APR 17, 2018

Apa Itu Flavor Wheel Dan Cara Menggunakannya (100% Pas Untuk Pecinta Kopi!)

Penasaran dengan flavor wheel dan cara menggunakannya? Simak bahasan kali ini untuk mengetahuinya dan mengetahui cita rasa yang ada di dalam kopi lo!


Nongkrong di kedai atau kafe kopi sekarang ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban dan millennials. Sebelumnya, minum kopi cukup berada di teras rumah, kopi tubruk dan beberapa jenis kudapan yang biasa tersaji saat minggu pagi.

Namun, kebiasaan tersebut sudah berubah. Minum kopi sekarang dinilai dan dilihat dari sisi aestetiknya. Millennials tidak mau begitu saja minum kopi tubruk. Ada sebuah seni yang mereka kejar, dan ada sebuah kepopuleran tentang eksistensi di dalam hidup mereka.

Akan tetapi, untuk para pecinta kopi, sebuah seni dalam meminum sebuah kopi, untuk mereka sudah hal yang biasa. Sebuah seni hasil kolaborasi dari biji kopi pilihan, cara seduh yang nyentrik, dan suasana ngopi di kafe atau kedai yang jauh dari hiruk pikuk Ibu Kota, menjadi hal yang dipuja sekarang ini.

Millennials sekarang juga berusaha menjadi seperti para pecinta kopi. Mulai menggunakan istilah atau Bahasa-bahasa yang biasa para pecinta kopi gunakan. Seperti istilah flavor wheel, yang sekarang ini tengah dibahas oleh para pecinta kopi, dan millennials.

Dari lo, apakah sudah ada yang tahu apa itu flavor wheel? Apakah istilah tersebut juga terdengar asing di telinga lo? Flavor wheel sering terlihat menempel di dinding kedai atau kafe kopi. Bro, walau bentuk serta warnanya yang bagus, flavor wheel bukan sekedar hiasan dekorasi untuk kedai kopi tersebut.

Apa Itu Flavor Wheel?

Apa Itu Flavor Wheel? - Cara Menggunakan Flavor Wheel. credit photo: majalah.ottencoffee.co.id

Flavor wheel adalah sebuah grafis yang berisi tentang informasi seluruh kemungkinan rasa yang ada di dalam secangkir kopi. Dari flavor wheel, lo akan mengetahui dari biji mana kopi lo berasal. Flavor wheel sudah menjadi standar para barista dan pecinta kopi saat merasakan secangkir kopi.

Flavor wheel juga bisa disebut sebagai standar rasa, standar analisis rasa dari secangkir kopi. Oleh karena itu, flavor wheel didesain semenarik mungkin dan semudah mungkin untuk dibaca. Flavor wheel juga akan selalu ada di acara-acara seperti specialty coffee.

Flavor wheel adalah sebuah hasil kerjasama antara Specialty Coffee Association dengan World Coffee Research. Flavor wheel dibuat untuk membantu mereka yang ingin mengetahui rasa apa yang ada di dalam secangkir kopinya.

Landasan dasar dari flavor wheel adalah World Coffee Research Sensory Lexicon, atau semacam kamus kosakata rasa yang dibuat melibatkan banyak ilmuwan, pecinta kopi, dan perusahaan-perusahaan roastery.

Tujuan dari flavor wheel adalah untuk memperkaya perbendaharaan rasa kopi para professional dan juga lo bro. Flavor wheel sudah di desain ulang, dan desain saat ini mudah untuk dibaca dan digunakan untuk berbagai kalangan.

Bagaimana Cara Menggunakan Flavor Wheel?

Apa Itu Flavor Wheel? - Cara Menggunakan Flavor Wheel. credit photo: comunicaffe.com

Menurut Specialty Coffee Association, setidaknya ada 5 cara untuk menggunakan flavor wheel, berikut cara-caranya.

Rangkup Semua Data

Rangkup Semua Data - Cara Menggunakan Flavor Wheel. credit photo: associationsnow.com

Hal pertama untuk menggunakan flavor wheel adalah baca seluruh informasi yang tertera di dalamnya, bro. Hal ini untuk menambah wawasan lo tentang berbagai istilah yang ada di secangkir kopi lo nanti. Warna-warni di flavor wheel juga merepresentasikan rasa yang tertera di sana.

