MAR 10, 2018

5 Suku Yang Mempunyai Tato Sebagai Identitas Dan Jati Diri Mereka

Bro, lo sedang berpetualang ke daerah-daerah pedalaman dan bertemu suku yang mendiami tempat tersebut, kenali dari jenis tatonya bro!


Perhiasan di tubuh umumnya digunakan untuk mempercantik dan memperindah salah satu bagian tubuh tersebut, misalnya, tangan, kaki, hingga jemari. Perhiasan tersebut biasanya dibuat dari berbagai macam jenis, dari bebatuan mulia, kayu, hingga kain.

Namun, ada satu jenis perhiasan, yang tidak biasa nih bro. Perhiasan ini menempel melekat di kulit lo langsung, sehingga tidak akan hilang atau tercecer di mana-mana. Perhiasan ini juga sudah dari dahulu, mungkin saat zaman para nenek moyang, mereka sudah memakainya.

Hal ini dibuktikan oleh para suku-suku di Indonesia, dan di berbagai belahan dunia lainnya, masih memakai perhiasan ini. Perhiasan yang bukan sembarang perhiasan. Perhiasan yang sudah menjadi identitas jati diri. Sehingga ke manapun mereka melangkah, mereka akan tetap pada jati dirinya.

Perhiasan tersebut adalah tato. Bro, sebelumnya tato dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia, namun seiring berjalannya waktu, tato menjadi salah satu gaya hidup di Indonesia, khususnya anak muda. Berbagai jenis, warna serta gambar bisa dijadikan tato.

Namun, tato yang original, adalah mereka yang dari pedalaman. Tato yang mempunyai nilai sejarah tinggi, tato yang menjadi identitas, hingga tato yang sudah menjadi adat istiadat setiap suku. Bro, bahasan kali ini akan mengulas tentang 5 suku yang mempunyai tradisi dan bentuk tato yang menjadi identitas mereka.

Oke, langsung saja ya bro, suku pertama yang mempunyai tato dengan ciri khas mereka adalah Suku Mentawai.

Tato Dari Suku Mentawai

Tato Dari Suku Mentawai. credit photo: sportourism.id

Berlokasi di Sumatera Barat, tepatnya di Kepulauan Mentawai, suku Mentawai mentato diri mereka dengan motif atau bentuk “Titi”. Dan suku Mentawai punya panggilan khusus bagi seseorang didalam suku mereka yang pandai membuat tato, yaitu “Sipatiti”.

Suku Mentawai mempunyai beberapa gambar dan motif tato yang menjadi identitas mereka. Gambar dan motif tersebut pun mempunyai cerita dan filosofi masing-masing. Motif dan gambar tato yang khas dari Suku Mentawai adalah batu, hewan, tumbuhan, busur, mata kail, duri rotan, tempat sagu, dan binatang ternak.

Suku Mentawai percaya gambar serta motif tersebut adalah lambang dari keseimbangan dan keindahan alam yang mereka diami. Seni tato dari Suku Mentawai dinilai adalah seni tato tertua di Dunia, bahkan lebih tua dari seni tato di Mesir.

Seni tato khas Suku Mentawai ini akan sering lo lihat di Desa Madobak, Ugai, dan Matotonan yang berada di hulu Sungai Siberut Selatan, Pulau siberut, Kepulauan Mentawai, Sumatera.

Selanjutnya, suku kedua yang akan dibahas karena seni tatonya, adalah suku Dayak, Kalimantan.

Tato Dari Suku Dayak

Tato Dari Suku Dayak. credit photo: jjsbatur7.blogspot.com

Suku Dayak dari Kalimantan juga terkenal akan khas seni tatonya. Mereka yang masih menato bagian tubuhnya adalah Suku Dayak Iban, Suku Dayak Tunjung, Suku Dayak Daratan, Suku Dayak Kenyah, dan Suku Dayak Kayan.

