Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Berani menaklukan tantangan Pasola dan berbagai tantangan lainnya di Sumba Barat, bro?

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Jika sedang dihadapkan oleh tantangan yan sukar lo selesaikan, sebagai petualang, apakah yang lo pilih? Meninggalkan tantangan tersebut, atau lo tetap berusaha sampai bisa menyelesaikan tantangan tersebut?

Jika lo petualang sejati, jelas lo akan pilih opsi kedua, yaitu berusaha menyelesaikan tantangan tersebut sampai habis. Nah kali ini, lo akan dihadapkan oleh tantangan, atau permainan yang bisa memacu adrenalin lo, bahkan karena ekstrem, tantangan ini bisa menjadi pemisah antara jiwa dan raga, lo.

Eits, tenang bro. Tantangan ini sudah banyak dilakukan oleh professional dan tidak sampai berakibat fatal yang seperti itu. Oleh karena itu, lo wajib mencoba tantangan ini dan yang lainnya, nih. Mengapa bisa bilang ada tantangan lainnya?

Karena tantangan yang dimaksud, akan juga memunculkan dengan tantangan lainnya juga. Bro, perkenalkan nih, tantangan dari Sumba Barat yang harus lo coba dan taklukan, Pasola – atraksi berperang dengan berkuda!

Pasola, Berkuda Dan Berperang!

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Penunggang Kuda Di Pasola. credit photo: blog.ivacanza.co

Pasola, selain menjadi tantangan, kegiatan ekstrem ini adalah sebuah rasa syukur penduduk setempat atas apa yang mereka sudah dapatkan sekarang. Pasola adalah aktraksi yang dilakukan oleh banyak orang. Mereka akan mensimulasikan peperangan yang sudah dilakukan oleh para pendahulu mereka secara turun temurun.

Nah, karena perkembangan zaman, perang antar suku dan kampung-kampung sudah tidak ada lagi, jadilah Pasola, sebagai tantangan yang menggambarkan situasi pada saat dahulu berperang. Para peserta Pasola akan menggunakan pakaian khas adat mereka, membawa sebilah bambu atau kayu sebagai senjata.

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Tantangan Untuk Pasola. credit photo: penghunilangitlain.wordpress.com

Dan jelas! Mereka akan berkuda untuk melakukan tradisi atau simulasi berperang tersebut. Diselenggarakan di Wainyapu, Kabupaten Sumba Barat, Pasola menjadi salah satu daya tarik utama yang ada di Sumba Barat.

Mereka akan memacu kuda mereka dengan kencang, serta batang kayu atau bambu akan dilemparkan selayaknya lempar lembing, namun lembing ini tidak tajam, atau sengaja ditumpulkan. Oleh karena itu, tidak heran jika darah segar akan bercucuran ditempat Pasola ini.

Sudah banyak para traveller dan para petualang yang menambahkan Sumba Barat sebagai destinasi mereka demi mendapat kesempatan untuk mencoba Pasola. Nah bro, sebelum Pasola dimulai, terlebih dahulu, lo akan mencari cacing laut bersama.

Mencari Cacing Laut Massal!

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Nyale Atau Mencari Cacing Laut Bersama. credit photo: travel.tempo.co

Sebelum Pasola dimulai, terlebih dahulu lo harus melewati tantangan untuk mencari cacing laut bersama warga sekitar. Cacing laut atau yang sering disebut oleh masyarakat setempat adalah Nyale, diburu sebagai rasa bersyukur mereka ketika sudah melewati musim panen.

Mencari cacing laut ini akan dipimpin oleh tetua adat yang diikuti oleh masyarakat setempat dari tepi pantai. Pimpinan adat masyarakat Sumba Barat dikenal dengan Rato. Rato yang akan menentukan kualitas cacing tersebut.