Cicipi Beberapa Kopi Yang Berbeda

Cicipi Beberapa Kopi Yang Berbeda - Cara Menggunakan Flavor Wheel. credit photo: coffeemagazine.co.za

Langkah kedua ini adalah termasuk dalam proses cupping. Dalam langkah kedua ini, lo akan memaksa seluruh indera perasa dan penciuman lo untuk menganalisa cita rasa apa yang ada di dalam secangkir kopi tersebut.

Cita rasa dalam secangkir kopi tersebut adalah kolaborasi antara aroma dan rasa kopi itu sendiri. Di sini, perbendaharaan rasa lo akan diuji. Untuk mengetahui detil rasa apa yang tengah lo cicipi, dan disitulah saatnya menggunakan flavor wheel.

Flavor wheel akan membantu lo untuk menganalisa dan menyatakan kalau secangkir kopi lo, semisalnya, mempunyai aroma dan rasa dari golongan buah berry. Indera perasa lo akan sangat sensitif dalam merasakan cita rasa secangkir kopi tersebut.  

Mulai Dari Tengah Lingkaran!

Mulai Dari Tengah Lingkaran! - Cara Menggunakan Flavor Wheel. credit photo: npr.org

Cara membaca flavor wheel yang baik adalah dari tengah lingkaran, bro. Deskripsi yang berada ditengah lingkaran adalah deskripsi umum yang bisa lo nyatakan saat indera penciuman dan indera perasa lo sudah merasakan secangkir kopi tersebut.

Sebagai contoh, lo tengah merasakan kopi yang berasal dari Ethiopia, yang mempunyai kesan buah, atau fruity dalam rasa kopi tersebut. Lalu di flavor wheel, cari lingkaran tengah yang mendeskripsikan fruity. Kemudian dari rasa umum tersebut, lo bisa spesifikasikan lagi rasa tersebut di lingkaran selanjutnya.

Semisal rasa fruity itu cenderung ke rasa citrus. Apakah rasa jeruk nipis, jeruk bali, ataukah lemon? Ini sudah tergantung dari perbendaharaan rasa yang dimiliki oleh indera perasa lo, dan flavor wheel yang akan menuntunnya.

Membaca Sensory Lexicon

Membaca Sensory Lexicon - Cara Menggunakan Flavor Wheel. credit photo: oof.studio

Untuk mengetahui lebih lanjut berbagai warna dan rasa kopi yang ada di flavor wheel, lo bisa menambah pengetahuan kemungkinan rasa yang ada di secangkir kopi di Sensory Lexicon. Sensory Lexicon adalah sebuah kamus yang akan mempertajam indera sensoris lo.

Perhatikan Warna Yang Ada di Flavor Wheel

Perhatikan Warna Yang Ada di Flavor Wheel - Cara Menggunakan Flavor Wheel. credit photo: faberetcoffea.blogspot.com

Walau banyak warna yang ada di flavor wheel yang merepresentasikan rasa yang ada di secangkir kopi lo, warna tersebut juga mengartikan intensitas kekuatan rasa yang ada di kopi tersebut. Semisalnya, ada warna merah tua dan merah muda.

Merah tua tersebut bisa diartikan rasanya lebih berat atau bold, dan yang merah muda adalah rasa yang lebih ringan atau light. Setiap warna akan selalu berhubungan dengan indera perasa lo. Oleh karena itu, menambah referensi rasa juga diperlukan, bro.

Nah, bagaimana bro? Setidaknya, dengan 5 cara di atas untuk menggunakan flavor wheel, lo sudah bisa mengidentifikasikan dan menganalisa rasa apa yang ada di secangkir kopi lo nanti. Kalau lo sudah ingin mencobanya, lo bisa datang ke kafe atau kedai kopi terdekat dan tanyakan flavour wheel tersebut ke pengelola. Selamat mencoba, bro!

 

Source

Feature Image - faberetcoffeea.blogspot.com

 


Please login to comment
5 COMMENTS
Sunaryo Widodo
April 17, 2018 at 11:43 PM

Nggak ada yang, bener bener keren


Hengky kik
April 18, 2018 at 2:35 AM

nice artikel ....nambah ilmu


Muhammad muhlis
April 24, 2018 at 12:27 AM

Makasih infonya.


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
April 28, 2018 at 2:42 PM

Amazing ????????


Hengky kik
May 4, 2018 at 3:05 AM

tambaaah pengetahuan