MAR 12, 2018

Gunung Merapi, Sang Misteri Dengan 5 Fakta Tentangnya Yang Melegenda

Bro, sudah pernah tentang Gunung Merapi? Sang legenda dari tengah Pulau Jawa ini mempunyai beberapa fakta di dalamnya nih bro. Sebelum lo mulai pendakian, simak bahasan kali ini ya!


Sebuah legenda dari tengah Pulau Jawa ini memang sudah terkenal baik lokal Indonesia serta mancanegara. Oleh karena itu, legenda yang dibalut dengan keindahan alamnya mampu mendatangkan banyak petualang yang ingin menyaksikan sendiri bagaimana kepastian dari legenda tersebut.

Disebut-sebut juga sebagai salah satu pintu gerbang yang menuju ke dunia lain yang bersisian dengan dunia manusia pada umumnya, legenda ini justru mampu membawa banyak petualang untuk mendakinya.

Wah, apa lo sudah penasaran dengan legenda yang dimaksud? Legenda yang penuh misteri dan tidak banyak orang yang mampu menguasai atau mengerti dari misteri tersebut. Namun begitu, tidak sedikit petualang yang ingin menaklukan legenda ini.

Bro, perkenalkan, legenda dari tengah Pulau Jawa, Gunung Merapi. Ya bro, bahasan kali ini akan mengulas tentang bagaimana Gunung Merapi, bisa menjadi salah satu daya tarik magis yang ada di Pulau Jawa.

Gunung Merapi sudah menjadi salah satu daftar petualangan hampir setiap petualang. Banyak dari mereka yang percaya bahwa menaklukan Gunung Merapi merupakan pengalaman yang tidak bisa disamakan dengan pendakian gunung lainnya.

Nah bro, sebelum lo mendaki sebuah legenda yang indah di tengah Pulau Jawa ini, ada baiknya lo simak bahasan kali ini yang akan mengupas lima fakta dibalik Gunung Merapi. Oke, fakta pertama yang perlu lo ketahui dari Gunung Merapi adalah sebuah gunung yang paling aktif di Indonesia.  

Fakta Pertama – Merapi, Gunung Paling Aktif Di Indonesia

Status Aktif Gunung Merapi. credit photo: sewarga.com

Status yang masih terus terbilang aktif adalah sebuah hal yang sangat penting ketika lo mempunyai rencana untuk menaklukan legenda yang penuh dengan misteri ini. Erupsi besar terakhir yang gunung ini lakukan pada saat tahun 2010 silam.

Bahkan erupsi di tahun tersebut sampai membuat sang juru kunci, Mbah Maridjan, kehilangan nyawanya. Hal ini juga menjadi daya tarik para petualang, karena banyak orang menganggap erupsi yang sampai merenggut nyawa sang juru kunci adalah misteri yang menarik untuk dipecahkan.

Gunung Merapi seperti punya siklus letusan, yaitu setiap lima tahun sekali. Walau tidak presisi setiap lima tahunnya, namun jarak dari tahun 1998, 2001-2003, 2006 dan sampai 2010, menguatkan fakta siklus lima tahunan erupsi Gunung Merapi.

Kemudian, fakta kedua yang perlu lo ketahui dari Gunung Merapi adalah pemandangan alam yang indah, namun tidak seindah yang biasanya diekspektasikan.

Fakta Kedua – Merapi Dengan Pemandangannya

Pemandangan Di Gunung Merapi. credit photo: majalahkartini.co.id

Tidak banyak spot yang bisa dinikmati keindahannya di Gunung Merapi. Gunung legenda ini mempunyai tinggi bahkan tidak genap 3.000 mdpl. Hal ini juga ditambah dengan aktifitas erupsinya yang membuat tidak banyak tanaman untuk tumbuh di sini.

Lo mengharapkan bertemu dengan bunga edelweiss? Sepertinya lo harus mendaki gunung lain untuk bisa menikmati pemandangan alam tersebut. Yang bisa lo temui di sepanjang pendakian Gunung Merapi adalah bebatuan vulkanik dengan berbagai ukuran.

