MAR 8, 2018

Selain Digunakan, Tenda Dome Lo Jangan Lupa Dibersihkan Bro! Nih Beberapa Tips Buat Lo!

Mungkin buat lo yang suka berkemah pasti akan memilki hubungan yang dekat dengan tenda kan? Namun apakah tenda dome kesayangan lo itu selalu lo bersihkan dan lo rawat bro? Nah, di artikel ini akan membahas mengenai apa saja yang lo bisa lakukan untuk membersihkan tanda lo.


Penggunaan tenda dome sebagai tempat untuk tidur pada saat lo melakukan aktifitas outdoor merupakan hal yang wajar. Dan bisa dibilang tenda dome merupakan suatu barang yang sangat penting untuk selalu lo bawa dong pastinya.

Bagaimana tidak bro, lo bakalan tidur dimana kalau misalkan  lupa membawanya? Nah karena tenda itu sendiri merupakan hal yang penting, lo juga harus terus untuk menjaga kondisi tenda tersebut agar tetap bersih.

Karena dengan kondisi tenda yang selalu bersih, secara tidak langsung pasti akan membantu lo juga dalam pemkaiannya di saat lo memerlukannya. Selain itu, kebersihan dari tenda itu sendiri menjadi sebuah jembatan untuk selalu menjaga kualitasnya.

Untuk dari itu bro, setiap kali penggunaan tenda dome yang lo punya, harus selalu di cuci terlebih dahulu yaa. Jangan langsung lo simpan di tempat penyimpanan dalam kondisi terlipat. Karena fungsi dari tenda itu sendiri adalah sebagai pelindung lo di alam liar. Kebayang dong kalo tenda yang lo punya tidak dalam kondisi terbaik pada saat digunakan.

Jadi, buat lo yang ingin tahu bagaimana cara terbaik untuk mencuci tenda khususnya tenda dome berikut cara-caranya bro.

Dirikan Dahulu Tenda

Ilustrasi Kondisi Tenda Berdiri. Credit: https://thewirecutter.com/

Sebelum lo melakukan pembersihan terhadap tenda lo bro, ada baiknya untuk selalu mendirikan tenda lo terlebih dahulu. Supaya lo bisa melihat secara jelas bagian-bagian mana yang masih harus lo bersihkan.

Setelah itu mulai lo bersihkan dari bagian yang paling alas, lihat secara teliti apa saja yang bisa dibersihkan serta lihat kembali apakah ada daun-daun kecil atau pasir yang masih menyisa di bagian alas tenda lo.

Dan yang paling terpenting adalah sisa-sisa makanan yang masih menyempil, karena bila tidak dibersihkan hal itu bisa meninggalkan bau tak sedap. Atau kalau misalkan tidak meninggalkan bau yang tidak sedap pun, pasti akan tidak nyaman untuk lo gunakan lagi di kesempatan berikutnya.

 Siram Bagian Luar

Ilustrasi Penyiraman Tenda Bagian Luar. Credit: http://photagram.net/

Setelah lo selesai membersihkan bagian alas dari tenda lo, saat lo untuk menyiapkan air untuk membilas bagian luat dari tenda lo bro. Untuk menyiram bagian luar tenda lo ini harus dilakukan dengan tensi air yan rendah yaa bro.

Karena untuk mencegah dapat merobek dinding dari tenda lo sendiri bro. Perlu diketahui juga bahwa didin tenda itu memiliki bahan yang tipis, karena berguna untuk menjaga sirkulasi udara di dalam tenda lo sendiri.

Lap Bagian Luar Tenda

 

Setelah lo selesai menyirami bagian luar tenda lo, ada baiknya untuk menggosoknya dengan spons atau kain yang sudah diberikan sabun bro. Dan pastikan semua bagian tenda sudah tergosok secara menyeluruh yaa bro.

Perlu diingat juga untuk selalu menggunakan alat gosok dengan permukaan yang halus. Hal ini penting karena untuk mencegah tenda lo robek atau terseset bro.

