MAR 10, 2018

Kopi Toraja, 4 Fakta Dari Sang Legenda Sulawesi Yang Sudah Mendunia!

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Kopi Toraja memang salah satu yang terenak di dunia. Apa lo siap berpetualang ke tanah Sulawesi demi mendapatkan cita rasa asli dari Kopi Toraja?


Bro, main-mainlah ke dataran tinggi di Sulawesi. Cuti dari rutinitas, ambil backpack, berkemas secukupnya dan berangkatlah lo ke sana. Loh kenapa, lo pecinta kopi, kan? Sudah saatnya lo berpetualang mencari salah satu kopi terenak yang sudah diakui di dunia kopi internasional.

Betul bro, salah satu kopi terenak di dunia berasal dari Indonesia, tepatnya di dataran tinggi Sulawesi. Perkenalkan bro, sebuah mahakarya dari Sulawesi, Kopi Toraja. Terkenal dengan karakter rasa yang tidak bisa disamakan dengan yang lainnya, dan juga keunikan dari setiap tetes rasanya, membuat para pecinta kopi beramai-ramai datang langsung ke tempat biji kopi ini berasal.

Dan mereka mengakui, bahwa keagungan Kopi Toraja, memang benar adanya seperti itu.

Nah, lo tidak mau ketinggalan, kan? Oleh karena itu, berangkat sekarang!

Bro, lo tahu mengapa si Kopi Toraja ini sangat terkenal di dunia? Untuk mengetahui hal tersebut, duduk manis, buat secangkir kopi untuk menikmati akhir pekan lo ini, dan silahkan simak ulasan kali ini.

Jadi, hal pertama yang membuat Kopi Toraja ini dikenal salah satu yang paling enak di mata internasional adalah Kopi Toraja, awalnya terkenal di Jepang.

Fakta Pertama – Berawal Terkenal Di Jepang

Kopi Toraja Terkenal Di Jepang. credit photo: torajacoffeeblack.blogspot.com

Anehnya, Kopi asli dari Indonesia ini malah terkenal di Nusantara sendiri pada saat menjelang akhir tahun 70an. Padahal, di Jepang, pada tahun 1930 – Kopi Toraja sudah menjadi minuman yang mempunyai gengsi tinggi.

Kopi Toraja di Jepang dianggap dan dinilai sebagai minuman mewah. Tidak sembarang orang bisa beli biji kopi asli dari Indonesia ini. Oleh karena itu, prestisius nya Kopi Toraja mulai menyebar ke seluruh berlahan dunia. Dan memang, pada akhirnya serta sampai sekarang, Kopi Toraja masih dinilai menjadi salah satu yang paling enak di mata internasional.

Kemudian, fakta kedua yang bisa lo ketahui dari Kopi Toraja adalah kehadiran jenis Robustanya.

Tidak Hanya Arabika, Kopi Toraja Ada Yang Robusta

Kopi Toraja Robusta. credit photo: bisnis.liputan6.com

Sebagai salah satu jenis kopi arabika terbaik di dunia, jenis robusta untuk Kopi Toraja masih ada dibayangan sang arabika. Namun, lambat laut, banyak sudah yang mengakui bahwa robusta dari Kopi Toraja, tidak kalah enak dari si arabika.

Kopi Toraja jenis robusta mempunyai kadar kafein yang tinggi dan tingkat keasaman yang rendah. Jadi, robusta ini sangat cocok buat lo yang suka dengan espresso. Secangkir espresso dari biji Kopi Toraja berjenis robusta, dijamin akan mendongkrak tenaga lo!

Selain itu, karena tingkat keasamannya yang rendah, rasa lain yang muncul adalah rasa rempah-rempah. Oleh karena itu, robusta dari Kopi Toraja juga menjadi salah satu jenis biji kopi terenak di mata internasional.

Nah bro, selanjutnya fakta ketiga dari Kopi Toraja yang membuat kopi ini sangat terkenal di dunia dan menjadi salah satu favorit bagi kebanyakan orang adalah, melekatnya dengan tradisi masyarakat setempat.

