APR 13, 2018

6 Tips Ini Berguna Pada Saat Lo Menjelajahi Gunung Kelimutu

Ingin mendaki Gunung Kelimutu tapi masih bingung harus ngapain bro? Simak saja informasi di bawah ini untuk mendapatkan beberapa tips yang dapat mempermudah pendakian lo.


Bro, Lo mau merasakan mendaki gunung lalu akan menemukan sebuah danau yang tentunya memiliki keindahan yang unik? Oleh sebab itu jalan-jalan dong bro ke Nusa Tenggara Timur tepatnya di Pulau Flores.

Di tempat ini lo akan menemukan Gunung Kelimutu. Sebuah gunung yang menyimpan keindahan tiga danau dengan warna yang berbeda. Danau tersebut dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna. Terdiri dari warna merah, biru dan putih.

Konon katanya warna dari danau tersebut bisa saja berubah-ubah dengan seiringnya waktu berjalan. Kelimutu sendiri merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut waga setempat warna-warna dari danau tersebut memiliki artinya masing-masing, serta memiliki kekuatan alam yang dahsyat.

Dan uniknya lagi nih bro, setiap danau yang terdapat di gunung tersebut memiliki namanya masing-masing. Untuk yang berwarna biru bernama “Tiwu Muwa Muri Koo Fai”, warna merah “Tiwu Ata Polo” lalu yang terakhir untuk warna putih “Tiwu Ata Mbupu”.

Nah, untuk mendapatkan momen terbaik di Gunung Kelimutu ini lo harus mengikuti beberapa tips yang ada di dalam artikel ini bro. Jadi berikut ulasannya.

Sebelum Matahari Terbit

Keindahan Matahari Terbit Di Gunung Kelimutu. Credit: backpackerindonesiaku.blogspot.co.id

Melihat matahari terbit di puncak Kelimutu ini memang merupakan sebuah momen luar biasa yang akan terjadi di hidup lo bro. Karena dari perpaduan warna-warnanya serta pantulan ke air danaunya membuat keadaan serta suasana di puncak ini sangatlah istimewa.

Oleh sebab itu disarankan untuk tiba di puncak ini sebelum matahari terbit. Kurang lebih lo harus sudah bangun pada pukul 04.00. Lebih pagi sebenarnya lebih bagus bro. Hal ini dilakukan agar lo tidak ketinggalan momen indah tersebut.

Jangan lupa untuk memasang alarm supaya dapat membantu lo untuk bangun pagi.

Jangan Lupa Untuk Membawa Senter

Ilustrasi Senter Yang Dapat Digunakan. Credit: bukalapak.com

Dikarenakan oleh keadaaan jalanan yang gelap, oleh sebab itu kehadiran senter memang menjadi jawaban lo. Dikarenakan akan memakan waktu kurang lebih 30 menit trekking sampai ke tempat tujuan. Serta juga dengan kondisi jalan yang masih kurang bagik dan berbatu.

Jadi fungsi senter itu akan sangat berguna bro, agar lo tidak tersandung dan yang paling penting agar keselamatan lo akan selalu terjamin. Namun dari kondisi mendannya enggak terlalu sulit kok untuk di daki.

Pakailah Pakaian Yang Tebal

Corak Tenun Ende. Credit: flobamoraikatartdesign.blogspot.co.id

Seperti pada umumnya jika ingin mendaki gunung, tentunya memiliki kondisi alam yang dingin. Oleh sebab itu penggunaan pakaian yang tebal sangat diutamakan. Atau lo juga bisa membeli sarung tenun Ende yang tersedia di kios dekat pelabuhan Ende sehari sebelum lo mendaki gunung ini.

Karena selain kegunaan sebagai penghangat tubuh lo, sarung tenun Ende ini memiliki motif yang sangat indah dan bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk orang kesayangan lo di rumah bro. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan sesuatu yang membantu menghangatkan tubuh lo yaa.

