FEB 26, 2018

Curug Cigamea, Si Cantik Dari Bogor Favorit Para Wisatawan

Menghabiskan waktu libur akhir pekan? Curug Cigamea bisa jadi jawaban yang tepat, bro!


Bro, siapa bilang di Bogor tidak mempunyai wisata yang melegenda? Kalau lo memang belum tahu, bahasan kali ini akan mengupas salah satu destinasi traveling yang mulai populer sekarang ini. Air terjun atau dalam Bahasa Sunda, Jawa Barat yang lebih dikenal dengan sebutan Curug, memang mempunyai pesonanya sendiri.

Bahasan kali ini adalah Curug Cigamea. Air terjun asal Bogor yang menjadi favorit traveller domestik dan mancanegara. Curug Cigamea berlokasi Air terjun ini berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, tepatnya kawasan Pegunungan Salak, yang letaknya hampir sama dengan Curug Nangka.

Rute Menuju Curug Cigamea

Curug Cigamea, Si Cantik Dari Bogor Favorit Para Wisatawan

Curug Cigamea. credit photo: hellobogor.com

Bro, kalau dari pusat Kota Bogor, Curug Cigamea berjarak 42 kilometer. Nah, untuk mencapai lokasi ini, ada empat jalur yang bisa lo lalui bro. Pertama, jika lo dari Cemplang/Cibungbulang, lo bisa ambil jalur ke arah Pamijahan lalu ke Salak Endah.

Kedua, kalau lo dari Cikampek, lo bisa langsung ke arah Salak Endah. Sama Seperti Cibatok, jika lo dari sini, lo juga bisa langsung ke Salak Endah. Nah, rute keempat adalah jika lo sedang berada Tamansari, lo bisa menuju ke arah Gunung Bunder, lalu ke Salak Endah.

Umumnya banyak wisatawan yang datang dari rute Cemplang, Pamijahan, dan Salak Endah karena rute ini dinilai lebih singkat dan cepat daripada rute lainnya. Rute ini juga lebih dekat dari Jalan Raya Bogor dan Leuwiliyang.

Gerbang Curug Cigamea

Curug Cigamea, Si Cantik Dari Bogor Favorit Para Wisatawan

Gerbang Curug Cigamea. credit photo: seputarparung.co.id

Bro, kalau lo sudah berada di depan pintu gerbang Curug Cigamea, lo tetap harus berjalan lagi kurang lebih 350 meter. Karena trek jalan setapak yang masih terbentuk dari alam, disarankan lo menggunakan sepatu trail karena medannya yang masih asri. Hal ini juga dimaksudkan agar lo lebih mudah melangkah.

Terlebih jika masuk musim penghujan, jalan setapak dan tangga yang ada di sana akan terasa lebih licin. Oleh karena itu, perhatikan alas kaki yang akan lo gunakan untuk pergi ke sini ya. Jangan sampai lo malah terpeleset karena licinnya jalur setapak Curug Cigamea tersebut.

Curug Cigamea, Si Cantik Dari Bogor Favorit Para Wisatawan

Curug Cigamea. credit photo: ihsand3.wordpress.com

Dalam perjalanan menuju ke Curug Cigamea, lo juga dipastikan akan bertemu dengan Curug Nangka terlebih dahulu. Bro, disepanjang perjalanan tersebut juga lo akan ditemani beberapa shelter dan warung makanan yang bisa lo pakai untuk istirahat jika letih.

Sepanjang perjalanan ke Curug Cigamea ini, lo juga akan disuguhkan dengan pemandangan hutan belantara yang sejuk. Hawa udara yang cukup dingin saat musim penghujan adalah alasan tepat untuk lo membawa jaket berlebih kalau lo ingin menghangatkan tubuh dari udara dingin tersebut.

Bro, wisata dan traveling ke Curug Cigamea tidak memakan budget besar, kok. Jika lo sudah sampai di kawasan wisata Gunung Salak, lo diwajibkan untuk membayar tiket sebagai retribusi sebesar Rp. 7.000 saja, dan jika lo akan masuk ke Curug Cigamea, lo juga harus membayar tiket retribusi lagi sebesar Rp. 3.500 saja.

Bro, fasilitas di Curug Cigamea juga sudah lumayan mendukung perjalanan lo nih. Tempat istirahat, seperti penginapan sudah banyak disekitar sana, lalu beberapa restoran yang menyajikan berbagai makanan juga sudah tersebar merata, jadi lo tidak perlu takut kehabisan perbekalan ya.

Air Terjun Curug Cigamea

Curug Cigamea, Si Cantik Dari Bogor Favorit Para Wisatawan

Curug Cigamea - Curug Nangka. credit photo: tripadvisor.com

Bro, perlu lo ketahui, Curug Cigamea mempunyai dua air terjun yang berbeda karakteristiknya. Air terjun pertama mempunyai jarak 50 meter dari air terjun keduanya. Nah bro, karena sungai yang ada di bawah Curug Cigamea ini terbilang dangkal, jadi lo hanya bisa berenang saja di sini.

Jangan lo pakai untuk cliff jumping ya.

Curug Cigamea yang indah ini dilengkapi tebing-tebing curam dengan bebatuan terjal berwarna hitam. Oh iya bro, disarankan jika lo ke sini, waktu yang baik untuk bermain di sini adalah pagi menjelang siang bro. Karena saat pagi menjelang siang adalah saat matahari bersinar hangat, sehingga lo bisa melihat keindahan Curug Cigamea ini secara indah keseluruhan.

Pemerintah setempat, yaitu Kabupaten Bogor juga sudah menaruh perhatiannya di lokasi wisata ini dengan memperbaiki akses jalan ke sana.

Debit air yang mengalir di Curug Cigamea ini, tepatnya yang bermuara di dua air terjun tersebut sangatlah deras dan banyak. Oleh karena itu, lo perlu juga berhati-hati ketika bermain di bawahnya. Suara gemuruh yang kencang ini juga menjadi pertanda bagi para traveller yang sedang bertandang ke sini.

Kalau suara gemuruh tersebut semakin kencang, maka artinya air terjun Curug Cigamea semakin dekat dari lo.

Dan bagaimana bro mengenai Curug Cigamea? Apakah rasa penasaran lo sudah muncul untuk membuktikan seberapa indahnya Curug Cigamea?

Curug Cigamea, Si Cantik Dari Bogor Favorit Para Wisatawan

Curug Cigamea. credit photo: berkeliling.com

Oh iya bro, karena letak Curug Cigamea dan Curug Nangka beserta beberapa curug lainnya berdekatan, lo bisa mengunjungi mereka sekaligus nih. Atau kalau menurut lo waktunya tidak cukup untuk bermain di beberapa curug, lo bisa memanfaatkan fasilitas penginapan yang ada di sekitar sana.

Penginapan di sana juga masih terbilang terjangkau, tetapi juga perlu diingat untuk fasilitas penginapan tersebut ya. Kalau lo memang ingin fasilitas penginapan seperti hotel, ya lo bisa pergi kebeberapa hotel di sekitar sana.

Mengingat jalur dan rute untuk mencapainya terbilang mudah, lo bisa menggunakan waktu akhir minggu lo untuk liburan dan traveling ke sini! Jadi langsung saja bro, siapkan perbekalan dan berangkat ke Curug Cigamea!

 

Source

Feature Image


Please login to comment
1 COMMENTS
Yayan Yuliansyah
February 27, 2018 at 9:20 AM

ASEEEKKKKK



LOCATION