MAR 11, 2018

Ujung Genteng, Petualangan Seru Sampai Di Ujung Batas Jawa Barat

Bro, lo belum pernah menapaki kaki lo di salah satu potongan surga yang ada di ujung selatan Jawa Barat? Kalau belum, perkenalkan bro, Ujung Genteng.


Siapa bilang kalau Jawa Barat kurang diminati karena keterbatasan menyediakan destinasi-destinasi untuk berpetualang? Kalau lo termasuk dari mereka yang bilang begitu, lo berarti belum sepenuhnya mengetahui potongan surga yang ada di daerah Jawa Barat.

Nah, kali ini, lo akan dibawa untuk mengetahui lebih jelas bahwa potongan surga di Jawa Berat memang benar adanya. Kali ini juga, lo akan dibawa ke ujung batas daratan Jawa Barat. Sebuah petualangan yang seru jika lo sudah semakin penasaran dengan potongan surga tersebut.

Bro, perkenalkan Ujung Genteng, sebuah tapal batas dari potongan surga yang jatuh di ujung Jawa Barat. Berlokasi di Sukabumi Selatan, Jawa Barat, Ujung Genteng merupakan batas daratan Jawa Barat dengan garis laut pantai di selatan Pulau Jawa.

Ujung Genteng, Jawa Barat. credit photo: tabloidwisata.com

Pasir putih yang menghampar sepanjang garis linier akan membuat mata dan pikiran lo segar karena pemandangan alam di ujung Jawa Barat ini yang tidak lagi diragukan keindahannya. Berbagai fasilitas yang menyebar rata, juga dapat mendukung petualangan dan traveling lo semakin nyaman.

Ujung Genteng tidak hanya satu-satunya destinasi di tapal batas ini. Oleh karena itu, simak bahasan kali ini karena lo akan diajak berpetualang ke serpihan surga lainnya yang tidak jauh dari sini. Dan serpihan surga pertama yang bisa lo datangi adalah Pantai Pengumbahan.

Ujung Genteng – Pantai Pengumbahan

Ujung Genteng - Pantai Pengumbahan. credit photo: terengganutimes.com

Tidak jauh dari Ujung Genteng, Pantai Pengumbahan adalah pantai yang jarang terjamah para petualang. Oleh karena itu, pasir putih yang lembut, batu karang yang berjejer rapih, serta tidak ada sampah sama sekali menjadikan pantai ini favorit para petualang yang sudah pernah ke sini.

Daya tarik selain pemandangan alamnya di sini bisa lo nikmati saat bulan Agustus sampai Maret. Hal ini dikarenakan berbagai jenis penyu yang berada di lautan lepas, akan naik ke bibir pantai untuk bertelur. Beberapa jenis penyu seperti penyu hijau, penyu sisik, bahkan sampai penyu belimbing akan mampir ke sini untuk berkembang biak.

Pantai ini memang terkenal dengan kesejukannya, rimbunnya pepohonan yang ada disekitar pantai membuat para penyu nyaman untuk bertelur di sini. Bro, kalau lo ingin mengabadikan momen ini, lo perlu datang pagi dini hari karena mereka akan bertelur saat jam seperti itu.

Oleh karena itu, lengkapi diri lo dengan baju atau jaket tebal mengingat udara di sini akan terasa dingin menusuk kulit lo, bro. Nah, saat pagi harinya, tukik atau anak penyu akan keluar dari lubang yang dibuat oleh indukan mereka untuk pergi ke lautan lepas.

Oh iya bro, sekedar tips untuk lo, kalau lo akan merekam penyu yang akan bertelur, pastikan lo menggunakan kamera atau alat video recorder lainnya dengan cahaya yang tidak terlalu terang ya. Karena jika terlalu terang, akan membuat penyu tersebut tidak nyaman.

Ujung Genteng – Pantai Ombak Tujuh

Ujung Genteng - Pantai Ombak Tujuh. credit photo: hardrockfm.com

Masih dekat dengan Pantai Pengumbahan, Pantai Ombak Tujuh ini adalah favorit para petualang yang suka surfing. Di pantai ini, ombak besar selalu menghampiri, sehingga ombak ini bisa jadi trek yang bagus untuk para surfer.

Pantai ini mempunyai keunikan yang mungkin tidak bisa dibandingkan dengan pantai lainnya. Seperti namanya, pantai ini selalu mempunyai tujuh ombak besar yang bergulung secara bergantian. Karena keunikannya ini, para surfer menjadikan pantai ini salah satu favorit mereka.

Kemudian, serpihan surga yang lain dari Ujung genteng adalah Pantai Minajaya.

Ujung Genteng – Pantai Minajaya

Ujung Genteng - Pantai Minajaya. credit photo: jarambah.riftom.com

Pantai Minajaya sudah termasuk pantai yang ramai karena sudah banyak penduduk yang menghuni kawasan tersebut. Oleh karena itu, kebanyakan dari penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Kalau iar pantai sedang surut, para perempuan di sana suka sekali mencari rumput laut.

Rumput laut hasil kumpulan dari para perempuan di Pantai Minajaya ini menjadi berbagai olahan. Nah berbicara tentang olahan, bro, Pantai Minajaya termasuk serpihan surga dengan berbagai pilihan olahan kuliner laut nih!

Ikan serta beberapa crustacea yang ditangkap oleh para nelayan biasanya menjadi incaran bagi para petualang yang mampir di sini. Mereka biasanya menjual hasil tangkapannya dengan harga terjangkau. Jadi, kapan lagi nih, lo bisa menikmati seafood dengan berbagai olahan dan ditemani oleh pemandangan alam yang indah.

Bro, bosan dengan serpihan surga yang berada di pinggir pantai tersebut? Sekarang lo akan diajak ke salah satu serpihan lainnya yang sedikit menjauh dari garis laut. Serpihan surga tersebut adalah Curug Cikaso.

Ujung Genteng – Curug Cikaso

Ujung Genteng - Curug Cikaso. credit photo: pegipegi.com

Curug atau air terjun Cikaso ini merupakan salah satu destinasi yang sudah populer di kawasan Ujung Genteng. Air terjun ini mempunyai tiga pancuran. Dengan tinggi 80 meter dan lebar sampai 100 meter, air terjun ini menjadi salah satu yang termegah di daerah Ujung Genteng.

Air yang bersih dan bening Nampak biru dari kejauhan. Itu artinya sungai yang ada di bawah air terjun Cikaso ini memang sedikit dalam. Oleh karena itu, sedikit berhati-hati tidak ada ruginya di sini, bro. Serpihan surga di ujung Jawa Barat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk fasilitas menginap.

Wah, bagaimana nih bro apakah lo sudah semakin penasaran dengan bukti-bukti potongan serta serpihan surga yang ada di ujung Jawa Barat ini? Kalau iya, langsung saja nih bro lo atur jadwal rutinitas lo untuk mendapatkan waktu luang. Serta packing secukupnya dan budgeting, lalu langsung saja berangkat bro!

Dijamin sudah bahwa api semangat petualangan lo sudah panas membara, jadi tunggu apa lagi bro. Mari membuktikan keindahan potongan surga dan serpihannya yang berada di Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat.

 

Source

Feature Image - touristama.com

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 15, 2018 at 12:20 AM

Bener bener potongan surga... Mantap...