MAR 5, 2018

Beberapa Cara Efektif Mancing Ikan Besar Ini Pasti Akan Membuat Lo Strike Terus Bro!

Sebagai pemancing sejati, tentu saja mancing ikan besar merupakan sebuah tujuan yang menarik jika dapat terwujudkan bro. Untuk dari itu di bawah ini akan di berikan beberapa informasi untuk lo ketahui, supaya lo semakin mahir dalam memancing ikan yang besar.


Buat lo yang suka dengan hobi memancing, pasti pada saat lo mendapatkan ikan merupakan momen paling gembira. Rasanya hampir sama lah ketika lo mendapatkan gaji dari hasil keringat bekerja lo selama sebulan.

Nah, namun untuk lo bisa mencapai atau mendapatkan tangkapan dari memancing itu lo harus memiliki beberapa teknik yang dapat membantu lo untuk mencapai hal itu. Karena jika lo memancing untuk ukuran ikan yang besar tentu minimal harus menguasai teknik-teknik memancing.

Dan berikut teknik-teknik yang bisa lo aplikasikan ke dalam kegiatan memancing lo bro:

Teknik Popping

Ilustrasi Memancing. Credit: http://tipsjituteknikmemancing.blogspot.co.id/                                        

Teknik memancing satu ini termasuk ke dalam teknik memancing yang cukup terkenal bro. Popping itu adalah teknik memancing yang menggunakan popper sebagai umpan, popper terbuat dari bahan kayu atau fiber yang di bentuk menyerupai ikan dengan di lengkapi treble hook di bagian ekor dan bagian body popper bro.

Untuk popper sendiri memiliki dua jenis bro. Popper yang berbentuk churgger (ujung kepala popper cekung seperti mangkok) Berfungsi untuk menahan air saat di sentak sehinga menimbulkan percikan air atau menyemprotkan air dan riak gelombang,

Jenis yang kedua yaitu popper pencil, sama seperti popper pada umunya hanya pada sisi kepalanya tidak terdapat churger. Ternyata nih bro, dari kedua jenis popper ini cara menggunakannya pun berbeda loh, untuk jenis chugger cara menggunakannya di sentak-sentak sehingga menimbulkan pecikan air dan riak gelombang. Sedangkan untuk jenis pencil cukup di gulung bro.

Nah, untuk spot teknik mancing popping ini biasanya di sekitaran batu mandi atau tebing-tebing karang yang memilki drop off yang cukup bagus dan berarus deras. Bisa juga di atas karang yang puncaknya berada di ketinggian 5 hingga 30 meter.

Teknik Jigging

Ilustrasi Umpan Jig. Credit: https://strikeholic.wordpress.com/

Teknik mancing ini merupakan salah satu cara memancing dari sekian banyak teknik mancing yang ada atau pernah digunakan oleh para pemancing di seluruh dunia bro. Teknik mancing yang menggunakan umpan tiruan berbahan metal atau besi dengan bentuk plat mini berwarna keperakan.

Teknik jingging adalah salah satu teknik mancing yang di modifikasi dari teknik mancing dasaran yang di buat lebih variatif dan aktif karena lo sebagai pemancing harus aktif memompa joran dan reelnya secara vertical dan berulang-ulang sampai ikan menyambar umpan yang menari di dalam air.

Namun bagi lo yang memilii kondisi badan yang kurang fit, teknik ini tidak disarankan buat lo. Karena teknik ini dijamin akan membuat lo cepat merasa lelah dan oto pegal-pegal. Jadi ternyata olahraga mancing perlu ditopang dengan kondisi badan lo yang fit juga yaa bro.

Dengan teknik ini pula, lo harus memiliki  peralatan yang perlu lo siapkan bro. Seperti Umpan Metal Jig bro.

