MAR 19, 2018

7 Motor Cross Favorit Para Petualang Di Indonesia!

Butuh teman untuk berpetualang bro? Bagaimana dengan 7 motor cross ini yang bisa menemani lo di segala medan?


Berpetualang ke alam bebas tidak melulu dengan trekking, hiking atau semacamnya, bro. Berpetualang di alam bebas bisa dengan cara apapun, termasuk dengan kendaraan. Jika dengan kendaraan, tentunya tantangan dan segala macamnya akan menjadi berbeda nih, bro.

Medan-medan terjal, baik yang cadas atau basah karena lumpur, akan menjadi tantangan yang seru jika lo lewati dengan kendaraan, apa lagi kendaraan beroda dua nih, bro! Pasti akan menjadi seru sekali, sih. Trek-trek off road pasti sudah menunggu kedatangan para petualang dengan kendaraan roda dua!

Bro, bahasan kali ini akan mengulas tentang 7 motor cross yang cukup diminati dan menjadi favorit bagi para petualang Indonesia untuk menembus berbagai medan yang terjal dan cadas! Berbagai produsen besar seperti Kawasaki, Yamaha, dan KTM mengeluarkan beberapa varian motor cross yang juga menjadi favorit para petualang.

Motor cross pertama yang cukup banyak diminati oleh para petualang Indonesia adalah Kawasaki KLX 150BF SE.

Kawasaki KLX 150BF SE

Motor Cross Kawasaki KLX 150BF SE. credit photo: carousell.com

Dengan 4 tak dan satu silinder serta kapasitas 150cc, Kawasaki KLX ini menjadi salah satu yang banyak diminati oleh para petualang di Indonesia. Dengan kekuatan seperti itu, trek-trek off road pegunungan Indonesia masih bisa dilewati.

Dengan tenaga sampai 6.500 rpm dan sistem pendingin mesin air-cooled, Kawasaki KLX ini juga diagungkan untuk tangguh di off road dan jalan aspal. Oleh karena itu, tidak heran jika motor cross ini cukup diminati oleh para petualang di Indonesia, karena bisa dipakai harian juga, bro!

Motor cross yang kedua dan cukup diminati oleh para rider dan petualang Indonesia adalah Kawasaki KLX 150BF.

Kawasaki KLX 150BF

Motor Cross Kawasaki KLX 150BF. credit photo: carousell.com

Hampir sama dengan seri motor cross sebelumnya, Kawasaki KLX ini dibekali oleh sistem suspensi yang adjustable, baik suspensi depan dan belakang. Oleh karena itu, Kawasaki KLX ini mudah untuk di modifikasi karena mempunyai 5 mode adjustment.

Motor cross ini dibrandol lebih murah ketimbang seri sebelumnya, hanya sekitar 2 juta rupiah lebih murah. Oleh karena itu, tidak heran jika motor cross ini diminati oleh para rider dan petualang di Indonesia.

Kawasaki KLX 150

Motor Cross Kawasaki KLX 150. credit photo: tripAdvisor.com

Masih dari seri yang sama dari Kawasaki KLX sebelumnya, namun untuk seri ini, tidak banyak adjustment yang bisa dilakukan di sini. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan untuk seri ini lebih murah dari dua seri di atasnya.

Namun, walau begitu, dari segi tenaga, lo masih bisa melibas trek-trek off road yang tajam, terjal dan juga berlumpur, bro. Torsi yang dikeluarkan motor cross ini masih sama dengan dua seri di atasnya. Jadi, baik trek off road, atau jalan aspal, bisa lo libas semua, bro!

Namun, jika lo lebih banyak memakai motor cross ini di jalan, sebaiknya lo ganti ban yang berjenis tracker. Jadi, pijakan ban untuk off road bisa lo simpan. Ban jenis tracker akan memudahkan lo meluncur di jalan aspal dengan mulus, bro!

Suzuki RM-Z450

Motor Cross Suzuki RM-Z450. credit photo: motocross.transworld.net

Walau memang terdengar cukup mahal, namun alasan mengapa motor cross keluaran dari Suzuki ini pantas mendapatkan gelar motor cross yang cukup diminati para rider dan petualang Indonesia, bro adalah torsinya yang besar.

Dengan tenaga 449cc, motor cross ini dijamin mempunyai rpm yang jauh lebih tinggi ketimbang dari kelas 150cc. Oleh karena itu, harganya yang cukup berbeda dari kelas 150cc lainnya. Namun, walau begitu, tenaga yang dikeluarkan motor cross ini juga tidak main-main, bro.

Dengan bentukan yang lebih ramping, motor cross keluaran Suzuki ini pasti bisa menemani lo melibas semua trek off road, bahkan lo bisa melakukan lompatan-lompatan yang memukau bro! Tapi, ada yang perlu lo ingat nih, sebelum lo melakukan lompatan tinggi, jangan lupa adjust kembali sistem suspensi motor ini ya!

Yamaha WR250R

Motor Cross Yamaha WR250R. credit photo: milanuncios.com

Motor cross satu ini juga lumayan diminati para rider dan petualang di Indonesia, bro. Salah satu alasannya adalah tenaga mesin yang cukup besar dan tidak terlalu kecil bro. Dibekali dengan 250cc, Yamaha WR250R menjadi incaran banyak rider dan petualang.

Dapat menyentuh 10.000 rpm, tenaga dari motor cross ini bisa lo andalkan untuk melintasi terjalnya trek petualangan lo, nih. Walau 250cc, namun motor cross ini masih satu silinder, bro. Jadi jelas perawatannya akan lebih mudah.

KTM 250 SF-X

Motor Cross KTM 250 SF-X. credit photo: cyclenews.com

Tidak jauh dari Yamaha WR250R, KTM juga mengeluarkan motor cross dengan spek yang hampir sama. KTM 250 SF-X menjadi andalan dari KTM. Banyak juga yang meminati motor cross ini karena masih bisa dipakai untuk harian.

Mereka yang akan memakai untuk harian bahkan bisa memilih ban untuk dijadikan ban utama. Namun, kalau lo memang ingin berpetualang dengan motor ini, tidak perlu ganti ke ban berjenis tracker ya, bro!

Dan motor terakhir yang juga diminati oleh para rider dan petualang adalah Viar Cross X200.

Viar Cross X200

Motor Cross Viar Cross X200. credit photo: arsip.batampos.co.id

Tidak jauh dari Yamaha WR250R dan KTM 250 SF-X, Viar Cross X200 ini memiliki tenaga yang cukup untuk membawa lo menerjang segala medan off road, bro. Bertenaga 200cc, dan pengapaian bersistem CDI, cukup tangguh membawa lo berpetualang!

Namun, dengn suspensi teleskopik di bagian depannya, lo tidak bisa melakukan banyak adjustment di sini. Walau begitu, dengan bentukan standarnya, Viar Cross 250 SF-X dijamin bisa membantu lo menerobos tantangan-tantangan di alam bebas, bro!

Nah, bagaimana nih, dengan 7 motor cross di atas, apakah ada yang sudah menjadi incaran lo, bro? Tenang, bro, mempunyai motor cross adalah sebuah investasi yang baik untuk setiap petualang. Jadi lo tidak akan pernah menyesali untuk mempunyai satu dari 7 motor di atas, bro!

 

Source

Feature Image - kabarin.co


Please login to comment
3 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 24, 2018 at 12:23 AM

Gagah , blar blar blar


yogo purwanto
March 26, 2018 at 8:15 AM

pengen punya 1


Endang P
April 6, 2018 at 9:24 AM

mantap keren