MAR 8, 2018

Nikmatnya Seruput 4 Jenis Kopi Nusantara Di Teras Bersama Kawan

Buat lo yang suka dengan kopi, apakah lo tahu kopi Nusantara apa saja yang memilki kualitas dunia bro? Nah, di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis kopi Nusantara yang cocok menemani lo bersama kawan sambil bercengkrama bro. Jadi untuk lebih lanjutnya intip beberapa informasi di bawah ini yaa.


Pada saat lo pertama kali membuka mata lo sehabis tidur panjang yang nikmat itu, apa yang pertama kali lo pikirkan bro? Mungkin bagi para pecinta kopi tanah air memiliki pemikiran yang berbeda saat mereka pertama kali membuka mata mereka.

Karena menikmati kopi pada saat pagi hari merupakan hal yang sangat nikmat, selain dapat menenangkan juga rasanya yang bikin segar bro. Sebenarnya bukan hanya pagi saja sih bro untuk bisa menikmati kopi. Sore juga merupakan waktu yang pas untuk menikmati kopi tersebut.

Nah, berbicara mengenai Kopi Nusantara sendiri memiliki berbagai jenis kopi serta dari berbagai jenis daerah bro. Dan juga memilki rasa yang bermacam-macam bro. Mulai dari yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi, hingga yang memilki rasa tembakau juga ada loh bro.

Kopi yang ada di Indonesia sendiri itu memang sudah terkenal dimana-mana bro. Mungkin ambil contoh dari kehidupan kita sehari-hari aja yaa bro. Kalau misalkan lo lagi main ke kedai kopi yang bertaraf internasional, pasti mereka memiliki kopi Indonesia.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai berbagai jenis kopi Nusantara yang bisa menjadi pilihan lo untuk lo nikmati di keseharian lo. Karena dari kualitas yang baik akan mendatangkan sesuatu yang baik juga bro.

Langsung aja nih, berikut jenis-jenis kopi Nusantara terbaik yang bisa lo nikmati.

Kopi Wamena

Ilustrasi Kopi Wamena. Credit: https://www.kopikopen.com/

Selain dari pegunungannya yang bagus serta keindahan kebudayaannya yang kaya, ternyata Papua tidak berhenti sampai di situ saja bro. Pulau yang memiliki julukan "Mutiara Hitam" ini juga menyimpan kopi yang memiliki kualitas dunia bro.

Kopi yang berjenis arabika ini merupakan produk Nusantara yang sangat terkenal di dalam negeri maupun luar negeri nih bro. Kopi ini tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya Wamena tanpa menggunakan kimia loh bro. Jadi masih benar-benar alami.

Dengan aromanya yang unik dan berbeda dengan kopi-kopi arabika lainnya membuat kopi ini menjadi lirikan mata para pecinta kopi dunia bro. Mungkin dikarenak oleh dari ketinggian penanaman dari kopi ini sendiri kali yaa bro.

Karena biasanya untuk kopi arabika lainnya di tanam dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl, untuk Kopi Wamena ini di tanam dengan ketinggian 2.000 mdpl. Untuk rasa dari kopi ini sendiri memiliki rasa yang cukup seimbang bro. Tidak terlalu asam dan tidak terlalu manis.

Kopi Toraja Kalosi

Ilustrasi Biji Kopi Toraja Kalosi. Credit: http://www.pricearea.com/

Mungkin lo udah sering banget kali yaa mendengar mengenai jenis kopi satu ini yaa. Karena untuk di Jakarta sendiri saja lo bisa menemukan kopi ini atau mendengar jenis kopi ini sesering itu. Namun apakah lo udah tahu sebenarnya apa sih kopi ini bro?

Untuk dari namanya sendiri itu sudah menyangkut dua tempat yang berbeda loh bro. Karena dari biji kopi ini sendiri ditanam di daerah pegunungan tinggi di Toraja. Namun, untuk Kalosi itu sendiri merupakan nama kota kecil di Sulawesi Selatan yang juga merupakan tempat dimana terkumpulnya biji-biji kopi dari daerah di sekitarnya.

