APR 13, 2018

6 Tips Berlibur Gaya Traveller Di Nusa Lembongan Buat Lo Bro!

Mau berlibur ke Nusa Lembongan bro? Lihat dulu tips-tips di bawah ini yang bisa berguna dan bermanfaat untuk lo. Selamat membaca!


Bro, kalau sedang berlibur ke Pulau Bali biasanya lo ke daerah mana? Pulau yang memiliki banyak tujuan wisata ini memang menjadi tujuan favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu libur. Mulai dari panorama perbukitan hingga pantai bisa lo dapatkan di pulau ini.

Tak luput juga dengan aktivitas-aktivitas seru lainnya yang bisa lo lakukan di sana. Seperi snorkeling dan diving menjadi aktivitas yang sering dilakukan orang kalau pergi ke Bali. Namun apakah lo sudah tahu tempat paling indah untuk melakukan aktivitas tersebut bro?

Terdapat satu pulau kecil yang terkenal sebagai surganya para penyelam dan pecinta snorkeling loh bro. Pulau tersebut ialah Nusa Lembongan. Pulau yang terletak di tenggara Bali ini merupakan bagian kelompok dari tiga pulau yang membentuk kawasan Nusa Penida.

Di dalam Nusa Lembongan terdapat tiga desa utama, diantaranya yaitu Jamur Baty dan Jamur Bay sebagai pusat industri berbasis wisata dan kegiatan di pulau. Untuk mencari ketenangan serta tempat istirahat dengan panorama alam yang indah, tempat ini memang pilihannya bro.

Lo bisa menikmati melihat indahnya pantai serta banyak penyelam yang beraksi. Tak hanya itu di Nusa Lembongan yang bisa lo nikmati bro. Karena pemandangan matahari terbenam juga bisa menjadi pilihan lo.

Untuk itu di dalam artikel ini akan mengulas beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat berkunjung ke Nusa Lembongan.

Cara Ke Nusa Lembongan

Ilustrasi Kapal Lokal. Credit: satujam.com

Nah satu hal yang perlu diperhatikan pada saat lo mau berkunjung ke Nusa Lembongan ialah bagaimana cara lo untuk dapat menginjakan kaki lo di sini. Lo dapat menggunakan transportasi laut untuk bisa tiba di sana.

Ada beberapa jenis kapal yang bisa mengantarkan lo ke sana bro. Kira-kira pukul 08.00 berbagai kapal itu akan siap untuk membuat lo dapat tiba di Nusa Lembongan dari Pantai Matahari Terbit, Sanur. Biaya yang perlu lo keluarkan sekitar Rp. 30.000,00 untuk kapal lokal.

Kapal yang sama akan kembali ke Sanur besok hari pada pukul 08.00 dari Jungutbatu, Nusa Lembongan. Namun buat lo yang ingin merasakan sensasi naik speed boat juga bisa. Walaupun lo bisa menempuh waktu hanya 30 menit namuan tentu memiliki harga sewa yang tinggi. Lo harus mengeluarkan sekitar Rp 50.00,00 hingga Rp 175.000,00.

Transportasi Di Nusa Lembongan

Berkeliling Di Nusa Lembongan. Credit: studentjourneys.com

Pada saat lo sudah tiba di Nusa Lembongan tentunya lo memerlukan kendaraan untuk mempermudah mobilitas lo. Namun sebenarnya dengan ukuran pulau yang relatif kecil ini, lo bisa hanya berjalan kaki saja bro.

Untuk penyewaan kendaraan seperti motor atau sepeda lo harus mengeluarkan uang sekotar Rp 50.000,00 belum termasuk bensin. Dan di kawasan Nusa Lembongan ini tidak ada bus yang bisa lo gunakan bro.