Jangan Gunakan Deterjen

Ilustrasi Sabun Cair. Credit: https://www.iconexperience.com/

Untuk menjaga kebersihan tenda memang ada baiknya untuk menggunakan sabun bro. Cuman selalu diperhatikan jenis sabun yang lo gunakan nantinya yaa. Karena tidak semua jenis saun aka cocok untuk tenda lo.

Jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen yaa bro. Karena deterjen sendiri mengandung sebuah zat yang dapat membuat tenda lo menjadi lemas, yang nantinya akan berdampak pada pemakaian di alam liar.

Jadi sabun yang cocok untuk digunakan adalah sabun colek, sabun bubuk dan sabun cair bro. Gosok terus yaa bro sampai bersih tenda dome lo

Lap Bagian Dalam Tenda

Ilustrasi Pembersihan Bagian Dalam Tenda. Credit: http://www.centropala.org/

Setelah lo selesai membersihkan bagian luar tenda lo, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalammnya juga ya bro. Nah, untuk bagian dalamnya terdapat terpal yang terbaut, itu bagian itu sebenarnya bisa saja lo gunakan deterjen untuk membersihkannya.

Dan selalu di ingat untuk membersihkan bagian alas dengan sabun, pokoknya semua bagian dalam tenda tidak boleh luput dari pembersihan yang lo lakukan yaa bro.

Keringkan Tenda Lo

Ilustrasi Tenda Dome. Credit: https://myparadizee.com/

Setelah selesai melakukan pembersihan terhadap tenda lo, ada baiknya lo untuk melakukan pengeringannya juga yaa bro. Hal ini bisa lo lakukan dengan menggunakan canebo atau handuk kering. Tergantung lo lebih nyamannya gimana.

Dan setelah lo selesai mengeringkan tenda dengan canebo atau handuk kering, tenda lo itu boleh langsung lo keringkan dengan cara di angin-anginkan. Hindari pengeringan dengan cara langsung terkena terik sinar matahari yaa bro.

Jangan Lupa Bersihkan Frame

Ilustrasi Frame Tenda. Credit: https://www.aliexpress.com/

Hal terakhir yang harus selalu lo ingat ialah untuk membersihkan bagian frame dari tenda lo bro, karena dari frame yang kotor akan meninggalkan karat. Dan lama-lama dari karat tersebut akan membuat kondisi frame akan melemah dan tidak layak lagi untuk digunakan.

Selain dengan mencuci ada hal lain yang penting untuk lo ketahui bro. Adalah selalu membersihkan barang-barang lo setelah melakukan kegiatan outdoor. Yang terpenting adalah selalu memperhatikan kondisi tenda lo secara menyeluruh setelah terkena hujan.

Karena dari air hujan itu sendiri menyimpan zat yang dapat merusak segala jenis komponen, dan dapat meninggalkan karat yang membandel bro.

Satu hal lagi nih bro yang hampir lupa untuk di informasikan, ialah selalu menyimpan tenda lo di tempay yang kering dan jauh dari sinar matahari yaa bro. Karena hal ini akan membantu lo dalam merawat tenda lo.

Jadi gimana bro dari informasi-informasi di atas apakah dapat membantu lo dalam merawat tenda dome kesayangan lo? Ooo iya, untuk mencapai kondisi tenda yang selalu maksimal, perawatan di atas harus dilakukan secara berkala yaa bro.

Ternyata untuk menjadi seorang petualang yang sejati bukan hanya sisi keberanian saja loh bro yang harus selalu ditingkatkan. Sisi lo untuk bisa merawat suatu barang adalah salah satu faktor yang bisa membuat untuk menjadi seorang petualang yang sejati.

Teruslah semangat untuk mengkobarkan jiwa petualang lo bro!


Please login to comment
6 COMMENTS
Endang P
March 11, 2018 at 8:30 AM

Keren info y


Muhammad muhlis
March 17, 2018 at 3:00 PM

Makasih infonya


Muhammad muhlis
March 20, 2018 at 12:43 AM

Info yang manfaat bangett


yogo purwanto
March 27, 2018 at 8:31 AM

mantap btt


Endang P
March 28, 2018 at 8:11 AM

mantap bgt


Muhammad muhlis
April 1, 2018 at 2:00 AM

Keren bangett