MAR 22, 2018

5 Barang Penting Untuk Mendaki Gunung Merapi Yang Belum Lo Ketahui!

5 barang penting ini harus selalu lo bawa apabila naik ke Gunung Merapi bro! Karena itu akan membantu lo dalam mempelancara ekspedisi lo. Untuk itu cek aja informasinya di bawah ini. Selamat membaca!


Mendaki gunung merupakan sebuah aktifitas menantang yang tentunya memiliki nilai kekerabatan. Nilai kekerabatan itu sendiri akan muncul pada saat lo bersama teman-teman lo melewati berbagai rintangan bersama-sama.

Dan mendaki gunung juga merupakan aktifitas yang akan memacu adrenalin lo. Karena lo tidak tahu ada halangan atau rintangan seperti apa di depan. Serta ketahanan fisik lo juga ditantang. Oleh sebab itu melakukan olahraga secara rutin sebelum mendaki gunung adalah hal yang wajib.

Dengan berbagai pilihan gunung yang ada di Indonesia, Gunung Merapi merupakan sebuah gunung yang wajib untuk didaki bro. Karena dari lokasi dan tingkat kesulitannya yang tergolong susah. Selain itu gunung ini juga masih termasuk ke dalam gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini.

Gunung yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa ini memiliki luas wilayah yang cukup luas. Karena dari lereng bagian selatannya saja mencakup Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk sisanya berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Untuk kawasan hutan yang berada di Puncak Merapi masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Dan perlu lo ketahui juga kalau gunung ini selain masih aktif, juga tergolong berbahaya. Karena terhitung dari tahun 1548 telah terjadi setidaknya 68 kali letusan bro.

Jadi sebelum lo naik ke Gunung Merapi hal-hal tersebut harus lo perhatikan terlebih dahulu yaa bro. Selain itu ada beberapa hal lain yang harus jadi perhatian lo sebagai pendaki. Yaitu peralatan mendaki gunung.

Karena Gunung Merapi itu sendiri memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, diharapkan lo sebagai pendaki memiliki peralatan yang memadai yaa. Karena nyawa lo sudah menjadi taruhannya. Bayangkan saja bilamana lo tidak memiiliki peralatan yang memadai namun tetap memaksa untuk bisa naik gunung ini.

Oleh sebab itu di dalam artikel ini kita akan membahas beberapa peralatan penting yang harus lo bawa pada saat mendaki ke Gunung Merapi. Berikut penjelasannya bro.

Korek Api

Contoh Fire Starter. Credit: gearmoose.com/

Korek api merupakan sebuah benda yang memang harus selalu siap sedia di samping pada saat mendaki gunung bro. Fungsinya tentunya sebagai sumber api. Selain dari sekedar sumber api, korek juga bisa menjadi penyelamat lo.

Bilamana lo sedang berkemah di gunung namun lupa membawa korek ada banyak hal yang harus lo lakukan. Salah satunya lo harus mencari tahu bagaiamana bisa mendapat percikan api yang nantinya akan berubah menjadi api yang besar.

Hal itu akan menjadi cerita yang berbeda apabila lo memiliki korek api di samping lo. Namun perlu diketahui juga, kalau ingin membawa korek api ke gunung disarankan untuk menggunakan korek api yang memang di khususkan untuk kegiatan outdoor. Mungkin korek api yang berjenis fire starter bisa jadi pilihan lo.

Dengan korek api jenis fire starter itu, lo tidak harus pusing lagi mengurusi korek apabila terkena air atau dengan kondisi cuaca yang dingin. Jadi jangan lupa untuk selalu menyediakan korek api di samping lo yaa bro.

Jarum Dan Benang

Benang Dan Jarum. Credit: mapala-gms-artikel.blogspot.co.id

Mungkin akan terdengar peralatan ini tidak penting untuk dibawa bersama-sama pada saat mendaki Gunung Merapi yaa. Namun hal itu salah bro. Kegunaan dari jarum dan benang itu sendiri adalah sebagai alat untuk menjahit kemah lo apabila tenda lo robek.