Menurut kepercayaan Suku Dayak, mereka yakin bahwa tato di tubuh mereka dapat menangkal atau mengusir hal-hal buruk yang ada di dalam tubuh mereka, atau yang akan menuju ke mereka. Selain itu, tato menurut Suku Dayak adalah perlambang status sosial, dan peribadatan.

Suku Dayak, khususnya laki-laki, akan membuat tato di tubuh mereka biasanya setelah memenangkan peperangan, dan juga sebagai identitas kesukuan. Oleh karena itu, bentuk serta motif tato khas Suku Dayak terkenal daya tariknya yang magis.

Kemudian, suku dari Indonesia yang juga mempunyai ciri khas tato adalah Suku Moi, Sorong, Papua Barat.

Tato Dari Suku Moi

Tato Dari Suku Moi. credit photo: beyoung.com

Sudah membuat tato dari tahun 1500 SM, tato dari Suku Moi terkenal motif dan bentuknya yang indah dan kaya akan cerita serta sejarah. Bentuk garis tipis dan tebal, bentuk geometris lainnya adalah sebuah sejarah dari Suku Moi.

Sama seperti dua suku di atas yang sudah dijelaskan, Suku Moi juga membuat tato di tubuh mereka sebagai bentuk identitas, jati diri mereka. Suku Moi membuat tato tidak hanya dibagian tubuh yang umum saja. Mereka juga membuat tato di kelopak mata, pipi, dan pinggul.

Namun sayangnya, karena dianggap kuno dan sudah hampir dimakan zaman, seni tato Suku Moi ini terancam punah karena generasi penerusnya sudah hampir tidak ada yang mengikuti tato tersebut.

Suku keempat yang mempunyai ciri khas tato adalah Suku Maori, dari Selandia Baru.

Tato Dari Suku Maori

Tato Dari Suku Maori. credit photo: idrus.co

Suku Maori, yang sudah diakui dan dinyatakan sebagai penduduk pertama dan asli di Selandia Baru, juga mempunyai ciri khas tato yang melekat di tubuh mereka. Tato yang mereka buat adalah sebuah catatan sejarah yang sudah dilakukan oleh orang tersebut, semisalnya mereka menang perang dengan suku atau penduduk lain.

Oleh karena itu, semakin banyak tato yang ada di tubuh mereka, maka orang dari Suku Maori tersebut akan semakin terhormat. Tato dengan motif binatang hingga tribal ini menjadi ciri khas dari Suku Maori.

Dan yang terakhir, suku yang mempunyai ciri khas dalam tato adalah Suku Indian, Amerika Serikat.

Tato Dari Suku Indian

Tato Dari Suku Indian. credit photo: mojportal.mk

Berbeda dari beberapa suku di atas, Suku Indian biasanya mempunyai tato di tubuh mereka yang sama sesuai dengan wajah mereka. Tato tersebut biasanya hanya dimiliki para pemimpin suku tersebut. Tato ini juga memperlambangkan kejantanan.

Biasanya para lelaki yang berhasil menaklukan suku lain, akan dibuatkan tato sebagai tanda penghormatan, dan lambang ia mempunyai sebuah kekuasaan. Tato dari Suku Indian ini sangat khas, oleh karena itu, tato tersebut juga menjadi ciri khas dan identitas jati diri mereka.

Nah bagaimana nih bro, apakah lo juga ingin membuat lukisan di tubuh lo seperti suku-suku di atas yang sudah dijelaskan? Beberapa fakta di atas juga akan memudahkan lo, jika kebetulan lo sedang main ke salah satu tempat yang dihuni oleh suku di atas. Sehingga dengan mudah lo akan mengenali mereka sebagai penduduk asli tempat tersebut.

 

Source

Feature Image - blog.misteraladin.com


Please login to comment
4 COMMENTS
Deni alamsyah
March 10, 2018 at 10:40 PM

Info Keren and exstreem tanks...sob


Endang P
March 13, 2018 at 8:19 AM

lambang identitas


Kurniawati
March 13, 2018 at 8:55 AM

mantaf djiwa kakak


Hengky kik
March 26, 2018 at 2:27 AM

Tatto bukan kriminal , tatto adalah jati diri