MAR 13, 2018

Pulau Gunung Api Banda, Sebuah Harmoni Indah Dari Indonesia Timur

Bro, bongkar daftar destinasi petualangan lo, karena ada sebuah potongan surga yang harus lo datangi nih, yaitu Pulau Gunung Api Banda!


Indonesia dengan predikat negara maritim yang sangat kaya akan keindahan alamnya, mempunyai ribuan gugusan pulau di dalamnya. Setiap gugusan pulau tersebut, bisa saja menyimpan keindahan sepotong surga dunia.

Bro, sepertinya lo harus membuka daftar destinasi petualangan lo lagi, nih. Hal ini dikarenakan ada salah satu gugusan pulau dari timur Indonesia yang juga wajib menjadi salah satu daftar destinasi petualangan lo.

Pulau ini sekilas terdengar tidak terlalu familiar, karena memang belum banyak para petualang yang datang ke sini. Itu artinya, potongan surga yang ada di pulau ini memang belum terjamah oleh banyak tangan petualang.

Potongan surga di pulau ini digambarkan oleh keunikan panorama alam, serta kondisi dan keadaan pulau tersebut. Bro, tidak panjang lebar lagi, perkenalkan, salah satu pulau yang ada di timur Indonesia, yang juga menyimpan potongan surga dunia, Pulau Gunung Api Banda.

Pada tahun 2005 lalu, Pulau Gunung Api Banda ini disebut sudah berada di bawah pengawasan UNESCO, karena sudah menjadi salah satu situs peninggalan sejarah dunia. Bro, mereka yang dari mancanegara saja sudah mengakui keindahan alamnya, sekarang giliran lo bro!

Dikenal Sebagai Pulau Rempah-Rempah

Pulau Gunung Api Banda. credit photo: blog.ivacanza.id

Pulau Gunung Api Banda sudah dikenal di mata internasional saat Indonesia masih berada di tangan kolonialisme. Saat itu, Pulau Gunung Api Banda tengah menjadi salah satu primadona bagi mereka. Hal ini dikarenakan Pulau Gunung Api Banda menjadi salah satu surga untuk mereka karena rempah-rempahnya.

Oleh karena itu, mereka, para kolonialis benar-benar memanfaatkan kondisi alam Pulau Gunung Api Banda. Mereka membawa rempah apapun yang menurut mereka bisa dipakai dinegaranya sendiri. Kondisi tanah vulkanik di Pulau Gunung Api Banda membuat tanaman rempah tumbuh subur dan mempunyai kualitas yang terbaik di kelasnya.

Berdasarkan hal tersebut, bahkan kolonialis menyebutkan Pulau Gunung Api Banda menjadi satu-satunya pemasok dan penyedia rempah-rempah yang berkualitas terbaik! Dan sampai sekarang, Pulau Gunung Api Banda masih menyediakan rempah-rempah tersebut, dan tidak untuk para kolonial karena Indonesia sudah merdeka.

Kemudian, daya tarik lainnya yang ada di pulau ini adalah sebuah Gunung Berapi yang statusnya masih terbilang aktif.

Gunung Api, Kepulauan Banda, Maluku

Gunung Api Di Pulau Banda. credit photo: pojoksatu.id

Dengan tanah vulkanis yang menyebar rata di seluruh pulau tersebut, memang tidak heran jika tumbuhan rempah bisa menghasilkan rempah dengan kualitas terbaik di kelasnya. Hal ini dikarenakan oleh gunung berapi yang ada di sini.

Pada tahun 1988 adalah letusan terakhir dari gunung api tersebut. Saat itu, langit di seluruh Kepulauan Banda diselimuti awan panas dan tebal. Letusan ini juga mengakibatkan kerusakan parah di ekosistem bawah lautnya.