Selain itu, untuk pendakiannya, lo tidak akan menemui jalur-jalur panjang seperti ang bisa lo temui di pegunungan lainnya. Namun, Gunung Merapi sangatlah cocok bagi lo penikmat rute-rute terjal. Gunung Merapi menyediakan jalur-jalur luar biasa yang bisa membuat para petualang berdecak kagum akan rute atau jalur tersebut.

Selanjutnya, selain jalur pendakiannya yang istimewa terjalnya, Gunung Merapi menyediakan spot yang sangat penuh dengan misteri.

Fakta Ketiga – Merapi, Sang Penuh Misteri

Misteri Di Gunung Merapi. credit photo: lensaboyolali.com

Misteri-misteri yang ada di Gunung Merapi juga patut lo pertimbangkan bro. Namun, misteri yang terkenal dengan nilai mistisnya yang tinggi tersebut justru berhasil menarik banyak petualang untuk membuktikannya.

Salah satu spot yang paling terkenal dan paling tinggi nilai mistisnya adalah Pasar Bubrah. Nah, sudah heran kan lo mengapa di tengah-tengah gunung ada sebuah pasar? Jadi begini bro, banyak yang sudah mengalami kejadian mistis saat melalui spot ini.

Kejadian mistis tersebut digambarkan lo akan menemui sebuah pasar. Pasar tradisional yang ramai akan aktifitas jual beli. Disarankan jika lo menemui hal mistis ini, lo tidak perlu membeli barang apapun dari penjual manapun. Banyak para petualang yang terkecoh dan mereka merasa masuk ke alam “mereka”.

Nah, walau semistis itu, Pasar Bubrah malah menjadi daya tarik para petualang untuk menaklukan Gunung Merapi ini.

Oke bro, fakta selanjutnya adalah Gunung Merapi pasti mempunyai juru kunci.

Fakta Keempat, Merapi Yang Selalu Punya Juru Kunci

Juru Kunci Gunung Merapi. credit photo: 2ndnews.wordpress.com

Terkenal menghiasi media televisi Indonesia, Mbah Maridjan menolak dievakuasi saat erupsi terakhir Merapi di tahun 2010 yang akhirnya merenggut nyawa satu-satunya. Pada saat itu, Gunung Merapi kehilangan juru kuncinya.

Namun, kehilangan tersebut tidak berlangsung lama karena putra dari Mbah Maridjan segera diangkat menjadi juru kunci selanjutnya. Juru kunci Merapi terbaru berjuluk  Mas Asih. Kini, Gunung Merapi mempunyai juru kunci penerusnya.

Dan fakta terakhir yang bisa dikenang dari Gunung Merapi adalah Puncak Garuda yang sangat terkenal pada zamannya.

Fakta Kelima – Memori Abadi Untuk Puncak Garuda

Puncak Garuda Gunung Merapi. credit photo: phinemo.com

Puncak Garuda adalah puncak tertinggi dari Gunung Merapi. Sebelum erupsi terbesarnya di tahun 2010 lalu, Puncak Garuda merupakan salah satu puncak gunung yang dibanggakan di Indonesia. Pasalnya, di puncak tersebut ada sebuah batu yang menjulang membentuk burung Garuda.

Banyak para petualang yang memimpikan untuk bisa mengabadikan dirinya dengan latar belakang Puncak Garuda tersebut. Namun, alam sudah berkata berbeda, kini, Puncak Garuda hanya tinggal kenangan.

Yap! Bagaimana bro, lima fakta di atas yang sudah memperkenalkan lo dengan Gunung Merapi, sang legenda dari Jawa Tengah yang penuh mistis. Bro, tetap kobarkan api semangat petualang lo dan langsung saja berangkat untuk membuktikan sendiri bagaimana petualangan dan keindahan dari Gunung Merapi!

 

Source

Feature Image - vonvon.id


Please login to comment
3 COMMENTS
Kurniawati
March 12, 2018 at 12:42 PM

mantap jiwa banget


Sunaryo Widodo
March 13, 2018 at 3:33 AM

Mantap keren banget


Ridwan Iswanto
March 14, 2018 at 6:17 PM

merapi tak pernah ingkar janji