Karena lo berada di alam bebas, tentunya kejadian-kejadian yang tak dinginkan itu pasti akan datang. Bisa saja nanti tenda lo di seruduk hewan hingga bolong atau bisa saja kejatuhan benda yang bisa membuat tenda lo bolong.

Oleh sebab itu kehadiran jarum dan benang sangat penting bro, hal kecil ini bisa menyelamatkan nyawa lo loh. Jadi jangan lupa untuk menyediakan jarum dan benang yaa di perjalanan lo menuju Gunung Merapi.

Masker Kain Atau Buff

Ilustrasi Penggunaan Buff. Credit: jiguo.com

Kalau lo sering kelupaan untuk membawa masker kain atau buff pada saat mendaki gunung, hal itu akan membuat lo tidak nyaman kan bro? Oleh sebab itu untuk mengurangi ketidaknyamanan yang akan lo alami ada baiknya untuk selalu menyediakan masker kain atau buff.

Karena dari fungsi utamnya sebagai pelindung dari pernafasan lo. Karena dari kondisi Gunung Merapi yang tergolong berbahaya, secara tidak langsung kegunaan dari masker kain ini adalah supaya lo terlindungi dari asam sulfatara yang dikeluarkan.

Jika pada musim kemarau masker kain atau buff juga berfungsi sebagai pelingdung kita dari debu-debu yang berterbangan. Jadi jangan lupa untuk membawa masker kain lo yaa bro.

Trash Bag

Ilustrasi Penggunaan Trash Bag. Credit: webstaurantstore.com/

Menjaga kebersihan di tempat kita melakukan pendakian tentulah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan bro. Karena kebersihan merupakan bagian dari iman lo juga kan. Selain itu kalau tempat atau wilayah lo bersih itu juga akan meningkatkan kenyamanan yang ada.

Namun trash bag atau plastik sampah ini memiliki fungsi yang lain loh bro. Bilamana hujan turun, plastik sampah ini akan berfungsi sebagai pelindung untuk barang-barang lo. Dan bisa juga sebagai tempat untuk pakaian kotor lo bro.

Memang bro kantong plastik ini bisa menjadi teman lo namun bisa juga menjadi musuh bagi alam. Oleh karena itu diingat terus yaa bro untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah-sampah platik yang tentunya akan merusak alam kita.

Pisau

Ilustrasi Pisau Lipat. Credit: phinemo.com/

Satu alat lagi nih bro yang jangan sampai lupa. Pisau merupakan alat yang multifungsi pada saat pendakian. Bisa digunakan untuk alat memasak ataupun dapat menjadi alat pertahanan bilamana bahaya datang.

Selain itu pisau juga dapat berfungsi untuk memotong tali ketika ingin memancang tenda. Oleh sebab itu jangan lupa untuk membawa pisau yaa bro.

Jadi gimana dengan informasi yang ada di atas? Apakah sudah membuat lo terbantu untuk menemukan apa saja sih yang penting untuk dibawa pada saat pendakian Gunung Merapi? Untuk itu jangan lupa untuk selalu mengobarkan jiwa petualang lo dan teruslah bereksplorasi yaa bro!

 


Please login to comment
7 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 24, 2018 at 12:21 AM

Mantap keren banget


Endang P
March 28, 2018 at 8:12 AM

keren bgt


yogo purwanto
March 28, 2018 at 8:15 AM

mantap gan


Muhammad muhlis
March 28, 2018 at 8:37 AM

Kereeennnnn


Muhammad muhlis
April 6, 2018 at 9:51 AM

Info yang penting


hengky tri kurniawan
June 18, 2018 at 12:13 AM

info yang sangat berguna


Iksanwish
July 3, 2018 at 7:27 PM

Terimakasih gan ilmunya.. Sangat bermanfaat. ????