MAR 12, 2018

Keistimewaan Pura Ulun Danu Bratan Beserta Isinya

Keindahan alam yang ada di Bali seakan tidak ada habis-habisnya yaa bro. Belum lagi dengan budayanya yang kaya serta beragam. Dan terdapat pula sebuah pura yang menjadi daya tarik wisatawan untuk selalu hadir di Bali. Ingin tahu pura apakah itu? Silahkan cek informasinya di bawah ini bro!


Bro sebagai negara yang memiliki berbagai jenis keindahan budaya dan alamnya yang indah, tidak menutup kemungkinan untuk kita mempunyai rasa saling menghargai yang tinggi yaa bro. Dengan rasa saling menghargai yang tinggi itu pastinya akan mendatangkan suatu kerukunan yang memang akan sangat tentram bro.

Semua hal itu bisa kita mulai dari diri kita sendiri, karena kalau bukan mulai dari dalam diri kita sendiri darimana kita akan memulai hal tersebut bro. Untuk itu di artikel kali ini kita akan membahas sebuah tempat yang sangat indah dan menyimpan sebuah budaya yang tentunya indah juga bro.

Kita akan membahas mengenai sebuah pura dimana pura ini sangat menarik banyak wisatawan untuk datang hanya sekedar untuk melihatnya atau benar-benar ingin merasakan keindahan dari pura itu sendiri. Dan pura itu berada di pulau yang memiliki segudan keindahan alam dan budaya yaitu Pulau Dewata Bali.

Dan untuk pura yang akan kita bahas adalah Pura Ulun Danu Bratan.  Candi yang merupakan salah satu candi air terbesar ini terletak di tepi barat laut dari Danau Bratan di pegunungan dekat Begudul. Untuk aktifitas di pura ini termasuk masih aktif loh bro untuk urusan upacara adat maupun agama. Karena tempat ini masih digunakan untuk upacara persembahan Dewi Danu, Dewi Air, Dewi Danau dan Dewi Sungai.

Keindahan Pura Ulun Danu Bratan. Credit: accessibleindonesia.org/

Hal utama yang menjadi daya tarik dari pura ini adalah dari keindahan pemandangan alam yang ada di sana. Karena dari hal simple ini, lo dapat menikmati suasana yang ditawarkan oleh alam di sana. Lalu di tambah pula dengan udara sejuk yang memikat lo untuk semakin merasakan ketenangan jiwa.

Ditambah pula dengan keramahan dari warga sekitar yang akan sangat ramah menyambut kedatangan lo serta juga menambah kenyamanan yang akan lo dapatkan di sana. Bukan hanya itu aja loh bro masih banyak hal lain yang bisa lo dapatkan di tempat ini.

Tempat yang sebenarnya merupakan tempat suci bagi umat Hindu ini harus selalu lo jaga yaa bro. Bukan hanya dari segi kebersihannya saja namun dari tingkah laku lo juga harus di jaga. Kembali lagi bro sifat saling menghargai harus selalu di junjung tinggi.

Keindahan Pura Ulun Danu Bratan. Credit: allindonesiatravel.com/

Yang serunya lagi nih, pada saat air pasang datang maka puranya itu sendiri terlihat seperti mengambang di tengah-tengah Danau Bratan yang indah. Jadi hal itu bisa menjadi konten lo dalam berfoto bro. Ngomong-ngomong soal foto bro, tempat ini juga banyak sekali menyimpan spot-spot yang menguntungkan.

Jadi, buat lo yang memilki hobi fotografi jangan lupa untuk selalu siap sedia membawa kamera lo. Karena lo enggak bakalan tahu kalau tiba-tiba lo akan dihadapkan dengan sebuah momen yang indah yang akan sangat sayang sekali bila tidak di abadikan.

Mulai dari alamnya yang indah atau bisa saja tiba-tiba terjadi upacara kebudayaan atau agama yang seru dan patut untuk lo foto. Karena memang objek utama yang menarik untuk lo foto adalah si Pura Ulun Danu Bratan itu sendiri. Pokoknya lo enggak bakalan nyesel deh kalo bisa datang ke tempat ini bro.

Untuk dari segi sejarahnya bro, tentu saja tidak perlu diragukan lagi untuk usia dan nilai-nilai sejarah yang terdapat di tempat ini. Karena menurut arkeologi yang terdapat pada halaman depan pura ini terdapat beberapa benda peninggalan benda-benda bersejarah seperti Sarkofagus batu dan papan batu yang diperkirakkan sudah ada sejak jaman megalitikum. Yaa kira-kira berusia 500 tahunan lah bro.

Ilustrasi Sarkofagus. Credit: bocoransoalpelajaran.blogspot.co.id/

Dari situ juga kita bisa melihat bahwa pura ini telah melewati beberapa keberadaban manusia yang merupakan sesuatu hal yang memiliki nilai sangat tinggi bro. Bayangkan saja 500 tahun bro, bukan lo saja yang belum lahir, nenek dan kakek lo juga belum lahir bro. Jadi yaa tempat ini benar-benar merupakan tempat yang sakral.

Bukan hanya lo saja yang akan mendapatkan keramah tamahan serta kesopanan, namun lo juga harus memberikan hal tersebut kepada pura in bro. Untuk masalah fasilitas yang tersedia di tempat ini bro, menurut kita sih sudah lengkap kok.

Mulai dari kondisi kamar mandinya yang bersih, area parkirnya yang luas, beserta dengan adanya rumah makan yang tentunya akan mengisi kosongnya perut lo pada saat sedang di sana. Jadi tidak perlu khawatir bila tiba-tiba lo merasakan kelaparan bro.

Lalu lo juga bisa merasakan nikmatnya naik perahu di tengah danau yang indah itu, karena tersedia juga tempat penyewaan perahu yang tentunya akan menambah keseruan lo di sana. Dan untuk masalah penginapan lo enggak perlu pusing, tersedia beberapa tempat penginapan yang tentunya bisa lo sewa bro. Jadi cukup lengkap kan fasilitas yang ditawarkan.

Ilustrasi Naik Perahu Di Danau Bratan. Credit: rentalmobilbali.net/

Satu hal lagi yang penting untuk dibicarakan bro, yaitu segi transportasi yang akan lo gunakan untuk sampai di tempat tujuan ini. Bila lo menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, akan sangat mudah sekali. Lo tinggal gunakan aplikasi maps di smartphone lo untuk langsung mengarahkan ke Pura Ulun Bratan ini.

Namun untuk lo yang ingin menggunkaan jasa transportasi umum, lo bisa mencari tujuan akhir di Desa Candikuning. Setelah itu lo bisa menggunakan jasa ojek hingga menuju ke Jalan Begudul hingga sampai di tujuan akhir Pura Ulun Bratan.

Jadi gimana bro dengan informasi yang terdapat di atas, apakah cukup untuk bisa membuat lo sampai di tujuan Pura Ulun Bratan ini? Semoga bisa menjawab semua pertanyaan lo yaa bro. Dan perlu diingat juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian dari situs pariwisata ala mini. Kobarkanlah jiwa petualang lo dan teruslah bereksplorasi yaa bro!


Please login to comment
1 COMMENTS
Hengky kik
March 12, 2018 at 7:10 PM

kereeeee .....makasih infonya



LOCATION