MAR 13, 2018

4 Olahraga Tradisional Indonesia Yang Sudah Mendunia Bro!

Selain dari keindahan alam yang kaya, ternyata Indonesia juga memilki beberapa pilihan olahraga yang menarik dan kerennya lagi sudah mendunia loh bro. Jadi langsung aja nih bro informasi-informasi yang perlu l ketahui dari olahraga tradisional yang kita miliki bro!


Olahraga merupakan sesuatu hal yang akan sangat seru sekali yaa bro bilamana bisa dilakukan. Selain dapat menyegarkan badan lo olahraga juga dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat stress lo bro. Jadi kalau misalkan lo lagi mumet dengan keseharian lo, coba aja untuk rehat sebentar lalu lo lari atau melakukan aktifitas olahraga. Pasti deh rasa mumet lo akan hilang bro.

Nah, karena dari olahraga itu sendiri memilki banyak cabang yang menarik untuk dimainkan seperti sebakbola, bola basket dan bulu tangkis, apakah lo tahu olahraga tradisional yang dimilki oleh Indonesia bro?

Selain dari kekayaan alamnya yang segudang, ternyata Indonesia juga menyimpan beberapa jenis olahraga yang benar-benar asli berasal dari negara kita ini. Dan keseruan dari olahraga kita ini tidak kalah loh dengan olahraga-olaharaga yang sudah mendunia.

Bahkan siapa sangka kalau misalkan beberapa olahraga tradisional yang kita miliki sudah mendunia bro. Malah ada loh cabang olahraga kita yang sudah diklaim oleh negara tetangga kita. Nah, oleh karena itu bro sebagai warga negara kita harus tahu mana saja sih yang menjadi olahraga tradisional dari negara kita.

Jadi langsung aja nih bro, akan kita kumpulkan beberapa pilihan olahraga tradisional yang berasal dari Indonesia yang patut lo ketahui dan pelajari yaa. Jangan sampai nanti akan semakin banyak budaya-budaya berserta isinya yang akan diklaim oleh negara-negara lain.

Sepak Takraw

Ilustrasi Permainan Sepak Takraw. Credit gedubar.com/

Lo gemar dengan olahraga sepakbola bro? Bola yang diperebutkan oleh 11 pemain itu memang sudah sangat terkenal sekali di dunia. Bahkan dibilang olahraga tersebut merupakan olahraga yang paling digemari kebanyakan warga dunia.

Namun apakah lo tahu kalau ada olahraga yang berasal dari Sulawesi Selatan yang sama-sama menggunakan bola sebagai medianya namun memilki peraturan yang persis seperti peraturan bola voli. Nah, nama dari olahraga ini adalah Sepak Takraw.

Ditemukan oleh Kesultanan Melayu pada abad 15, olahraga jenis ini memerlukan tingkat ketangkasan yang tinggi bro. Beserta lo harus memilki konsentrasi yang tinggi pula. Karena lo akan menyepak bola dengan kaki lo melalui sebuah net.

Pokoknya lo bakalan merasakan keseruannya deh kalau lo sudah mencobanya bro. Olahraga yang memerlukan 3 orang dalam satu group ini memang sudah memilki kompetisinya sendiri di kancah dunia bro. Keren kan? Olahraga tradisional kita sampai bisa dikenal dunia bro.

Pencak Silat

Ilustrasi Pencak Silat. Credit: bola.com/

Sering dong mendengarkan banyak cerita rakyat mengenai ksatria silat yang memilki kesaktian yang kuat sekali bro? Namun cerita itu bukan hanya isapan jempol belaka loh bro. Karena hal ini merupakan sebuah fakta yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia dari dulu.

Olahraga bela diri ini diperkirakan muncul sekitar pada abad ke 7 Masehi. Oleh sebab itu banyak ksatria-ksatria jaman Majapahit dan Sriwijaya terkenal jago bela diri bro. Dan juga olahraga tradisional ini memiliki banyak sekali cabang dan setiap daerah di Indonesia memiliki aliran-aliran silatnya sendiri bro.

