APR 16, 2018

6 Hal Yang Bisa Lo Lakukan Di Pulau Alor (97% Unik!)

Ingin mencari pulau yang memiliki keunikan baik dari alamnya maupun budayanya bro? Pulau Alor bisa menjadi pilihan lo. Penasaran? Cek saja informasinya di bawah ini. Semoga dapat berguna!


Di provinsi Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah daerah dengan keindahan alam serta budayanya yang unik. Lebih tepatnya di kawasan paling timur dari provinsi tersebut. Pulau tersebut ialah Pulau Alor. Walaupun memiliki kualitas alam yang indah, pulau tersebut masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain kaya akan sejarah serta budayanya, memang pulau ini memiliki alam yang tiada duanya bro. Akan cocok sekali sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan lo. Untuk itu, lo harus datang langsung ke Pulau Alor ini untuk benar-benar merasakan keindahan serta keunikan budayanya.

Untuk bisa sampai ke pulau indah ini, lo tinggal memesan tiket pesawat ke Bandar Udara Mali yang ada di Alor. Selama perjalanan lo menuju Alor ini, di pesawat saja lo sudah bisa melihat keindahan pulau tersebut dari langit yang berwarna cerah serta dengan indahnya panorama pegunungan. Dan lo akan langsung di sambut dengan cuaca panas khas Alor setibanya lo di sana.

Nah, apa saja sih sebenarnya yang bisa lo lakukan di Pulau Alor ini? Untuk itu di dalam artikel ini akan mengulas beberapa hal yang bisa lo lakukan serta tujuan apa saja yang terdapat di pulau ini. Berikut ulasannya bro.

Desa Adat Takpala

Suasana Di Desa Adat Takpala. Credit: travelingwithtinae.com

Mungkin ini bisa menjadi salah satu hal pertama yang bisa lo lakukan pada tiba di Alor. Namun lo harus berangkat dari pagi hari yaa bro. Nah, banyak orang yang beranggapan bahwa kalau lo belum ke Desa Adat Takpala ini berarti lo belum ke Pulau Alor.

Di desa ini lo bisa langsung mengetahui adat istiadat suku Abui, yang merupakan suku terbesari di Pulau Alor. Desa Adat ini memang tertata sangat rapih bro, apalagi lo bisa langsung berfoto serta menggunakan pakaian adat setempat dengan memberikan donasi seikhlasnya.

Setelah puas berkunjung di Desa Adat Takpala, tujuan berikutnya yang bisa menjadi agenda lo ialah Air Panas Tuti Adagae.

Air Panas Tuti Adagae

Suasana Di Air Panas Tuti Adagae. Credit: mtsnkalabahintt.wordpress.com

Air panas Tuti Adagae merupakan tempat yang harus lo datangi bro. Karena tempat ini memiliki keunikan sendiri yang hanya bisa lo dapatkan di sini. Tuti Adagae sendiri merupakan sumber air panas alami yang terkenal di Pulau Alor.

Namun untuk menuju ke tempat ini memang tidak mudah, uutk itu banyaklah bertanya kepada para masyarakat sekitar. Dengan kondisi tempat yang masih asri, membuat banyak orang merasa terpukau olehnya. Namun sangat disayangkan bro, masih banyak terlihat sampah di sekitar kawasan ini.

Untuk itu, pada saat lo tiba di tempat ini diharapkan untuk lebih berhati-hati kembali dalam membuang sampah lo yaa. Karena memang menjaga kebersihan tempat yang akan kita kunjungi merupakan sebuah kewajiban.

Namun dibalik itu semua lo akan mendapatkan sebuah fenomena alam yang unik. Setelah puas berkunjung ke Air Panas Tuti Adagae ini, ada baiknya lo langsung beralih ke Pantai Serenglang.

Pantai Serenglang

Batu Besar Di Pantai Serenglang. Credit: phinemo.com

Buat lo yang ingin mencari pantai yang indah serta memiliki keunikannya tersendiri, pantai ini bisa menjadi pilihan lo bro. Pantai yang terletak di pinggir jalan ini memang menyimpan fenomenan alam yang mungkin hanya bisa lo dapatkan di sini.

Salah satu yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lainnya ialah dengan adanya sebuah batu besar yang ada di pesisir pantai. Untuk ukuran batu itu memang benar-benar besar bro. Sehingga tidak heran kalau batu tersebut menjadi magnet para wisatawan untuk datang ke pantai ini.

Dan lo bisa menaiki batu tersebut untuk berfoto. Selain dari batunya yang besar ternyata pantai ini juga memiliki bebatuan kerikil kecil berwarna hitam yang tak kalah menariknya.

Air Terjun Ilawe

Suasana Di Air Terjun Ilawe. Credit: adelinatampubolon.com

Sebuah air terjun yang terdapat di Pulau Alor ini memang sering menjadi magnet para wisatawan untuk melihat kesegaran airnya. Tentu saja pada saat lo menginjakan kaki lo di air terjun ini langsung tercipat suasana nyaman dan tentram di tubuh lo.

Namun untuk mencapai di air terjun ini bukan merupakan hal yang mudah. Lo harus melewati 21 anak sungai. Tapi tenang saja bro, dengan usaha lo melewati rintangan tersebut, tentu akan mendapatkan sebuah panorama alam yang indah.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati air terjun ini ialah pada saat musim panas bro. Karena lo akan mendapatkan kondisi air yang bening serta biru.

Pulau Sikka

Pada Saat Air Surut Lo Bisa Nyebrang Ke Pulau Sikka. Credit: phinemo.com

Kalau berkunjung ke Alor jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung ke Pulau Sikka. Terdapat sebuah rintangan sebelum lo dapat menikmati indahnya pulau ini. Yaitu harus menunggu hingga air laut surut.

Untuk itu waktu paling tepat untuk menuju ke pulau ini yaitu pada saat pagi hari sekali ataupun pada saat jam makan siang. Namun untuk lebih memastikan lagi, ada baiknya untuk bertanya kepada warga sekitar mengenai waktunya tersebut.

Karena bisa saja bro pada saat lo sedang menikmati waktu lo di pulau ini tiba-tiba air pasang datang. Untuk itu kembali pastikan yaa kepada warga sekitar kapan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini.

Memang pulau ini tergolong unik bro, karena lo bisa menyebrang tanpa harus menggunakan kapal. Untuk tujuan berikutnya pada saat lo liburan di Alor ialah Pantai Maimol.

Pantai Maimol

Suasana Di Pantai Maimol. Credit: wisata-flores-ntt.blogspot.co.id

Pantai Maimol ini merupakan sebuah pantai yang cocok untuk lo jika ingin berenang santai. Pantai yang terletak tak jauh dari Kota Kalabahi ini memiliki dermaga yang bisa digunakan untuk loncat ke laut. Di pantai ini juga bisa menjadi tempat nongkrong yang nyaman.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai Pulau Alor di atas? Semoga dapat berguna sebagai panduan pada saat lo sedang berkunjung ke pulau ini yaa. Selamat beraktifitas!

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Sunaryo Widodo
April 16, 2018 at 11:08 PM

Keren banget recommended



LOCATION