Pakailah Sepatu Yang Kuat

Ilustrasi Pilihan Sepatu Yang Dapat Digunakan. Credit: bukalapak.com

Ini merupakan hal yang terdengar sepele namun sangatlah penting bro. Dikarenakan lo akan melewati medan alam, oleh sebab itu penggunaan sepatu sungguglah penting. Selain untuk kenyamanan lo, penggunaan sepatu juga penting untuk menghindari terjadinya cedera pada kaki lo.

Nah, untuk pemilihan sepatu juga harus diperhatikan yaa bro. Kalau bisa pilihlah sepatu yang memang diperuntukan untuk aktivitas outdoor. Karena biasanya sepatu jenis tersebut memiliki standar keamanan yang tinggi.

Atau kalau misalkan tidak sempat membeli sepatu outdoor, lo juga bisa kok menggunakan sepatu olahraga yang lo miliki. Dan jangan sekali-kali menggunakan sandal yaa. Karena biasanya kondisi jalan sangat licin, apalagi kalau lo melakukan pendakian pada subuh hari.

Jangan Lupa Sarapan Bro

Ilustrasi Sarapan. Credit: nationalgeographic.co.id

Satu hal lagi yang biasa orang sepelekan bro. Yaa betul sarapan. Sebelum melakukan pendakian ke puncak Kelimutu ini memang memerlukan energi yang banyak. Oleh sebab itu sarapan merupakan hal yang penting agar lo mendapatkan energi yang cukup pada saat melakukan pendakian.

Kalau misalkan lo benar-benar tidak sempat untuk sarapan yang berat setidaknya lo harus memakan sesuatu. Pisang bisa menjadi plihan utama dalam mengatasi hal ini. Karena tubuh lo akan mendapatan energi yang cukup dari buah pisang.

Hal ini juga untuk menghindari lo bisa pingsan pada saat melakukan pendakian, oleh sebab itu jangan lupa sarapan bro sebelum mendaki.

Jagalah Kebersihan

Ilustrasi Buang Sampah Sembarangan. Credit: conserve-energy-future.com

Ini dia nih bro sebuah poin yang sangat penting apabila berkunjung ke Gunung Kelimutu. Menjaga kebersih merupakan hal yang penting, bukan hanya untuk kepentingan pribadi lo namun untuk kepentingan banyak orang juga.

Seperti tidak membawa plastik ke atas juga bisa menjadi awal yang baik. Serta bilamana lo tidak menemukan tempat sampah di dekat lo, mohon untuk tidak langsung membuang sampah lo yaa bro. Sampah tersebut bisa lo simpan terlebih dahulu sampai lo dapat tempat sampah berikutnya.

Dan juga apabila lo membawa makanan atau minuman ke atas gunung ini juga harap diperhatikan sampah-sampah lo itu yaa. Karena perlu diketahui juga kalau Gunung Kelimutu ini merupakan kawasan yang sangat penting bagi masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu menjaga kebersihan merupakan sesuatu yang sangat penting, bayangkan saja misalkan rumah lo di datangi tamu namun tamu tersebut membuang sampah sembarangan di depan muka lo. Kebayang kan bro rasanya seperti apa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Kelimutu di atas? Semoga dapat berguna pada saat lo berkunjung ke gunung ini. Sebagai salah satu tempat tujuan yang indah di Indonesia memang sudah menjadi tugas kita untuk selalu menjaga kelestariannya yaa.

Jangan berhenti berpetualang dan bereksplorasi bro, karena Indonesia ini sangat luas dan aka seru sekali kalo lo bisa menginjakan kaki lo di semua daerah yang ada di daerah ini.


Please login to comment
3 COMMENTS
Sunaryo Widodo
April 15, 2018 at 10:50 PM

Informasi yang menarik banget...


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
April 28, 2018 at 2:44 PM

Amazing ????????


Hengky kik
May 3, 2018 at 11:02 PM

kereeeeeen



LOCATION