya air dengan tekanan tinggi dari batuan Kristal. Air mancur yang keluar ini juga air panas bro. Belum diketahui air ini mengandung belerang atau tidak, tetapi tidak mengurangi keunikan dari fenomena ala mini.

Surga keempat yang harus lo kunjungi ketika berada di Pulau Alor adalah Pulau Pantar.

Pulau Alor – Pulau Pantar

Pulau Alor - Pulau Pantar. credit photo: triptrus.com

Untuk menuju ke Pulau Pantar ini, lo diharuskan untuk naik kapal dan menempuh jarak sekitar 1 kilometer dan waktu 1 jam dari Pulau Alor. Walau begitu, pemandangan yang bisa lo dapat dari sini adalah pemandangan yang tidak bisa dilupakan begitu saja bro.

Bersihnya pasir pantai dan air laut yang tenang membuat Pulau Pantar juga menjadi target utama para traveller dan petualang. Di sini, lo juga bisa snorkeling dan diving, bro. Untuk alat-alatnya pun sekarang sudah ada tempat peminjamannya.

Pindah ke surga kelima, yaitu Pantai Ling’al.

Pulau Alor – Pantai Ling’al

Pulau Alor - Pantai Ling'al. credit photo: nationalgeographic.id

Berlokasi di Alor Barat Daya, Tepatnya di Desa Halerman, Nusa Tenggara Timur, lo butuh waktu 3 jam perjalanan jika mengambil jalur laut. Nah, kalau lo kurang suka dengan jalur laut, lo bisa ambil jalur barat, namun dengan waktu perjalanan yang lebih lama ya bro. Sekitar 5 jam perjalanan.

Pantai Ling’al ini berhiaskan karang-karang besar di sekitarnya. Dan kalau lo ke pantai ini, akan terasa seperti milik sendiri, bro! Karena pantai ini masih jarang terjamah dan tidak banyak orang yang mengetahui pantai ini.

Bro, bosan dengan beberapa surga Pulau Alor yang bermain di pantai dan laut? Lo akan diajak ke sebuah kolam yang para lelaki senang nih, yaitu Kolam Bidadari.

Pulau Alor – Kolam Bidadari

Pulau Alor - Kolam Bidadari. credit photo: socimage.com

Berlokasi di Kokar, Kabupaten Alor – kolam asri dan terjaga kelestariannya ini menjadi daya tarik utama di Pulau Alor. Airnya yang sebening kristal menjadi alasan mengapa para Bidadari suka mandi di sini. Eits, ini hanya kiasan dan tidak terjadi sungguhan, ya bro!

Kolam bidadari ini menjadi salah satu spot foto terbaik yang ada di Pulau Alor. Selain masih belum banyak dijamah oleh traveller dan para petualang, kolam bidadari ini sangat terjaga privasinya. Jadi, kalau lo datang ke sini, serasa milik pribadi, bro!

Surga terakhir yang ada di Pulau Alor yang bisa disuguhkan ke lo adalah Air Terjun Mataru.

Pulau Alor – Air Terjun Mataru

Pulau Alor - Air Terjun Mataru. credit photo: mulpix.com

Air terjun ini menjadi yang tertinggi di Alor. Surga ini terletak di Desa Legiman, Taman Mataru, Kecamatan Mataru. Warga lokal menyebut air terjun ini dengan nama Beintal. Panorama air terjun yang mengalir deras ini mampu menghipnotis menjadi lebih tenang.

Air terjun ini bisa jadi spot terbaik lo untuk yoga dan menenangkan diri nih bro!

Wah bro, bagaimana dengan surga-surga yang ada di Pulau Alor? Sudah penasaran betul lo dengan tempat ini? Langsung saja atur tanggal, cuti, packing dan berangkat ke sini bro! Ingat surga-surga ini menunggu kedatangan lo, bro!

 

Source

Feature Image


Please login to comment
1 COMMENTS
Yudha Adi Nugraha
February 24, 2018 at 11:55 AM

Nice info gan



LOCATION