MAR 11, 2018

Danau Sentani, Pintu Gerbang Menuju Nirwana Yang Berada Di Ujung Indonesia

Bro, salah satu pintu gerbang menuju nirwana ada di ujung timur Indonesia, tepatnya di Jayapura. Bro, perkenalkan Danau Sentani mempunyai berbagai keindahan di dalamnya.


Indonesia, negara maritim yang besar, jelas mempunyai spot-spot yang masih tersembunyi yang jarang terjamah oleh para petualang sekalipun. Kali ini, lo akan diperkenalkan salah satu pintu gerbang menuju nirwana yang berada di ujung timur Indonesia.

Apa? Lo menebak Taman Laut Bunaken? Bukan, bro. Raja Ampat? Kurang tepat bro, sedikit lagi. Salah satu pintu gerbang menuju nirwana yang ada di ujung timur Indonesia terletak di Jayapura. Sebuah danau yang sudah terkenal keindahannya baik lokal dan mancanegara.

Danau yang airnya dijadikan salah satu sumber mata air oleh masyarakat setempat, serta dikelilingi oleh perbukitan hijau nan indah, membuat pesona danau ini semakin tinggi. Banyak petualang dari mancanegara yang membuktikan sendiri bagaimana indahnya salah satu pintu gerbang nirwana yang ada di Indonesia.

Bro, perkenalkan, Danau Sentani. Sudah menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh setiap para petualang, Danau Sentani menyimpan berbagai keindahan yang masih terjaga kelestarian serta keindahannya.

Terletak di Ibu Kota Papua, yaitu Jayapura, membuat akses perjalanan ke sini semakin memudahkan para petualang yang ingin mengunjungi serta membuktikan keindahan dari Danau Sentani ini. Nah bro, salah satu keindahan pertama yang akan diulas dibahasan kali ini adalah Danau Sentani dihuni oleh 30 spesies ikan air awar, dan 4 diantaranya adalah spesies endemik.

30 Spesies Ikan Air Tawar, 4 Diantaranya Adalah Endemik

Spesies Endemik Danau Sentani. credit photo: gradwings.com

Bro, yang dimaksudkan dengan spesies endemik adalah lo tidak akan menemui ikan jenis tersebut di tempat lain. Artinya ikan tersebut benar-benar asli dari Danau Sentani. Memiliki tinggi 75 mdpl serta luas 9.360 hektar membuat Danau Sentani menjadi surga bagi berbagai jenis ikan air tawar.

Dan 4 dari berbagai jenis ikan air tawar tersebut adalah spesies endemik atau spesies asli dari Danau Sentani. Ikan Gabus Danau Sentani, Ikan Pelangi Danau Sentani, Ikan Pelangi Merah, dan Hiu Gergaji. Nah, lo mulai merasa aneh dengan ikan hiu gergaji ini kan?

Spesies endemik ini berhasil menjadi salah satu daya tarik utama dari berbagai jenis ikan air tawar yang ada di danau ini. Oleh karena itu, banyak para petualang, baik lokal dan mancanegara yang membuktikan sendiri bahwa hiu ini adalah fauna asli dari Danau Sentani.

Kemudian, keindahan kedua yang bisa lo nikmati di Danau Sentani adalah Perbukitan Hijau yang masih sangat asri, asli dan terjaga kealamiannya.

Perbukitan Hijau

Perbukitan Hijau Di Sekeliling Danau Sentani. credit photo: rakyatmerdeka.co

Perbukitan ini mempunyai daya tariknya sendiri karena berbentuk gelombang yang tersusun rapi. Oleh karena itu, perbukitan yang ditumbuhi oleh rerumputan hijau menjadi salah satu spot trekking favorit bagi para setiap petualang.

Perbukitan ini mengelilingi Danau Sentani. Berlatarbelakang pegunungan Cyclop, perbukitan ini benar-benar melengkapi keindahan dari Danau Sentani. Sayangnya, jarang ada yang membuka tenda dan bermalam di sini bro. Spot yang menjadi favorit berkemah di perbukitan hijau ini adalah tepat dipinggir Danau Sentani.

Danau Sentani memiliki event tahunan yang biasanya diselenggarakan pada bulan Juni. Event ini juga menjadi salah satu incaran para petualang karena keindahan harmoni dari masyarakat setempat yang merayakan.

Festival Danau Sentani Setiap Bulan Juni

Festival Danau Sentani Di Bulan Juni. credit photo: migasreview.com

Acara yang diisi dengan berbagai tarian khas masyarakat setempat, dimulai dari tarian perang sampai upacara adat seperti penobatan Ondoafi, menjadi daya tarik yang magis di Danau Sentani ini. Selain menjunjung tinggi nama budaya mereka, Festival Danau Sentani menjadi bukti mereka memelihara tanah para pendahulu mereka dengan damai dan tenang.

Hal tersebut dikarenakan bahwa sebelumnya pernah terjadi pertumpahan darah dengan saudara sendiri dikarenakan perebutan tanah kekuasaan di Danau Sentani. Oleh karena itu, Festival tersebut menandakan mereka sudah berdamai dengan masa lampau.

Keindahan selanjutnya yang bisa lo ketahui adalah arti di balik nama Sentani.

Arti Dari Nama Sentani

Arti Dari Nama Sentani. credit photo: redio.in

Arti dibalik dari nama Sentani sangatlah indah bro. Arti dari nama tersebut adalah junjungan tinggi untuk persatuan, khususnya di Papua, dan umumnya untuk Indonesia. Sentani memiliki arti “Di sini kami tinggal dengan damai”.

Sentani sendiri diberikan oleh seorang pendeta agama Kristen pada tahun 1898. Makna dari nama Sentani juga menjadi salah satu semangat untuk berpetualang keseluruh surga di Indonesia.

Keindahan terakhir yang bisa diceritakan ke lo adalah 22 pulau yang berada di dalam Danau Sentani.

22 Pulau Kecil Yang Tersebar Di Sekitaran Danau Sentani

Pulau Kecil Di Danau Sentani. credit photo: lingkarpapua.com

Danau Sentani berisi juga 22 pulau kecil yang menyebar di sekitaran danau tersebut. Beberapa pulau tersebut bahkan juga menjadi favorit para petualang untuk dikunjungi. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Asei. Pulau ini dipercaya oleh masyarakat setempatnya sebagai potongan dari seekor naga.

Masyarakat setempat bahkan percaya bahwa para pendahulu mereka adalah para penunggang naga. Mereka percaya bahwa leluhur mereka adalah ksatria penunggang naga. Salah satu buktinya adalah lukisan kayu yang mereka percayai sebagai peninggalan para leluhur mereka.

Nah bagaimana bro, dengan berbagai keindahan yang dimiliki oleh Danau Sentani, pantaslah danau ini diagungkan sebagai salah satu pintu gerbang menuju nirwana yang ada di ujung timur Indonesia.

Bro, saat yang tepat nih kalau lo ingin mengunjungi Danau Sentani saat musim kemarau. Air di danau tersebut akan terlihat lebih bening dibandingkan saat musim penghujan. Di sana, lo bisa buktikan sendiri bagaimana keindahan Danau Sentani yang melegenda.

Oke bro! Jangan lupa kobarkan terus semangat petualangan lo dan langsung saja packing, serta pesan tiket, lalu berangkat menuju Danau Sentani!

 

Source

Feature Image - Youtube.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
March 12, 2018 at 7:08 PM

kereen ....wisata di Timur Indonesia


Sunaryo Widodo
March 13, 2018 at 3:25 AM

Amazing... Syurga di Indonesia timur...