Kopi jenis ini juga memiliki sebutan yang cukup unik loh bro, “Queen Of Coffee” sebutannya. Alasan utama banyak orang memilih untuk menyebutkan kopi ini dengan sebutan itu karena memiliki rasa yang seimbang dan unik, serta memilki tingkat keasaman yang rendah, halus, lembut, serta cita rasa yang floral dan fruity.

Sensasi kopi yang kuat serta meninggalkan rasa pahit di ujung lidah tak lama setelah lo meminumnya, membuat lo pasti akan merasakan betapa nikmatnya kopi ini. Dari penampilannya yang berbeda, yaitu memilki kepekatan yang minim hampir menyerupai teh.

Kopi Malabar

Ilustrasi Gunung Malabar. Credit: http://fajaryuga.com/

Kopi Nusantara satu ini berasal dari Jawa Barat bro. Mungkin banyak yang belum tahu apa sih sebenarnya kopi ini, namun bagi yang sudah tahu mari kita perdalam lagi apa aja informasi yang bisa di ambil dari kopi ini bro.

Untuk Malabar itu sendiri merupakan sebuah gunung berapi yang berada di Pulau Jawa, tepatnya di dekat Bandung dengan titik tertinggi terdapat pada 2.343 mdpl. Nah, kopi jenis ini juga memilki nama yang biasanya di kenal di luar negeri, nama tersebut ialah “Java Preanger”.

Kopi yang sudah terkenal baik secara nasional maupun internasional ini, memiliki rasa yang sedikit asam dengan tingkat medium. Serta memilki kekentalan yang tinggi bro. Ditambah juga dengan rasa coklat yang dominan dengan rasa akhir rempah yang menggoda lidah lo.

Kopi Aceh Gayo

Ilustrasi Secangkir Kopi Aceh Gayo. Credit: http://imaskasurakarta.blogspot.co.id

Dengan letak lokasi yang berada di paling barat dari Indonesia ini, Aceh menyimpan banyak sekali harta karun yang sangat seru untuk dibahas bro. Selain dari budayanya yang sangat indah serta menawan, kota ini juga menyimpan sebuah kopi yang sangat nikmat.

Nama kopi tersebut adalah Kopi Aceh Gayo. Kopi yang berasal dari Tanah Gayo Aceh Tengah ini menjadi salah satu kopi yang selalu menjadi pilihan utama masyarakat Aceh. Bahkan sampai luar negeri pun, kopi ini sangat terkenal akan rasa dan aromanya yang unik bro.

Kopi arabika ini memiliki rasa kepahitan yang lumayan tinggi serta tingkat keasaman yang rendah. Meskipun pahit namun kopi ini menawarkan rasa gurih yang tiada duanya serta memiliki aroma yang sangat nikmat.

Dan ternyata bro, kopi ini merupakan kopi dengan produksi tertinggi di Asia. Jadi kalo untuk menghilangkan rasa penasaran lo akan kopi ini, langsung silahkan saja di coba kopinya di kedai-kedai kopi terdekat bro.

Jadi itulah bro, beberapa pilihan Kopi Nusantara yang bisa menjadi pilihan favorit lo. Gila yaa, ternyata kopi-kopi tersebut asalnya dari negara kita sendiri dan yang bikin lebih bangga lagi, kopi tersebut sudah terkenal secara mendunia loh. Semakin bangga aja nih terhadap Indonesia bro.

Jangan lupa untuk selalu nyeruput kopi lo di pagi atau sore hari yaa bro!

 


Please login to comment
7 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 10, 2018 at 2:14 AM

Arabica Gayo mantap...


Sunaryo Widodo
March 10, 2018 at 2:15 AM

Citarasa tinggi


Yudha Adi Nugraha
March 10, 2018 at 5:34 AM

Keren banget


Endang P
March 13, 2018 at 8:19 AM

kopi indonesia


Muhammad muhlis
March 14, 2018 at 10:07 AM

Setiap liat kopi.teringat film filosofi kopi.


Iiq Thoriq El-tuerto
March 19, 2018 at 9:20 AM

RASA DAN AROMA YG MANTAB


Hengky kik
March 26, 2018 at 2:30 AM

Indonesia penuh dengan keanekaragaman kopi