APR 16, 2018

Air Terjun Tama'Lulua, Surga Tersembunyi Di Jeneponto

Sudah tahu belum kalau di Jeneponto, Sulawesi Selatan menyimpan air terjun yang sangat indah? Kalau belum lihat saja informasinya di bawah ini yaa. Beneran enggak bakal menyesal deh bro!


Buat lo yang belum punya tujuan liburan yang seru, coba untuk mengunjungi daerah Jeneponto. Wilayah yang masuk ke dalam provinsi Sulawesi Selatan ini menyimpan air terjun dengan panorama alamnya yang indah. Tentunya lo akan mendapatkan pengalaman yang menarik di tempat ini.

Tama’Lulua merupakan nama dari air terjun tersebut. Walaupun memiliki panorama alam yang indah namun masih sedikit wisatawan yang datang ke tempat ini. Pesona alam yang masih tersembunyi ini memang patut untuk menjadi tujuan baru lo bro.

Apalagi buat lo yang ingin backpackeran ke sana tentunya akan cocok sekali. Dengan nama lain Air Terjun Bossolo, Tama’Lulua pasti akan membuat setiap orang yang datang ke tempat ini akan terpukau bro. Karena air terjun ini memiliki ketinggian yang tinggi serta arus yang cukup deras.

Apabila lo sudah tiba di air terjun ini, lo juga bisa menikmati keindahan dari bukit Bossolo yang memang berada tak jauh dari Tama’Lulua. Jadi, secara tidak langsung lo akan mendapatkan 2 spot sekaligus. Tentunya suasana damai dan tentram langsung terasa pada saat lo menginjakkan kaki lo di kawasan ini.

Suasana Di Air Terjun Tama'Lulua. Credit: kesiniaja.com

Lalu, lo juga bisa menikmati momen matahari terbit dari kawasan ini. Untuk lebih enak, lo tinggal mendaki ke bukit Bossolo untuk mendapatkaan momen tersebut. Di bukit Bossolo lo juga bisa mendapatkan sebuah panorama alam yang indah.

Tentunya membawa kamera merupakan sebuah kewajiban apabila lo berkunjung ke sini. Karena akan banyak momen-momen indah yang patut lo abadikan. Lalu setelah lo turun dari bukit Bossolo ini lo bisa langsung menikmati basah-bashan di air terjun Tama’Lulua.

Memang daerah Jeneponto merupakan salah satu wilayah kering dan tandus di Sulawesi Selatan. Namun hal itu bisa saja sirna dengan hadirnya air terjun ini. Jeneponto juga merupakan tempat yang memiliki habitat kuda terbanyak di Sulawesi Selatan.

Air terjun Tama’Lulua ini terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia. Lokasinya sekitar 25 km dari kota Jeneponto. Perjalanan darat akan lo jalani dari Kota Makassar, lalu akan melewati Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar setelah itu barulah lo tiba di Kabupaten Jeneponto.

Saat sudah tiba di Jeneponto, lo harus menuju ke Kecamatan Rumbia. Untuk tiba di Air Terjun Bossolo ini lo harus trekking sekitar 1 jam dari parkiran. Walaupun tidak memiliki medan yang sulit, namun ada baiknya lo untuk menyiapkan fisik serta perbekalan.

Tak perlu khawatir bro, karena dari setiap usaha yang lo berikan untuk bisa tiba di tempat wisata nan indah ini akan terbayarkan. Namun perlu diketahui untuk lo yang membawa kendaraan roda 2 akan dikenakan biaya karcis sebesar 2 ribu serta untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya 5 ribu.

Suasana Di Air Terjun Tama'Lulua. Credit: smarttravelingblog.wordpress.com

Berbicara mengenai fasilitas, di Tama’Lulua ini tergolong lumayan lengkap kok bro. Karena tersedia gazebo, toilet serta tempat peristirahatan. Perlu diketahui kalau semua fasilitas serta kebersihan di air terjun ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar.

Sebagai wisatawan yang datang, diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan dari air terjun serta bukit ini. Hal yang mudah untuk dilakukan ialah untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena memang bilamana terdapat sampah-sampah disekitar kawasan ini akan membuat banyak orang merasa tidak nyaman.

Bukit Bossolo

Tulisan Bossolo. Credit: makassar.tribunnews.com

Seperti apa yang sudah di bahas di atas kalau lo akan mendapatkan 2 spot indah sekaligus. Bukit Bossolo merupakan bukit indah yang berada tak jauh dari Air Terjun Tama’Lulua. Oleh sebab itu Air Terjun Talla’Lulua memiliki nama lain Air Terjun Bossolo.

Untuk menikmati keindahan air terjun dari jarak jauh, tempat ini merupakan spot yang terbaik. Bukit Bossolo ini sudah lebih mudah untuk di akses. Bahkan sudah ada beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di sana.

Dengan adanya tulisan Bossolo yang dibuat dari bamboo dan ban bekas yang dicat. Serta adanya jalan yang memiliki aksesibilitas cukup mudah. Sehingga lo akan lebih mudah untuk menjangkaunya. Di atas Bukit Bossolo ini tak hanya pemandangan air terjun saja yang menjadi pusat perhatian.

Namun lo juga dapat melihat berbagai perbukitan lainnya yang masih sangat alami dan asri. Lalu, pemandangan hijau tersebut juga akan berpadu dengan kondisi angin sejuk dan sepoi-sepoi sehingga lo dapat secara lengkap menikmati suasana di tempat ini.

Tips Wisata

Keindahan Di Air Terjun Tama'Lulua. Credit: makassar.tribunnews.com

Tentunya ada beberapa tips buat lo pada saat berlibur ke Air Terjun Tama’Lulua. Karena dari kondisi medannya yang masih alami. Untuk itu menggunakan alas kaki yang nyaman dan cocok dengan medan yang akan lo lalui. Sebaiknya menggunakan sepatu gunung atau sandal gunung, apalagi buat lo yang ingin pergi bermain ke air terjun.

Lalu disarankan juga untuk membawa makanan dan minuman lo sendiri yaa, biarpun sudah ada tempat penjualan makanan dan minuman namun untuk berjaga-jaga. Namun selalu diingat untuk membuang sampah pada tempatnya yaa bro.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti, karena dipastikan lo akan bermain basah-basahan di bawah derasnya air terjun. Untuk waktu yang tepat, disarankan untuk datang pada musim kemarau. Karena pada saat musim tersebut curah hujan akan sedikit, sehingga akan mempermudah lo dalam perjalanan lo.

Yang paling penting ialah di sekitar Bukit Bossolo terdapat pagar pembatas. Nah, diharapkan lo untuk menjauh dari pagar pembatas tersebut. Karena itu merupakan wilayah yang riskan, perlu diketahui juga bahwa Bukit Bossolo dikelilingi oleh jurang yang terjal dan tinggi.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai Air Terjun Tama’Lulua di atas? Semoga dapat berguna sebagai panduan lo pada saat berkunjung ke tempat ini yaa. Selalu kobarkan semangat petualang di dalam diri lo yaa. Dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

 


Please login to comment
2 COMMENTS
Blend Boto Mumu
April 16, 2018 at 10:03 PM

Kerreeeennnnnn


Hengky kik
April 17, 2018 at 8:58 PM

Indah banget pemandangannya



LOCATION