Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Memacu adrenalin di gunung tinggi? Sudah biasa, bro! Coba pacu adrenalin lo dengan caving di gua terdalam di dunia, Gua Krubera!

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Memacu adrenalin di tingginya gunung, atau derasnya ombak lautan, serta mendera panasnya gurun pasir sudah menjadi hal yang biasa lo lakukan sebagai petualang. Lalu, apa lagi yang kurang? Apakah ada spot yang belum lo eksplorasi?

Tentunya ada, kalau lo penasaran, lo bisa simak bahasan kali ini, nih. Spot petualangan kali ini cukup berbeda dari yang sudah pernah lo taklukan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tingginya gunung akan terasa berbeda sekali juga ditransformasi menjadi kedalaman sebuah gua.

Bukan di Indonesia, namun di Distrik Gagra Abkhazia, tepatnya di Georgia, terletak sebuah gua yang mendapat predikat sebagai gua terdalam di dunia. Seperti apa penampakan gua tersebut? Mari bersama eksplorasi Gua Krubera dari Georgia.

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Gua Krubera di Georgia - Gua Terdalam di Dunia. credit photo: huckberry.com

Gua Krubera, atau juga disebut dengan nama Gua Voronya, adalah gua yang mendapat predikat sebagai gua terdalam di dunia. Hal ini tentu dikarenakan oleh kedalaman gua tersebut yang dapat menciutkan nyali para petualang untuk caving di sana.

Berada di Massif Arabika, wilayah Gagrinsky-Caucasus Barat, Distrik Gagra Abkhazia – Gua Krubera mempunyai kedalaman 2.191 meter atau sama dengan 7.188 kaki. Gua ini terletak di 2.256 meter dari permukaan laut di Lembah Ortobalagan.

‘Rumah’ dari Gua Krubera ini adalah salah satu gunung tertinggi di dari kapur karst di Caucasus Barat. Untuk masuk ke dalam gua, para petualang biasanya menggunakan tali dan mengikuti jalan air yang ada dinding-dinding gua.

Dengan angka kedalaman seperti itu, Gua Krubera disebut-sebut sebagai pintu masuk untuk menuju ke perut bumi. Karena dinilai cukup berbahaya dan sangat menantang, tidak banyak para petualang yang bisa caving di gua ini karena jam terbang yang belum mencukupi.

Kalau gunung tertinggi adalah Gunung Everest, maka gua terdalam di dunia adalah Gua Krubera. Perlu lo ketahui nih, Gua Krubera tidak hanya memiliki satu jalur untuk mencapai dasarnya. Lo bisa menemukan cabang-cabang gua lain yang menuju satu dasar yang lain.

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Eksplorasi Gua Krubera - Caving di Gua Terdalam di Dunia. credit photo: pinterest.com

Dasar dari Gua Krubera adalah sebuah mata air yang sangat jernih. Bahkan kejernihan air tersebut membuat warna air menjadi hijau toska yang bening. Karena jarang terjamah oleh manusia, dan hanya para petualang tertentu yang bisa masuk, eksplorasi gua ini masih terus dilanjutkan.

Kelanjutan eksplorasi Gua Krubera dikarenakan oleh penemuan beberapa spesies fauna yang istimewa. Salah satu spesies yang terkenal dari Gua Krubera adalah laba-laba buta. Hewan berkaki delapan ini unik karena matanya yang tidak bisa melihat.

Oleh karena keunikannya tersebut, eksplorasi Gua Krubera tetap terus berjalan hingga penemuan-penemuan unik dan istimewa lainnya.

Karena banyak cabang yang ada di dalam Gua Krubera, maka underground camp bisa dilakukan. Tercatat setidaknya ada tiga titik underground camp yang ada di Gua Krubera.

Keindahan Gua Krubera

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Keindahan Gua Krubera di Georgia. credit photo: mybestplace.com

Stalagmit dan stalaktit

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Stalagmit dan stalaktit - Keindahan Daru Gua Terdalam di Dunia, Gua Krubera. credit photo: travelpluss.wordpress.com

Stalagmit dan stalaktit adalah pemandangan yang umum di sebuah gua, tapi tidak di Gua Krubera. Stalagmit dan stalaktit di Gua Krubera adalah salah satu yang terindah. Hal ini dikarenakan oleh berbagai varian ukuran dan warna dinding gua yang bisa berubah-ubah seiring tingkat kedalaman.

Kedalaman dari Gua Krubera juga menjadi salah satu faktor keindahan dari spot petualangan ini. Dengan kedalaman lebih dari 2000 meter, Menara Eiffel di Perancis atau Burj Khalifa sebagai bangunan tertinggi di Dubai dan dunia pun bisa masuk ke dalam gua ini.

Dengan ukuran seperti itu, tentu banyak keindahan yang bisa dieksplorasi dari Gua Krubera, terlebih masih banyak cabang yang belum terjamah oleh para petualang. Perlu lo ketahui juga nih, mengukur kedalaman dari Gua Krubera tidak hanya dalam satu waktu.

Mata Air Gua Krubera

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Mata Air Gua Krubera - Gua Terdalam di Dunia, Gua Krubera. credit photo: grdkingdom.com

Butuh beberapa waktu yang lama untuk mengukur kedalaman gua tersebut. Pengukuran pun dilakukan secara bertahap. Sampai akhirnya para petualang menemukan sebuah mata air yang ada di dasar gua tersebut.

Dengan kedalaman seperti itu, apakah lo siap untuk caving di Gua Krubera? Untuk caving di spot petualangan ini, tentunya lo memerlukan pemandu, yang bisa lo ajak berpetualang. Maklum, spot petualangan ini sudah tergolong spot yang ekstrim.

Warna Dinding Gua Krubera

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Warna Dinding Gua Krubera - Gua Terdalam di Dunia, Gua Krubera. credit photo: amusingplanet.com

Kemudian, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, warna dinding gua juga bisa berubah seiring tingkat kedalaman gua. Ketika awal caving, lo akan melihat dinding gua dengan warna abu-abu gelap, coklat, dan nantinya di kedalaman tertentu, lo akan melihat warna dinding gua menjadi kemerahan.

Itu artinya lo sudah cukup dalam berada di Gua Krubera. Lalu, salah satu aktivitas juga selain caving yang bisa lo lanjutkan di sini adalah underground camping. Aktivitas yang cukup ekstrim ini akan memerlukan kepiawaian seorang pemandu untuk menentukan lokasi berkemah.

Underground Camping

Gua Krubera, Pacu Adrenalin Lo di Gua Terdalam di Dunia! (100% Menantang!)

Underground Camping - Gua Krubera, Gua Terdalam di Dunia. credit photo: pinterest.com

Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lo perlu pemandu jika berpetualang di sini dan mereka yang akan membantu lo untuk menemukan titik untuk underground camping. Seperti juga yang sudah disebutkan sebelumnya, Gua Krubera memiliki tiga titik untuk underground camping di titik kedalaman yang berbeda-beda.

Sekarang bagaimana? Apakah lo semakin penasaran dengan tantangan yang ada di Gua Krubera? Untuk mencapai Gua Krubera, diperlukan berbagai macam persiapan, termasuk persiapan budget, karena mengingat spot ini tidak berada di Indonesia.

Jadi, lo bisa melakukan berbagai persiapan tersebut sebelum lo bisa terjun dan caving di gua terdalam di dunia, yaitu Gua Krubera.

 

Source

Feature Image - geologyin.com

Wilderness Beginner Extreme tracking caving solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Kereeeeen banget ini ...rekomended buat travelling ke sana
Keren banget recommended informasinya...