APR 16, 2018

Ingin Backpackeran Ke Wae Rebo Bro? Perhatikan 6 Tips Ini Yaa

Buat lo yang ingin backpackeran ke desa di atas awan alias Wae Rebo, bisa lihat informasinya di bawah ini yaa. Semoga dapat berguna dan selamat mencoba bro!


Bro, buat lo yang memiliki hobi jalan-jalan backpackeran sudah pernah ke Wae Rebo belum? Sebuah desa yang masih berpegan teguh terhadap adat istiadat. Di sana lo akan menemukan gaya hidup unik yang memang sudah menjadi pilihan mereka.

Dan uniknya lagi mereka juga masih tinggal di sebuah rumah adat yang bernama Mbaru Niang. Rumah adat tersebut beratapkan ijuk yang berbentuk kerucut. Letaknya di Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Tentunya untuk mencapai ke daerah ini lo harus melalui perjalanan yang panjang.

Perjalanan diawali dengan pesawat dengan tujuan Denpasar lalu di lanjutkan ke Labuan Bajo. Lalu dari Labuan Bajo lanjut lagi dengan perjalanan darat yang akan menempuh waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam menuju Denge.

Namun perjalanan lo tidak berhenti sampai situ saja bro. Karena posisi dari Wae Rebo yang berada di lembah antara pegunungan, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja dari Denge. Dari Denge sendiri lo memerlukan waktu sekitar 4 jam.

Tentunya perjalanan 4 jam lo itu dihadapkan dengan kondisi medan yang lumayan berat dan bervariasi. Muali dari jalanan yang berbatu, jalan tanah menanjak hingga sungai dengan jembatan bambu. Lalu di Wae Rebo, lo bisa menginap di salah satu rumah adat bersama masyarakat setempat.

Karena memiliki perjalanan yang panjang, oleh sebab itu lo memerlukan waktu persiapan yang matang. Untuk itu berikut beberapa tips yang bisa menjadi panduan lo pada saat ingin berkunjung Wae Rebo.

Ransel Yang Kuat

Ilustrasi Ransel Yang Cocok. Credit: pinterest.com/

Tentunya dengan kondisi medan serta akan memakan waktu lama, menggunakan tas ransel merupakan salah satu solusi yang dapat lo gunakan. Dengan alasan agar perjalanan lo lebih praktis. Selain itu disaranakan untuk memilih tas ransel yang memang diperuntukan untuk aktivitas outdoor.

Selain dari medannya yang cukup bervariasi, cuacanya sewaktu-waktu juga dapat berubah. Oleh sebab itu pemilihan barang-barang yang diperuntukan untuk aktivitas outdoor sangat penting. Lalu untuk menuju ke Wae Rebo lo harus menyewa pemandu lokal yaa.

Pemandu tersebut bisa lo dapatkan di Manggarai sebagai penunjuk jalan dan bisa diminta tolong merangkap sebagai porter.

Sepatu Hiking

Ilustrasi Sepatu Outdoor. Credit: chadstore.co.uk/

Selain dari tas ransel, lo juga harus menggunakan sepatu hiking yaa bro. Karena memang alas kaki memang salah satu faktor yang harus diperhatikan. Tidak disarankan untuk menggunakan sandal gunung yaa bro. Karena pada saat hujan tiba, jalanan akan menjadi licin dan berbahaya apabila menggunakan sandal gunung.

Selain itu juga banyak terdapat lintah yang bisa menyerang kapan saja dan juga terdapat medan yang berpasir. Karena itu menggunakan sepatu gunung sangat disarankan. Selain menghindari hal-hal tersebut, menggunakan sepatu gunung juga bisa mengurangi potensi cedera.

Jaket Untuk Tidur

Ilustrasi Jaket Hangat Untuk Tidur. Credit: bukalapak.com

Dikarenakan oleh suhu di Wae Rebo yang tergolong dingin, oleh sebab itu penggunaan selimut saja tidak cukup bro. Karena dari letak geografisnya yang cukup tinggi menyebabkan suhu dingin tersebut. Nah, untuk itu penggunaan jaket pada saat tidur memang menjadi solusi utama.

Untuk itu jangan lupa yaa bro pada saat malam hari tiba gunakan jaket yang bisa membuat lo lebih hangat. Selain itu dengan meminum air hangat sebelum tidur merupakan hal yang akan membantu lo tidur lebih nyenyak.

Uang Tunai Lebih

Ilustrasi Mesin ATM. Credit: youtube.com

Selain dari beberapa alat yang dapat mendukung kenyamanan lo dalam berkunjung ke Wae Rebo ini, ada baiknya lo untuk mengambil uang terlebih dahulu di Laboan Bajo. Karena memang lo akan kesulitan mencari mesin ATM di sepanjang perjalanan menuju Wae Rebo.

Karena lo akan membutuhkan uang tunai untuk membayar tempat penginapan, bensin mobil, sewa pemandu dan porter, serta membeli oleh-oleh khas Wae Rebo yang dijual oleh masyarakat di atas sana. Selain itu uang tunai akan dibutuhkan untuk hal-hal yang tidak disangka.

Baterai Cadangan

Ilustrasi Baterai Cadangan. Credit: omahdrones.com/

Dikarenakan kondisi kelistrikan di Wae Rebo yang terbatas, oleh karena itu lo harus sedia dengan baterai cadangan. Perlu diketahui kalau listrik di kawasan desa ini hanya tersedia dari pukul 6 sore hingga 10 malam saja.

Untuk penggunaan handphone sendiri sebenarnya tidak bisa di sana bro. Karena lo enggak bakalan menemukan sinyal. Namun buat lo yang membawa kamera atau barang-barang elektronik lainnya, ada baiknya untuk membawa baterai cadangan yaa.

Fisik Yang Kuat

Ilustrasi Jogging. Credit: youtube.com/

Merupakan hal yang sangat akan membantu lo dalam perjalanan menuju ke Wae Rebo. Memang akan terkesan sepele bro, namun hal ini sangat penting. Diingat dengan kondisi medan jalanan yang sangat bervariasi.

Oleh karena itu kondisi fisik yang kuat serta fit merupakan sebuah kewajiban yang harus lo penuhi. Jalanan menanjak tentunya akan menguras banyak tenaga dan dapat membuat otot paha dan betis terasa terbakar karena saking lelahnya.

Sepanjang 8-9 kilometer perjalanan terdapat 3 pos pemberhentian untuk beristirahat sejenak. Jangan lupa juga untuk menyediakan air mineral serta makanan ringan untuk menambah energi pada saat di tengah perjalanan yaa.

Nah, disarankan juga nih bro agar badan lo tidak kaget dengan apa yang harus dihadapi pada saat perjalanan menuju ke Wae Rebo, ada baiknya lo untuk melakukan olahraga rutin sebelum melakukan perjalanan.

Seperti melakukan jogging setiap hari bisa menjadi jawaban. Karena itu akan membantu kondisi badan lo agar tidak kaget dengan medan yang aka lo hadapi.  

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai Wae Rebo di atas? Semoga dapat berguna sebagai panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa. Namun perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan di sana yaa. Mau tunggu apa lagi bro, langsung saja siapkan segala keperluan lo dan langsung berangkat ke desa yang unik ini.


Please login to comment
4 COMMENTS
Sunaryo Widodo
April 19, 2018 at 11:16 AM

MAntap Banget...


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
April 28, 2018 at 2:43 PM

Amazing ????????


Hengky kik
May 4, 2018 at 3:06 AM

thanks informasinyaa


hengky tri kurniawan
July 2, 2018 at 12:22 AM

makasih tips nya



LOCATION