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Mencari Cacing Laut Bersama. credit photo: tempo.co

Jika cacing laut tersebut gemuk-gemuk, Rato meramalkan hasil panen musim depan akan berlimpah ruah, namun jika cacingnya kurus, bisa jadi panen musim depan akan lebih sedikit dari tahun ini. Pasola akan ditentukan tempat penyelenggarannya ketika Rato sudah mendapatkan cacing laut yang besar dan gemuk.

Nah, setelah lo menaklukan lawan-lawan lo di Pasola, sekarang saatnya lo menikmati keindahan serta potongan surga yang dijatuhkan di Pantai di Sumba Barat Daya!

Surga Di Pantai Sumba, Sumba Barat Daya

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Pantai Di Sumba Barat Daya. credit photo: twitter.com

Kabupaten Sumba Barat Daya merupakan sebuah surga bagi lo sebagai pecinta pantai, nih! Panorama pantai di sini memang sudah terkenal, bro. Oleh karena itu, tidak heran jika di Pasola pun lo melihat banyak petualang dari mancanegara. Mereka juga suka dengan pantai-pantai yang ada di Sumba Barat ini!

Selain itu belasan bibir pantai yang bisa lo nikmati dengan riang gembira, lo juga bisa menikmati keindahan alam bebas lainnya seperti Danau Air Asin Weekuri, hamparan Goa sawah alam Waikelo, Air Terjun Pabeti Lakera, Danau Wee Wini, Situs Gua Rambe Manu.

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Danau Weekuri. Sumba Barat Daya. credit photo: kompasiana.com

Dengan berbagai pilihan spot cantik dan potongan-potongan surga tersebut, jelas Sumba menjadi salah satu destinasi wajib bagi setiap para petualang. Selain tantangannya yang ada di sini juga memacu adrenalin, pemandangan alam bebasnya bisa memanjakan mata dan menyegarkan pikiran.

Wah, bagaimana nih bro, apa lo sudah makin penasaran dengan Pasola dan eksotisme Sumba Barat? Kalau iya, langsung saja lo cuti dari rutinitas, packing secukupnya dan langsung saja berangkat ke sini bro!

Jika lo ingin ke sini, lo harus mampir dulu di Bali, atau Lombok – Labuan Bajo, karena aksesnya memang harus menggunakan jalur laut untuk ke sini, nih bro! Eits, segala pemandangan alam Sumba Barat belum selesai sampai di situ saja nih, masih ada lagi yang belum lo ketahui, yaitu Kampung Kuburan.

Berani Ke Kampung Kuburan, Bro?

Berani Taklukan Pasola Dan Berbagai Tantangan Lainnya Yang Ada Di Sumba Barat?

Kampung Kuburan. credit photo: jelasinformation.blogspot.com

Kampung Kuburan merupakan sebutan untuk beberapa desa yang mempunyai batu kubur yang berbentuk unik nih bro. Batu-batu megalit tersebut tersebar diberbagai desa yang ada di Sumba Barat. Beberapa diantaranya adalah batu kubur yang bersejarah.

Selain itu, diantara penyebaran batu megalit tersebut, ada sebuah kampong yang bernama Kampung Tossi, yang mempunyai mata air alami bernama ‘Wai Marunga’. Mata air ini terkenal karena selain menjadi sumber mata air untuk masyarakat sekitar, mata air ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Wah lo berani coba untuk hal ini, bro?

Bro, masih banyak lagi serpihan-serpihan surga yang tidak jauh jatuh dari potongan besarnya. Oleh karena itu, sempatkan diri lo untuk berpetualang di Sumba Barat, mencoba menaklukan Pasola dan menjelajahi berbagai eksotisme yang ada di sini!

 

Source

Feature Image - kebudayaan.kemendikbud.go.id

 

Beginner Extreme travelling tracking

8 COMMENTS

SHARE
Mantap informasi nya
taklukkan sobat
nice info nih gan
Keren banget
Informasinya bermanfaat
BERKUDA SALAH SATU HOBIKU BRO,
I DARE SAYA SANGGUP
thanks indormasinya ..jadi nambah ilmu