Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Lombok tidak selalu identik dengan Gunung Rinjani, kali ini Bukit Pergasingan juga bisa menjadi objek petualangan lo yang seru, bro! (100% Seru!)

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Lombok, terkenal dengan salah satu puncak tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Gunung Rinjani, memang mempunyai pemandangan alam yang luar biasa indah. Gunung Rinjani, juga menjadi salah satu objek petualangan yang tidak ingin dilewatkan oleh para petualang.

Gunung Rinjani tidak hanya dikunjungi oleh para petualang dari dalam negeri, tetapi juga para petualang mancanegara, menyempatkan waktu mereka untuk berpetualang di sana. Namun, bahasan kali ini tidak untuk mengulas Gunung Rinjani, melainkan Bukit Pergasingan.

Sering disebut sebagai pemanasan untuk naik ke Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan memiliki pemandangan serta panorama yang tidak kalah dengan objek petualangan lainnya. Bukit Pergasingan juga dijadikan pendakian saat pendakian di Gunung Rinjani sedang ditutup.

Ketinggian Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Ketinggian Bukit Pergasingan - Bukit Pergasingan, Desa Sembalun Lombok. credit photo: backpackerjakarta.com

Walau tingginya hanya setengah dari Gunung Rinjani, namun panorama yang disuguhkan di Bukit Pergasingan juga tidak kalah indah. Di Puncak Bukit Pergasingan ini lo bisa melihat dengan jelas betapa kokohnya Gunung Rinjani.

Memiliki ketinggian 1670 mdpl, Bukit Pergasingan akan memberikan pengalaman lo mendaki yang berbeda dari pada perbukitan lainnya. Dengan trek yang landai, Bukit Pergasingan cukup mudah untuk didaki oleh para petualang.

Lokasi Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Lokasi Bukit Pergasingan - Bukit Pergasingan, Desa Sembalun - Lombok. credit photo: khabriye.com

Dekat dengan jalur pendakian Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan berlokasi di Desa Sembalun, Lombok Timur. Kalau lo tengah berada di Kota Mataram, lo bisa menuju ke Desa Sembalun dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor selama 2-3 jam.

Jika lo sudah sampai di jalan yang mempunyai gapura bertuliskan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan” itu tandanya lo sudah sampai di pintu masuknya. Tidak jauh dari pintu masuk, titik pendakian ke Bukit Pergasingan bisa langsung lo masuki.

Tantangan Mendaki Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Tantangan Mendaki Bukit Pergasingan - Bukit Pergasingan, Desa Sembalun, Lombok. credit photo: travel.idntimes.com

Walau tidak sesulit mendaki Gunung Rinjani, namun waspada dan berhati-hati dalam pendakian ini tetap harus lo lakukan, ya. Untuk mendaki ke puncak Bukit Pergasingan, lo akan dipermudah dengan ratusan anak tangga yang ada di sana.

Kemudian, pendakian lo akan dilanjutkan dengan trekking di rute jalan tanah yang penuh dengan bebatuan. Tetap berhati-hati karena di bagian ini, kemiringan kontur tanah yang akan lo hadapi adalah 60 sampai 70 derajat.

Ketahanan tubuh serta stamina lo akan diuji di sini. Walau hanya seperti pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan juga akan memberikan lo pengalaman pendakian yang berbeda dari pada yang lain.

Panorama Keindahan Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Panorama Keindahan Bukit Pergasingan - Bukit Pergasingan, Desa Sembalun - Lombok. credit photo: wisata.pesona.travel

Begitu lo mulai sampai ke dataran yang tinggi di Bukit Pergasingan ini, jelas pemandangan yang akan lo lihat dengan jelas adalah Gunung Rinjani yang kokoh. Selain itu, pedesaan Sembalun juga akan terlihat jelas. Petakan sawah mereka akan terlihat indah seperti mozaik.

Sekedar tips untuk lo nih, kalau lo ingin melihat pemandangan yang indah dari Puncak Bukit Pergasingan, pilih dua momen dari aktivitas matahari, yaitu terbit atau terbenam. Sunrise dan Sunset di sini juga tidak bisa lo lewatkan begitu saja, sih.

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Matahari Terbit di Bukit Pergasingan, Desa Sembalun, Lombok. credit photo: apwtour.com

Kemudian, tips selanjutnya adalah mendaki Bukit Pergasingan saat musim panas. Walau akan terasa terik, namun pemandangan yang akan lo dapatkan di sini akan sangat jelas. Berbeda saat musim penghujan, selain rute atau jalur pendakian yang licin, terkadang pemandangan juga akan dihalangi oleh kabut yang datang.

Oleh karena itu, jelas saat musim panas adalah saat yang tepat untuk mendapatkan pemandangan yang indah dari Bukit Pergasingan. Lalu tips selanjutnya adalah saat pendakian. Walau hanya bukit, namun alas kaki yang akan menemani lo mendaki di sini sebaiknya juga alas kaki yang khusus untuk mendaki gunung mengingat treknya yang seperti itu.

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Panorama Keindahan Bukit Pergasingan - Bukit Pergasingan, Desa Sembalun, Lombok. credit photo: thelangkahtravel.com

Fasilitas di Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Fasilitas di Bukit Pergasingan - Berkemah di Bukit Pergasingan, Desa Sembalun, Lombok. credit photo: mytravelnotes.web.id

Untuk masuk ke Bukit Pergasingan, lo harus membayar tiket retribusi sebesar Rp. 15.000 saja. Retribusi akan digunakan pengelola untuk membangun beberapa fasilitas. Fasilitas yang sudah ada seperti kamar mandi atau toilet serta warung makan dan minum.

Pengelola di Bukit Pergasingan bernama Sembalun Development Community Centre (SDCC) artinya berbagai retribusi akan dikelola dengan baik di tempat ini. Jadi, tidak perlu khawatir akan fasilitas yang lo butuhkan di Bukit Pergasingan ini ya.

Bukit Pergasingan, Spot Petualangan di Lombok Dengan Pemandangan Super Keren

Panorama Bukit Pergasingan, Desa Sembalun, Lombok. credit photo: beritadaerah.co.id

Nah, untuk akomodasi penginapan yang sepertinya belum ada di sekitar Bukit Pergasingan. Tips untuk lo yang akan menghabiskan waktu lebih lama di sana, lo bisa menginap di rumah-rumah masyarakat di Desa Sembalun. Tidak sedikit dari masyarakat di sana menawarkan homestay untuk para pendaki.

Nah, dari berbagai penjelasan di atas, apakah lo sudah semakin penasaran dengan panorama serta pemandangan yang indah dari Puncak Bukit Pergasingan ini? Kalau sudah, langsung saja lo siapkan tanggal cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, packing dan berangkat!

Oh iya, bro – kalau lo mengetahui apapun tentang Bukit Pergasingan ini, sila bagikan di kolom komentar agar makin banyak yang mengetahui tentang keindahan dari Bukit Pergasingan ini. Oke, sampai bertemu di puncak Bukit Pergasingan, ya!

 

Source

Feature Image - liburmulu.com

 

Wilderness Beginner hiking travelling Rinjani lombok solo traveling solo backpacker

6 COMMENTS

SHARE
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
Mantap, inspiratif. ????
Hengky  kik
keeereeeen jg ni gaes ..patut dicoba klo ke lombok
Muhammad muhlis
Istimewaaaaaa
Muhammad muhlis
Mantafff
Alim Setiyawan
Mantab jiwa
Sasak Primitive
Izin share di FP om heeee