Iklim Di Nusa Lembongan

Cuaca Di Nusa Lembongan. Credit: fabulousubud.com/

Kawasan ini memang memiliki curah hujan yang sangat rendah bro. Oleh sebab itu lo akan mendapatkan cuaca yang panas serta kering. Namun hal bisa diakali agar tidak menjadi sebuah hambatan untuk berkeliling kawasan Nusa Lembongan ini.

Dengan menggungakn cairan sunblock atau topi bisa menjadi pilihan lo untuk menghindari terik matahari. Selain itu menggunakan lengan panjang juga bisa tuh bro. Karena perlu diketahui sinar UV yang ada di kawasan pesisir pantai itu tidak bagus untuk kulit lo.

Pantai Lebaoh

Petani Rumput Laut Di Pantai Lebaoh. Credit: blogunik.com

Di pantai ini lo bisa melihat kegiatan warga sekitar yang memang memiliki mata pencaharian sebagai petani pertanian rumput laut. Oleh sebab itu lo akan melihat banyak rumput laut yang dijemur di pinggir pantai.

Dan Pantai Lebaoh ini memang menjadi pemasok rumput laut utama di Pulau Bali.  Rumput laut sendiri merupakan tumbuhan yang juga dikenal sebagai gulma laut atau ganggang laut. Vegetasi tumbuhan ini memang sangat cocok untuk wilayah pesisir sepertia Pantai Lebaoh di kawasan Nusa Lembongan.

Kalau lo penasaran bagaimana prosesnya, lo bisa langsung ke pantai ini saja bro. Di sana lo bisa langsung melihat bagaimana para petani rumput laut ini melakukan rutinitasnya.

Keindahan Laut

Suasana Diving Di Nusa Lembongan. Credit: world-diving.com

Pada saat tiba di Nusa Lembongan tentunya lo akan mendapatkan sebuah keindahan bawah laut yang akan membuat lo terpukau. Mulai dari lautnya yang jernih hingga hamparan pantai putihnya yang luar biasa akan lo dapatkan di sini.

Jadi memang untuk melakukan aktivitas laut seperti snorkeling atau diving merupakan hal yang harus lo lakukan bro. Di bawah laut dari kawasan Nusa Lembongan ini terdapat kurang lebih 247 spesies karang serta 562 spesies ikan yang indah.

Namun untuk dapat melakukan aktivitas snorkeling atau diving di Nusa Lembongan ini lo enggak perlu khawatir atas peralatannya bro. Karena lo sudah banyak terdapat tempat penyewaan alat-alat diving atau snorkeling tersebut. Pokoknya enggak akan menyesal pada saat lo mulai menyelam ke dalam laut di kawasan ini.

Pilihan Tempat Wisata

Keindahan Gua Gala-Gala. Credit: lembonganexpress.com

Selain dari poin-poin di atas, kawasan Nusa Lembongan ini menyimpan banyak tempat yang unik dan seru bro. Tentunya akan memicu jiwa petualang lo untuk keluar. Seperti Puncak Pulau Ceningan sebagai salah satu spot indah untuk lo mendapatkan matahari terbit atau terbenam.

Lalu kalau ingin menikmati gua bawah tanah tentunya lo bisa pergi ke Gua Gala-Gala, di sana lo akan mendapatkan pengalaman masuk ke dalam sebuah gua yang memiliki kedalam 25 meter. Dan Gua Gala-Gala ini merupakan bagian dari Pura Langse.

Lalu ada Hutan Mangrove Nusa Lembongan yang bisa jadi pilihan lo berikutnya bro. Hutan yang nuansa alami yang indah ini memang sangat cocok sekali untuk lo dapat melepaskan penat lo. Dengan menyusuri kanal-kanal di hutan ini menggunakan perahu tradisional yang berukuran kurang lebih 6 meter.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai Nusa Lembongan di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo yaa pada saat lo berkunjung ke sana. Selamat beraktifitas bro!


Please login to comment
2 COMMENTS
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
April 28, 2018 at 2:47 PM

Amazing ????????


Hengky kik
April 29, 2018 at 1:08 AM

kereeeeeen bangeet