FEB 26, 2018

Panggilan Untuk Para Jiwa Petualang, Menaklukan Rafting Citarik!

Ini adalah sebuah panggilan untuk para jiwa petualang. Para petualang yang siap untuk rafting di Sungai Citarik!


Pernah terpikirkan sungai apa di Indonesia yang paling terkenal dan populer untuk olaharaga rafting bro? Sungai di Bali? Ya mereka juga terkenal, tetapi yang paling populer untuk melakukan olahraga rafting adalah Sungai Citarik.

Berlokasi di Kecamatan Cikidan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat – Sungai Citarik menjadi favorit bagi para rafter, baik yang baru saja mulai atau yang sudah pro sekalipun. Rafting di Sungai Citarik juga memang sudah menjadi daya tarik bagi provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Sungai Citarik menjadi tuan rumah untuk World Rafting Championships pada tahun 2015 yang diikuti peserta dari berbagai negara. Dengan demikian, rafting di Sungai Citarik sudah menjadi rekomendasi utama jika lo akan traveling atau berpetualang ke daerah Jawa Barat, bro.

Semua Tentang Sungai Citarik

Rafting Di Sungai Citarik. credit photo: ilalangoutbound.com

Sungai Citarik yang dipakai untuk rafting memang menawarkan paket lengkap yang bisa dinikmati siapapun. Dengan tingkat kesulitan di angka 3 sampai 5, rafting di Sungai Citarik menjadi rekomendasi untuk para rafter baik yang baru memulai, atau bahkan yang sudah berpengalaman.

Beberapa alasan dan fakta mengapa Sungai Citarik menjadi favorit para rafter domestik ataupun mancanegara adalah debit air Sungai Citarik yang tidak pernah berkurang dan cenderung stabil, kelestarian dan kebersihan air yang terjaga, serta bebatuan tajam yang menjadi obstacle saat rafting tidak terlalu menyusahkan.

Bertaraf Internasional

Rafting Di Sungai Citarik. credit photo: tour-organizers.com

Dengan kondisi yang sudah lengkap seperti itu, tidak heran juga jika rute rafting Sungai Citarik ini sudah memenuhi standar dari International Rafting Federation. Hal ini juga ditambahkan dengan para pengelola rafting Citarik yang sudah menggunakan alat-alat dan fasilitas yang berstandar internasional. Bahkan, rafting di Sungai Citarik juga sudah mengunakan fasilitas asuransi.

Rafting di Citarik juga bisa ditemani oleh guide atau pemandu yang sudah bersertifikat, dan dijamin bisa memandu lo untuk mengarungi Sungai Citarik beserta semua tantangannya.

Bro, lo tahu tidak berapa panjang jarak tempuh untuk rafting di Sungai Citarik ini? Sampai 17 kilometer, bro! Dengan jarak tersebut, estimasi waktu untuk mengarungi keseluruhan jarak adalah 4 jam. Oleh karena itu, disarankan jika lo memang mengambil jalur utama ini, lo harus siap fisik dan mental untuk mengarungi jarak seperti itu.

Ada Di Kelas Yang Mana, Lo?

Kesulitan Rafting Di Sungai Citarik. credit photo: arizman.com

Dengan titik start berada di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Citangkolo atau Desa Cikadu, lo akan disuguhkan dengan panorama pemandangan hijau sejuk khas Jawa Barat. Bro, namun lo tidak perlu khawatir untuk mengarungi keseluruhan jarak tersebut karena di rafting Citarik ini.

Pihak pengelola membagi puluhan jeram yang ada di Sungai Citarik ini menjadi enam kelas. Mulai dari Kelas I (easy), Kelas II (novice), Kelas III (intermediate), Kelas IV (advance), Kelas V (expert), dan kelas VI (extreme). Nah bro, dari berbagai kelas tersebut, lo bisa pilih sesuai dengan kemampuan lo.

Rafting di Sungai Citarik ini bisa lo lakukan sendiri, dan juga beregu. Oleh karena itu, jika lo beregu, pastikan lo mengetahui seberapa skill dari teman-teman lo untuk memilih kelas tingkat kesulitan tersebut. Kalau memang lo ingin mencoba kelas paling tinggi, lo bisa minta untuk ditemani oleh pemandu yang ada di sana.

Melepas Penat Dari Rutinitas

Melepas Penat Dengan Rafting Di Sungai Citarik. credit photo: pikiran-rakyat.com

Bro, olahraga rafting banyak sekali manfaatnya untuk kebugaran tubuh lo. Rafting bisa melatih kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang.

Nah, selain bermanfaat, rafting  nyatanya memang mengasyikan karena lo akan dibawa pada situasi penuh ketegangan dan keseruan. Perihal tersebut juga dikarenakan jeram yang dapat membuat jantung bergetar, serta pemandangan alam yang indah.

Oleh karena itu, rafting ini akan membuat lo yang sedang tertekan akibat rutinitas pekerjaan, dapat merasakan kesegaran untuk melanjutkan rutinitas lainnya.

Apa Saja Nih Fasilitas Yang Ada?

Salah Satu Resort Di Sekitar Sungai Citarik. credit photo: tripadvisor.com

Bro, fasilitas di rafting Sungai Citarik juga terbilang lengkap. Dari fasilitas menginap, rumah makan, sampai toko cenderamata sudah tersedia di sana.

Akses menuju ke lokasi Sungai Citarik juga tidak terlalu sulit, jalan raya tergolong cukup bagus dan besar meskipun berkelok-kelok melewati lembah-lembah dan perkebunan kelapa sawit. Jika lo menggunakan kendaraan pribadi, lo bisa melalui jalur Bogor-Cicurug-ParungKuda-Cikidang.

Namun berasal dari arah Bogor/Jakarta, lo harus mengambil arah kiri sesampainya di pertigaan jalur alternatif Pelabuhan Ratu, depan polsek Laka Lantas Cikidang. Jalur-jalur ini tidak terlalu sulit dilalui mengingat sudah cukup terkenalnya Sungai Citarik ini.

Oh iya bro! Ada yang perlu lo ketahui nih. Rafting Sungai Citarik mempunyai tiga operator arung jeram utama di Sungai Citarik, yaitu: Caldera, Selaras-Kaki dan Arus Liar. Hampir semua pengelola tersebut menawarkan fasilitas serupa dengan peralatan berstandar internasional yang aman sehingga lo tidak perlu khawatir.

Selintas tips untuk lo yang sudah penasaran dengan tantangan-tantangan yang ada di Sungai Citarik, dengan letak lokasinya yang terbilang di dataran tinggi, ada baiknya lo membawa pakaian serta jaket lebih untuk mengatasi suhu dingin di sana. Terlebih karena lo akan bermain di lintasan air, sebaiknya juga lo membawa pakaian lebih, dan kondisi tubuh yang fit.

Wah, bagaimana nih bro, yakin sih lo sudah penasaran untuk rafting di Sungai Citarik ini. Jangan sekedar penasaran saja nih, langsung saja atur tanggal untuk cuti, hubungi beberapa teman lo dan langsung berangkat ke Sungai Citarik di Sukabumi, Jawa Barat!

 

Source

Feature Image


Please login to comment
3 COMMENTS
Kurniawati
February 27, 2018 at 9:24 AM

AJIBBBBBB


Awan Tri
March 29, 2018 at 4:23 PM

Kalau ada event ini.. Gimn caranya gabung


Sunaryo Widodo
April 7, 2018 at 6:33 AM

Mantap , keren banget...