MAR 13, 2018

Gunung Kelimutu, Sebuah Keindahan Ilahi Beserta Mitos Danaunya Yang Tersimpan

Keindahan yang dimilki Nusantara memang tidak ada habisnya yaa bro. Ditambah dengan keindahan Gunung Kelimutu yang menawan serta dapat membuat semua hati akan terluluhkan oleh cerita dan keindahan itu. Penasaran dengan apa saja sih yang terdapat di gunung yang menyimpan banyak mitos serta cahayanya yang indah? Langsung saja intip artikel di bawah ini bro. Selamat membaca!


Sebuah panorama alam yang indah merupakan sesuatu yang bisa dibilang sudah biasa bisa didapatkan di Indonesia bro. Mulai dari bentangan alam yang berada paling barat dari negara ini hingga ke bagian paling timur tidak ada habis-habisnya dari keindahan alam yang menakjubkan. Banyak hal yang bisa kita syukuri bro mengenai hal ini.

Bayangkan saja kita ini diperkaya mulai dari segi laut, dataran rendah hingga dataran tinggi semuanya ada di dalam negeri ini. Bagaikan sebuah paket lengkap yang tidak bisa dibayar dengan apapun. Oleh sebab itu ada baiknya kita harus menyadari serta mendalami spot-spot mana yang patut untuk diperbincangkan bro.

Untuk di dalam artikel hari ini kita akan membahas mengenai sebuah daerah yang persis berada di tengah dari negara ini. Sebuah pulau yang terkenal pula dengan binatang melatanya yang tergolong dalam binatang purba ini, memilki sebuah gunung yang sangat memukau bro.

Gunung Kelimutu namanya. Gunung yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki pesona alam yang tiada duanya bro. Tepatnya terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Di dalam kawasan gunung ini terdapat beberapa pesona alam yang memilki kualitas dunia loh bro. Mulai dari terdapat danau yang memilki tiga warna hingga sampai suasana alamnya yang tiada duanya. Dan hanya mengingatkan saja bro kalau misalkan gunung ini merupakan gunung yang terdapat pada pecahan mata uang 5000an jaman dahulu bro.

Terlihat jelas di dalam pecahan mata uang tersebut terdapat penampakan sebuah danau yang memilki tiga warna itu bro. Dan ternyata danau tersebut merupakan sebuah daya tarik utama dari tempat wisata alam ini bro. Untuk itu kita akan membahas lebih mengenai si danau itu bro.

Danau yang kononnya memiliki warna nan indah yang mampu menyihir kita untuk langsung jatuh cinta dengannya memiliki banyak cerita dan misteri yang akan seru sekali untuk diperbincangkan nih bro. Namun sebelum ke sana ada satu bagian dari gunung ini yang patut kita perhatikan bro.

Tebing Curam Dan Para Monyetnya

Ilustrasi Panjaga Di Tebing. Credit: choromaster.com

Terdapat sebuah tebing yang memilki tingkat kecuraman yang cukup tinggi bro. Pokoknya tebing tersebut menambah kesan eksotis dari gunung ini bro. Perpaduan warna kehijauan dari tumbuh-tunbuhan di sekitar semakin membuat mata kita serasa dimanjakan oleh pemandangan itu.

Bukan hanya itu saja bro, ternyata di tebing nan curam ini terdapat beberapa penjaganya yang selalu siap sedia memberikan segalanya untuk menjaga tebing ini. Mereka adalah monyet-monyet yang memang sudah tinggal di sini sudah lama.

Jadi bilamana lo tiba-tiba bertemu dengan mereka di tebing ini, diharapkan untuk tidak membuat keributan yaa atau mengganggu para penjaga tersebut. Mereka juga tidak mengganggu kok kalo misalkan lo tidak memulai duluan.

Danau Tiga Warna

Ilustrasi Keindahan Gunung Kelimutu Beserta Danaunya. Credit: yorkgoods.com

Setelah membahas sedikit mengenai bukit yang terdapat di gunung ini, langsung saja deh kita membahas daya tarik utama yang selalu menjadi tujuan para orang-orang untuk datang ke tempat ini bro. Yaa, Danau Kelimutu dengan tiga warnanya yang indah.

Ketiga danau tersebut tentunya memiliki sebuah nama dan cerita yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dan juga memilki warna yang berbeda juga bro. Berikut nama-nama dari danau yang ada di kawasan Kelimutu ini.

  • Tiwa Ata Polo : Merupakan danau yang berada di sebelah kanan pada saat posisi badan lo menghadap ke arah danau. Warna yang terdapat pada danau ini adalah hitam pekat. Bukan karena dari kondisinya yang kotor, namun memang muncul karena faktor alami yang dikeluarkan oleh danau itu sendiri.
  • Tiwu Nuwa Muri Koo Fai : Danau yang memilki warna hijau tosca ini memang secara tidak langsung akan memanjakan mata kita . Untuk posisinya terdapat persis di samping Tiwa Ata Polo. Lalu hanya dipisahkan dengan sebuah tebing sebagai tembok pemisah.
  • Tiwu Ata Mbupu : Danau yang terdapat di puncak Gunung Kelimutu ini merupakan danau yang memiliki sebuah cerita yang kononnya menjadi tempat berkumpulnya arwaharwah para leluhur yang sudah meninggal bro. Dan danau ini memilki warna hijau tosca bro.

Menurut kepercayaan warga sekitar kalau orang yang sudah meninggal pada usia tua dan melakukan banyak kebaikan, arwah dari orang itu akan masuk ke danau Tiwu Ata Mbupu. Dan bila orang yang meninggal dalam usia muda dan melakukan banyak kebaikan di dalam kehidupannya, dipercaya arwah dari orang tersebut akan masuk ke danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai.

Sedangkan bagi orang yang meninggal baik dalam kondisi muda ataupun tua, namun melakukan banyak perbuat yang tercela arwahnya  dipercaya akan masuk ke danau Tiwu Ata Polo.

Sunrise Yang Indah

Ilustrasi Keindahan Sunrise. Credit: 237anrsmanli.blogspot.co.id

Selain dari danaunya yang indah ternyata di kawasan Gunung Kelimutu ini lo juga bisa menikmati indahnya melihat matahari terbit dari kegelapan bro. Yaa namanya juga mengejar sunrise bro, pasti lo harus pagi-pagi sekali untuk dapat menyaksikan hal ini.

Kata orang timurnya sendiri “sunrise di Kelimutu gagah memang”, namun hal itu memang beneran loh bro. Sunrise di spot ini merupakan sunrise yang top banget deh. Oleh karena itu jangan lupa juga untuk membawa kamera lo bro.

Agar momen yang indah ini bisa lo abadikan tentunya. Kapan lagi bro lo bisa menikmati indahnya sunrise di negeri timur dengan kualitas yang sangat indah.

Jadi gimana bro dengan informasi di atas apakah akan membuat lo untuk bisa menyempatkan waktu lo untuk tiba di tempat wisata alam nan indah ini? Karena bukan merupakan sebuah penyesalan yang akan lo dapatkan bilamana bisa datang dan merasakan langsung kehadiran dari Gunung Kelimutu ini.

Selalu kobarkan semangat petualang lo dan teruslah beresksplorasi bro, karena dunia itu tidak sesempit dengan apa yang lo pikirkan!


Please login to comment
1 COMMENTS
Iiq Thoriq El-tuerto
March 14, 2018 at 12:35 PM

SUNGGUH INDAH SURGA INDONESIAKU