Lembah Baliem, 5 Nilai Keluhuran Dari Sebuah Kemegahan Di Indonesia Timur

Bro, ini adalah panggilan alami untuk setiap petualang nih. Ayo berangkat ke Lembah Baliem dan bertemu dengan Suku Dani!

Lembah Baliem, 5 Nilai Keluhuran Dari Sebuah Kemegahan Di Indonesia Timur

Berpetualang ke Indonesia bagian timur tidak melulu harus ke Raja Ampat, bro. Masih banyak potongan surga di sana yang menyimpan nilai-nilai keluhuran dan kemegahan yang luar biasa. Dan kali ini, lo akan diajak ke potongan surga tersebut.

Sebuah dataran dengan tinggi dan rendahnya yang menjadi ciri khas potongan surga ini, dihuni oleh sebuah suku yang masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keluhuran. Sebuah suku yang masih sangat menganut nilai-nilai adat istiadat ini, melengkapi keindahan dari potongan surga ini.

Bro, perkenalkan, potongan surga yang dimaksudkan, Lembah Baliem. Indahnya padang rumput yang luas, rimbunnya hutan yang mengelilinginya, serta kerendahan hati dari Suku Dani membuat lembah ini menjadi salah satu destinasi yang harus dimasukkan ke dalam daftar petualangan lo, bro.

Banyak sudah para petualang, traveller, baik yang datang dari dalam Indonesia sendiri, atau mancanegara yang sudah membuktikan kemegahan serta kerendahan hati dan nilai-nilai keluhuran yang ada di Lembah Baliem.

Nah bro, nilai-nilai tersebut bisa lo simak di bahasan kali ini nih. Nilai pertama yang bisa lo ketahui adalah Festival Lembah Baliem.

Festival Lembah Baliem

Lembah Baliem, 5 Nilai Keluhuran Dari Sebuah Kemegahan Di Indonesia Timur

Festival Lembah Baliem. credit photo: nationalgeographic.co.id

Tenang bro, lo jangan takut karena ini bukan perang sungguhan. Festival ini adalah sebuah harapan untuk kebaikan yang akan mereka terima sehari-hari. Festival ini berhasil menyedot perhatian para petualang dan para traveller, khususnya para petualang dan traveller dari mancanegara.

Acara ini akan berlangsung selama tiga hari menjelang hari kemerdekaan negara Indonesia, yaitu tepat di bulan Agustus. Di festival ini bukan hanya Suku Dani yang terlibat namun ada dua suku lainnya, yaitu Suku Lani, dan Suku Yali.

Keluhuran acara ini sudah turun temurun dilakukan oleh Suku Dani dan beberapa suku lainnya, bro. Jadi, jika lo berpetualang ke sini dan ingin melihat festival ini, jangan lewatkan bulan Agustus, bro!

Selanjutnya, nilai keluhuran yang kedua adalah Potong Jari dan Mandi Lumpur.

Potong Jari Dan Mandi Lumpur

Lembah Baliem, 5 Nilai Keluhuran Dari Sebuah Kemegahan Di Indonesia Timur

Tradisi Potong Jari Oleh Suku Dani Di Lembah Baliem. credit photo: adatnusantara.xyz

Memang terdengar seram nih bro, salah satu nilai keluhuran yang ada di Lembah Baliem ini. Tradisi potong jari di sini akan dilakukan sebagai ungkapan kesedihan karena ditinggal mati oleh keluarga terdekat atau sanak saudara.

Ini adalah simbol rasa sakit dan pedih yang mereka rasakan. Bagi Suku Dani, jari tangan adalah simbol kebersamaan, kerukunan, dan persatuan. Oleh karena itu, kesedihan yang mereka rasakan karena ditinggal oleh keluarga, disimbolkan oleh pemotongan jari tersebut.

Cara pemotongan jari bisa dilakukan dengan benda tajam, digigit sampai putus, atau diikat dengan seutas tali sampai jari tersebut mati, dan baru dipotong. Namun, sekarang ini, karena pengaruh dari perkembangan zaman, nilai keluhuran ini sedikit demi sedikit mulau ditinggalkan.