Banyak terumbu karang dan berbagai jenis biota laut lainnya yang hancur karena letusan tersebut. Namun, uniknya, justru sehabis letusan tersebut, pertumbuhan dan perkembangbiakan ekosistem bawah laut Pulau Gunung Api Banda menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Walau terbilang gunung api tersebut masih aktif karena statusnya, namun, belum ada aktifitas gunung api yang harus membuat masyarakat setempat waspada. Pulau Gunung Api Banda ini juga dilengkapi keindahannya dengan bangunan-bangunan benteng tua peninggalan para kolonialis.

Potongan Surga Di Bawah Pulau Gunung Api Banda

Diving Di Lava Flow, Pulau Gunung Api Banda. credit photo: kaskus.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, letusan gunung api tersebut memang pernah menghancurkan terumbu karang beserta ekosistem laut lainnya. Namun sekarang, kondisi tersebut sudah jauh berbeda total.

Sekarang ini ada 120 lebih jenis terumbu karang yang hidup sehat dan cantik di Pulau Gunung Api Banda. Keindahan terumbu karang di sini sudah tidak bisa diragukan lagi, karena banyak sudah yang mengakui keindahannya.

Keindahan alam bawah laut Pulau Gunung Api Banda sudah sampai mancanegara, bro. Salah satu spot snorkeling, diving dan scuba diving yang terkenal di Pulau Gunung Api Banda adalah Lava Flow. Di Lava Flow, lo akan melihat berbagai terumbu karang dan biota laut lainnya endemik Indonesia Bagian Timur.

Itu artinya beberapa terumbu karang dan biota laut yang hidup di sana, tidak bisa lo temukan di sembarang tempat. Hal ini dikarenakan keaslian dari si terumbu karang berikut biota laut lainnya.

Kecantikan Maluku Dari Atas Gunung Api Banda

Pemandangan Dari Atas Gunung Api Banda. credit photo: terasmaluku.com

Selesai berpetualang di bawa laut, simpan tenaga lo sejenak untuk mendaki Gunung Api Banda. Mempunyai ketinggian 656 meter, Gunung Api Banda menawarkan pemandangan alam Maluku yang seutuhnya.

Pendakian yang singkat juga menjadi salah satu keuntungan berpetualang di sini, bro. Pendakian Gunung Api Banda tidak memakan waktu sampai berjam-jam. Cukup 1,5 jam sampai 2 jam, lo sudah bisa menikmati pemandangan alam Maluku secara keseluruhan.

Namun, perlu lo ingat nih bro, disarankan lo mendaki gunung api ini saat pagi-pagi saja. Hal ini dikarenakan gas beracun atau belerang yang masih suka keluar dari dalam gunung, karena statusnya yang masih aktif.

Dan daya tarik terakhir yang bisa lo nikmati di Pulau Gunung Api Banda adalah surga kuliner khas Indonesia timur, bro!

Surga Kuliner Khas Indonesia Timur

Ilustrasi Kuliner Di Pulau Gunung Api Banda. credit photo: majalahkartini.co.id

Di sini lo akan disuguhkan berbagai kuliner khas Indonesia timur, bro. Dari kue-kue dan makanan kecil lainnya, hingga papeda yang ditemani oleh ikan kuah kuning khas masyarakat setempat. Selain itu, lo juga bisa menikmati berbagai kuliner berbahan dasar biota laut yang bisa dimakan.

Wah, kuliner khas Indonesia timur pasti dengan mudah bisa menggugah selera makan lo nih!

Nah, bagaimana nih bro? Sudah semakin penasaran lo dengan Pulau Gunung Api Banda ini? Langsung saja nih bro, lo packing secukupnya, cuti dari rutinitas pekerjaan, siapkan budget dan langsung saja berangkat ke Pulau Gunung Api Banda!

Sampai ketemu di sana, bro!

 

Source

Feature Image - goodnewsfromindonesia.id


Please login to comment
1 COMMENTS
Muhammad muhlis
March 14, 2018 at 10:00 AM

Salah satu trip impianku