Selain itu olahraga ini sudah terkenal di dunia bro. Mulai dari adanya turnamen internasional yang mengutamakan jenis olahraga ini hingga sampai adanya film yang bertaraf internasional yang mengangkat keindahan dari olahraga beladiri ini.

Jadi untuk enggak perlu diragukan lagi deh bro mengenai kredibilitas dari pencak silat itu sendiri. Dan jangan lupa untuk selalu melestarikannya yaa. Kalau bukan kita siapa lagi yang bisa menjaga serta melestarikannya.

Pathol

Ilustrasi Gulat Pathol. Credit: aqilafadilla.blogspot.co.id/

Siapa bilang Indonesia tidak memilki olahraga gulat bro? Olahraga yang memerlukan kekuatan untuk bisa menjatuhkan lawan ini memang salah satu olahraga yang sudah tidak asing lagi di kuping kita. Namun apakah lo sudah tahu kalau di Jawa Tengah terdapat olahraga gulat yang tradisional?

Lebih tepatnya di Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini memilki olahraga gulat yang biasa disebut Pathol. Olahraga yang awalnya hanya diperuntukan untuk acara sayembara untuk mencari orang yang terkuat untuk dapat menjaga Pelabuhan Tuban yang waktu itu remain oleh penyamun dan perompak.

Gulat Pathol ini biasanya digelar di pesisir pantai menjelang purnama dan atau pada hari-hari khusus seperti upacara sedekah laut. Namun memang sayangnya belum banyak orang yang tahu mengenai keberadaan olahraga ini bro. Jadi sudah waktunya buat lo ketahui dan mencari tahu mengenai olahraga ini yaa.

Karapan Sapi

Ilustrasi Karapan Sapi. Credit: regional.liputan6.com/

Pacuan kuda? Itu sudah biasa banget bro. Di Madura terdapat sebuah olahraga tradisional yang mirip dengan pacuan kuda namun yang dipacu bukan kuda bro. Sapi lah yang dijadikan binatang yang akan dipacu dalam arena balapnya.

Dengan trek yang memilki panjang 100 meter ini, sang joki akan beradu cepat dengan joki yang lain untuk cepat sampai di garis finish. Jangan kira permainan ini mudah bro, karena sang joki harus menjaga keseimbangannya di atas sebuah kereta kayu yang di pasang di bagian belakang dari sapi.

Perlu lo ketahui juga bro, bahwa olahraga ini sudah menjadi sebuah keseriusan pemerintah daerah serta pusat untuk selalu melestarikan olahraga ini. Dan juga sudah menjadi sebuah ikon di Madura sendiri bro.

Buat lo yang ingin menyaksikan secara langsung, lo bisa langsung datang ke Madura pada saat akhir bulan September atau akhir bulan Oktober.

Jadi gimana bro dengan informasi mengenai olahraga tradisional yang ada di Indonesia ini? Apakah sudah membuka mata lo bro? Karena sebagai generasi muda seharusnya menjadi sebuah kewajiban untuk selalu mengetahui budaya-budaya yang dimiliki oleh negara tercinta ini.

Janganlah menjadi apatis akan kebudayaan negara sendiri yaa bro, memangnya lo mau lama kelamaan semua kebudayaan yang lo miliki akan dirampas oleh orang lain? Tentu saja tidak dong. Jadi teruslah lestarikan apa yang sudah ada dan selalu menjaganya dengan sepenuh hati.


Please login to comment
8 COMMENTS
Iiq Thoriq El-tuerto
March 13, 2018 at 11:05 PM

Salam lestari


Sunaryo Widodo
March 14, 2018 at 2:37 AM

SALAM Lestari Bradd OIQ THORIQ EL-TUERTO


Yayan Yuliansyah
March 14, 2018 at 8:13 AM

keren pisan euy


Kurniawati
March 15, 2018 at 3:17 PM

mantap djiwa


Endang P
March 17, 2018 at 2:42 PM

Karapan sapi


Yayan Yuliansyah
March 18, 2018 at 8:53 PM

keren pisan


Endang P
March 19, 2018 at 8:40 AM

silat cukup terkenal


Muhammad muhlis
March 20, 2018 at 12:28 AM

Aku suka olah raga