Kemudian, mandi lumpur juga menyimbolkan bahwa mereka percaya jika manusia dibuat dari tanah, dan akan kembali lagi ke tanah. Lalu, nilai keluhuran yang juga sangat indah ini ada di sebuah spot di mana Lembah Baliem ini mempunyai pasir putih tanpa pantai.

Pasir Putih Tanpa Pantai

Lembah Baliem, 5 Nilai Keluhuran Dari Sebuah Kemegahan Di Indonesia Timur

Pasir Putih Di Lembah Baliem. credit photo: artikel-apa-aja.blogspot.com

Biasanya, pasir putih identik dengan deburan ombak karena dekat dengan pantai. Tapi berbeda di Lembah Baliem, bro. Lembah Baliem adalah sebuah perbukitan hijau yang dikelilingi hutan rimba khas Indonesia bagian timur.

Tekstur pasir putih di Lembah Baliem bahkan sama persis dengan yang ada di pantai, dan juga terasa asin! Wah kalau lo tidak percaya, silahkan datang ke sini dan buktikan sendiri, bro! Pasir putih dan juga batu karang serta batu granit di Lembah Baliem merupakan saksi sejarah.

Sejarah yang menyatakan dulu Lembah Baliem adalah sebuah danau. Namun, karena kondisi alam yang terus berbeda dan berubah, jadilah Lembah Baliem seperti sekarang ini.

Nilai keluhuran selanjutnya yang ada di Lembah Baliem adalah kebiasaan Suku Dani untuk melakukan Pesta Bakar Batu.

Pesta Bakar Batu

Lembah Baliem, 5 Nilai Keluhuran Dari Sebuah Kemegahan Di Indonesia Timur

Pesta Bakar Batu. credit photo: batasnegeri.com

Nilai keluhuran yang ada di Pesta Bakar Batu ini adalah sebuah kebahagiaan yang mereka curahkan atas sebuah kelahiran, pernikahan, dan perayaan setelah kemenangan yang mereka dapat dari perang. Uniknya, di zaman seperti ini, Suku Dani masih menggunakan dua kayu yang digesekan dengan kencang.

Setelah api menyala, lalu disusunlah batu-batu mengelilingi dan merapatkan api tersebut. Kemudian, disusun juga dedaunan yang akan menjadi alas untuk umbi-umbian atau binatang buruan untuk di bakar di sana.

Kegiatan Bakar Batu ini membutuhkan banyak tenaga sehingga pasti dilakukan dengan gotong royong. Oleh karena itu, kegiatan Bakar Batu ini dinilai mempunyai nilai keluhuran yang tinggi.

Dan nilai keluhuran yang terakhir yang bisa lo temukan di Lembah Baliem serta Suku Dani adalah mumi.

Suku Dani Punya Mumi

Lembah Baliem, 5 Nilai Keluhuran Dari Sebuah Kemegahan Di Indonesia Timur

Mumi Dari Suku Dani. credit photo: look.huaniqu.com

Di Lembah Baliem, Suku Dani mempunyai mumi yang sudah berumur lebih dari 300 tahun. Mumi ini disimpan di Pilamo (rumah laki-laki). Mumi tersebut bernama Wim Motok Mabel yang dahulu merupakan panglima perang dari Suku Dani.

Nilai keluhuran ini bisa dilihat dari keyakinannya Suku Dani yang percaya bahwa jasad mumi bisa membantu mensejahterakan keluarga Suku Dani sampai generasi yang akan datang.

Nah, hal-hal tersebut di atas adalah nilai-nilai keluhuran bagi Lembah Baliem dan Suku Dani. Wah apa lo semakin penasaran dengan Lembah Baliem?

Bro, kibarkan panji-panji semangat petualangan lo dengan langsung berangkat ke Lembah Baliem! Kapan lagi lo bisa menikmati sepotong surga yang ada di Indonesia timur sana, bro! Packing secukupnya, ambil cuti dari rutinitas dan langsung berangkat!

 

Source

Feature Image - ombligopolis.co.id

Beginner Extreme hiking travelling tracking

4 COMMENTS

SHARE
Sunaryo Widodo
Suku dani memang keren banget
Sunaryo Widodo
Festival perang suku Dani Mantap
Iiq Thoriq El-tuerto
BUDAYA BANGSA YG TERAMAT BAIK
Iiq Thoriq El-tuerto
PASIR PUTIH NAN INDAH TANPA PANTAI