Teknik Mancing Casting

Ilustrasi Memancing Di Laut. Credit: http://umpanikan123.blogspot.co.id/

Teknik ini adalah teknik yang sangat cocok bagi lo yang aktif dan tidak suka terlalu lama menunggu ikan menyambar. Cuman jangan salah sangka yaa bro, bukan berarti dengan lo menggunakan teknik ini lo akan mendapatkan ikan dengan lebih cepat. Untuk membuat perbedaannya ialah teknik ini lebih santai dan lebih aktif.

Salah satu teknik memancing yang caranya mengayun atau melempar umpan palu secara berulang pada titik atau target lokasi ikan, umpan tiruan yang digunakan bisa yang soft lure ataupun hard lure. Teknik Casting ini pada dasarnya terpecah menjadi 3 aksi.

  1. Overhand (melempar dari atas ke arah spot target)
  2. Side Arm ( melempar pancing dari adar sisi/samping kea rah spot target)
  3. Underhand ( melempar pancing dari arah bawah tanah)

Jadi lo harus mulai berlatih dan melancarkan 3 teknik di atas bro. Karena akan sangat berguna nantinya di lapangan dengan kondisi sulit. Dan lempiran lo itu benar-benar harus akurat bro dan harus di titik yang potensial agar lo bisa strike atau hook up.

Nah, dari teknik 3 teknik mancing di atas pasti akan membantu lo untuk mendapatkan ikan yang besar bro. Namun jangan bersandar dulu dengan teknik-teknik diatas bro. Bairpun lo sudah menguasai teknik-teknik tersebut, lo harus tetap memiliki akal yang cerdik loh bro.

Supaya lo bisa mendapatkan ikan dasaran atau ikan yang hidupnnya di kedalaman laut yang dalam, lo harus memilih umpan yang tepat. Umpan minnow buatan merupakan umpan yang tepat nih bro. Menggunakan umpan ini akan sangat efektif di dasar laut. Karena umpan minnow ini bergerak seperti ikan hidup yang sedang berenang dan menarik perhatian ikan-ikan pemangsa.

Selain dari umpan minnow ini lo juga bisa menyiapkan perlengkapan mancing lo, seperti joran yang berukuran medium hingga besar. Kail yang berukuran sedang dan besar. Dan jangan lupa untuk menyiapkan til yang berkekuatan 90 lb, karena untuk mengantisipasi mendapatkan ikan yang lebih besar bro.

Dan ada lagi nih bro cara mancing ikan besar yang paling ampuh, lo perlu menyiapkan umpan metal jig yang dapat tenggelam hingga dasar laut. Metal jig terbuat dari metal atau logam yang memiliki bobot berat yang bertujuan agar metal jig bisa sampai ke dasar laut.

Perlu diketahui juga kedalaman air dan ikan apa yang ingin lo tangkap seperti apa wajib lo ketahui terlebih dahulu bro. Dan karakter dari jenis ikan yang lo mau tangkap juga penting tuh bro. Karena setiap ikan pasti memiliki karakter yang berbeda ketika menyambar umpan.

Misalkan jenis ikan dasar laut seperti kerapu, ruby snapper, akan malas mengejar umpan yang bergerak cepat bro. Beda dengan jenis dogtooth atau amberjack yang sangat suka bila umpan bergerak cepat. Kalau jenis ikan tenggiri sangat suka menyambar ikan yang sedang sekarat atau ikan terkena pancing bro.

Jadi gimana bro dari informasi-informasi yang tertera di atas apakah bisa menjawab semua pertanyaan lo mengenai bagaimana bisa mancing ikan besar? Semoga pertanyaan lo akan terjawab yaa bro.

Teruslah memancing dan kembangkan bakat lo bro. Jangan cepat bosan, karena yang ada nantinya lo tidak akan mencapai titik dimana lo menguasai apapun itu bro.


Please login to comment
3 COMMENTS
Kurniawati
March 6, 2018 at 6:32 PM

nice info gan


Muhammad muhlis
March 18, 2018 at 8:50 PM

Mantaffff


Muhammad muhlis
March 18, 2018 at 8:54 PM

Mantap..patut di coba