Melekat Dengan Tradisi Masyarakat Setempat

Tari Petik Kopi. credit photo: stylianouson.com

Tradisi yang dimaksudkan di sini adalah tradisi Tari Petik Kopi. Masyarakat setempat, bahkan membuat sebuah tarian sebagai bentuk rasa syukur mereka terhadap keyakinan masing-masing bahwa kopi mereka adalah salah satu kopi terenak dan terkenal.

Tari Mallatu Kopi – nama asli dari tradisi menari tersebut. Tarian ini biasanya dipentaskan saat para petani kopi akan memetik hasil tanam mereka. Riuh semaraknya tradisi ini juga menjadi daya tarik para petualang, baik petualang lokal dan mancanegara.

Banyak yang dari mereka datang ke sini dengan waktu saat para petani ingin memetik hasil tanam mereka hanya untuk melihat bagaimana melekatnya Kopi Toraja dengan masyarakat setempat.

Dan fakta terakhir dari Kopi Toraja adalah yang terenak, bukan berarti yang paling mahal.

Enak Iya, Mahal Relatif!

Kopi Toraja. credit photo: caffedono.nl

Tidak seperti kopi-kopi mewah lainnya, Kopi Toraja walaupun mewah, tapi semua kalangan bisa menikmatinya. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik para pecinta kopi bahwa Kopi Toraja adalah milik semua pecinta kopi dari berbagai kalangan.

Justru dengan kerendahan hati Kopi Torajalah yang mengantarkan biji kopi tersebut menjadi salah satu kopi terenak di dunia.

Nah bro, bagaimana nih, apa lo sudah semakin penasaran dengan Kopi Toraja. Konon katanya bro, mengejar Kopi Toraja sampai ke tanah kelahirannya adalah sebuah petualangan dengan pengalaman yang luar biasa bro.

Dengan adanya petualangan ini, pasti jiwa petualang lo sudah memanggilkan? Banyak dari para petualang, traveller bahkan sampai turis baik dari domestik dan mancanegara sudah membuktikan Kopi Toraja langsung dari tanah kelahirannya.

Kopi Toraja. credit photo: kopidaeng.com

Dan mereka sepakat bahwa perjalanan serta petualangan yang mereka lalui, sepadan dengan nikmatnya Kopi Toraja, yang langsung diproses dari tanah kelahirannya tersebut. Wah, kalau sudah seperti ini, dijamin lo juga sudah makin penasaran sih dengan cita rasa Kopi Toraja.

Kopi Toraja menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi setiap orang yang baru memulai akan minum kopi bro. Dengan berbagai metode brewing, Kopi Toraja bisa dibuat dengan cita rasa yang khas. Cita rasa tanah Toraja, tradisi, hingga kehangatan tangan masyarakat Toraja, bisa dirasakan di secangkir kopi tersebut.

Bro, sudah hela nafas dan mengecap liur lo? Terbayang bagaimana rasanya menikmati kopi yang diagungkan di mata dunia internasional. Silahkan atur perjalanan lo menuju Toraja bro. Di sini banyak sudah resort, hotel, bahkan homestay yang akan menampung lo selama berpetualang di tanah Toraja ini.

Karena semangat petualanga lo sudah muncul, siapkan tiket menuju Toraja, dan langsung saja berangkat bro!

 

Source

Feature Image - kaaget.com


Please login to comment
9 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 11, 2018 at 2:18 AM

KOPI MEMANG TIDAK PERNAH BOHONG


Sunaryo Widodo
March 11, 2018 at 2:19 AM

AJIB... WAJIB DI COBA...


Endang P
March 13, 2018 at 8:19 AM

kopi ya mantap


Kurniawati
March 13, 2018 at 8:54 AM

mantaf djiwa kakak


Muhammad muhlis
March 20, 2018 at 12:41 AM

Mantaffffffffff


Imam Rosyidi
March 20, 2018 at 2:16 PM

ngopi woey ngopi .. diem diem bae . ????


Dyastantya Ekmawanto
March 20, 2018 at 6:33 PM

Pokoknya WAJIB nyobain kopi Toraja


Muhammad muhlis
March 22, 2018 at 1:53 AM

Mantafff


Hengky kik
March 26, 2018 at 2:29 AM

nampah ilmu dan pengetahuan tentang kopi