Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Ingin menghindari hiruk pikuk yang sudah menjadi konsumsi rutin, Pantai Tegal Wangi akan memberikan lo suasana santai yang bisa menenangkan pikiran lo, nih!

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Deretan pantai yang ada di Bali memang spot petualangan yang paling menarik sehingga populer di kalangan para petualang baik petualang lokal atau mancanegara. Terlebih deretan pantai yang berada di kawasan Jimbaran, pasti tidak luput oleh para petualang.

Deretan pantai di Jimbaran memang sudah terkenal dengan keramaian dan keseruan yang ada di sana. Namun, ternyata salah satu deretan pantai di Jimbaran ada yang pas untuk lo yang ingin menghindari keramaian tersebut.

Spot yang cukup berbeda ini tidak terlalu banyak petualang yang mengunjunginya. Oleh karena itu, pantai yang dimaksudkan ini memiliki salah satu sebutan yaitu ‘Jimbaran Hidden Beach’. Tersembunyinya pantai di Jimbaran ini karena batu-batu karang yang besar yang ada di sekelilingnya.

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Pantai Tegal Wangi - Bali. credit photo: blog.traveloka.com

Pantai yang dimaksud adalah Pantai Tegal Wangi. Pantai Tegal Wangi merupakan spot yang cukup baik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk rutinitas. Memang, Pantai Tegal Wangi bukan satu-satunya pantai yang ada di Bali, namun keadaannya yang tersembunyi menjadi salah satu pantai yang istimewa.

Memiliki Arti Yang Unik

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Memiliki Arti Yang Unik - Pantai Tegal Wangi, di Bali. credit photo: brobali.com

Pantai Tegal Wangi mempunyai arti nama yang unik. Dua suku kata yang ada di nama pantai tersebut arti perkebunan harum. Tegal berarti perkebunan, dan Wangi adalah harum. Walau mempunyai arti yang seperti itu, tidak ada wangi atau harum yang khas saat lo datang ke pantai ini.

Pusat Kegiatan Melasti Saat Nyepi

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Pusat Kegiatan Melasti Saat Nyepi - Pantai Tegal Wangi, Bali. credit photo: blog.traveloka.com

Pantai Tegal Wangi dengan pasir putih bersih yang menghampar luas, lalu ditambah dengan air laut yang hijau kebiru-biruan toska menjadi salah satu panorama indah utama yang bisa lo lihat begitu tiba di sini.

Spot petualangan kali ini tidak hanya digunakan untuk eksplorasi petualangan, tapi juga untuk kegiatan peribadatan. Salah satu kegiatan peribadatan yang sering dilakukan di Pantai Tegal Wangi adalah Melasti.

Melasti sendiri adalah kegiatan peribadatan penyucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Pada hari istimewa tersebut, umat Hindu di Bali akan beramai-ramai ke Pantai Tegal Wangi untuk melakukan peribadatan tersebut.

Selain memiliki arti yang unik, dan menjadi salah satu spot peribadatan umat Hindu di Bali, Pantai Tegal Wangi juga menjadi salah satu spot terbaik untuk memburu momen matahari terbenam. Sunset di Pantai Tegal Wangi adalah salah satu yang terbaik.

Spot Sunset Terbaik

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Spot Sunset Terbaik - Pantai Tegal Wangi, Bali. credit photo: blog.reddoorz.com

Salah satu alasan mengapa momen matahari terbenam di Pantai Tegal Wangi adalah yang terbaik karena lo akan menangkap momen tersebut dari atas tebing. Dari atas tebing tersebut, siluet dari Gunung Batur dan Gunung Agung akan menambah bingkai sunset lo makin cantik.

Pemandangan serta panorama tersebut tidak akan lo dapatkan di semua pantai yang ada di Bali. Sekedar tips untuk lo yang akan memburu sunset di Pantai Tegal Wangi, datanglah sebelum jam 4 sore. Hal ini akan memudahkan lo untuk mencari dan mengatur posisi objek sunset yang diinginkan.

Tidak hanya saat ingin sunset, lo juga bisa menikmati panorama indah di Pantai Tegal Wangi dari tebing-tebing tinggi tersebut. Dari tebing tinggi tersebut, lo akan melihat garis pantai yang seakan menyatu dengan birunya langit di atas.

Naik turun ke tebing di Pantai Tegal Wangi tidak perlu repot-repot untuk dipanjat, lho. Hal ini dikarenakan oleh tangga-tangga dari batuan kapur yang akan membantu lo untuk naik-turun ke sana. Suasana untuk naik ke tebing tersebut akan teduh karena banyak pepohonan yang rindang.

Waktu Terbaik Untuk Pergi Ke Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Waktu Terbaik Untuk Pergi Ke Pantai Tegal Wangi, Bali. credit photo: blog.reservasi.com

Tidak ada waktu khusus untuk berpetualang ke Pantai Tegal Wangi. Artinya, jam berapapun atau waktu kapanpun, keindahan alam Pantai Tegal Wangi tetap akan terlihat. Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau lo memburu sunset, jam 4 sore adalah waktu yang tepat untuk bersiap di atas tebing tersebut.

Fasilitas Dan Akomodasi di Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Fasilitas Dan Akomodasi di Pantai Tegal Wangi, Bali. credit photo: kintamani.id

Tidak perlu khawatir untuk berpetualang ke Pantai Tegal Wangi. Seluruh fasilitas dan akomodasi dari hotel sampai gaya backpacker sudah tersedia. Dengan kemudahan ini, lo hanya tinggal mencocokan dengan budget yang sudah lo siapkan sebelumnya.

Restoran hingga warung makan kecil, dari hotel berbintang sampai homestay atau cottage sederhana sudah tersedia di sini, jadi lo bebas memilih fasilitas dan akomodasi untuk berpetualang di sini. Salah satu yang juga dicari oleh para petualang di sini adalah kuliner seafood khas Bali.

Akses ke Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi, Si Cantik Yang Penuh Arti Dari Bali

Akses ke Pantai Tegal Wangi, Bali. credit photo: indonesia.tripcanvas.co

Akses atau rute yang cukup dekat dengan Pantai Tegal Wangi adalah langsung dari Bandara Ngurah Rai. Dari bandara lo hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk sampai di Pantai Tegal Wangi. Kemudian, ketika lo sudah berada di Denpasar, dengan mengendarai mobil atau motor lo bisa ke Pantai Tegal Wangi dengan waktu tempuh 1 jam.

Untuk lo yang belum pernah ke sana, salah satu spot petualangan juga yang dekat dengan pantai ini adalah Pura Segara Tegal Wangi. Jika lo sudah sampai Pura Segara Tegal Wangi, hanya butuh 15 menit perjalanan lagi untuk sampai pantai tersebut.

Pantai Tegal Wangi akan buka 24 jam. Jadi, tidak usah khawatir kalau lo sampai di sini terlalu malam. Sekedar tips untuk lo bro, pengelola pantai akan mendahulukan masyarakat dan umat Hindu yang akan melakukan peribadatan menjelang hari raya Nyepi.

Oleh karena itu, pastikan tanggal kedatangan lo tidak terlalu dekat dengan hari raya Nyepi, karena Pantai Tegal Wangi akan ramai oleh umat Hindu yang ingin beribadah.

Bagaimana bro dengan keindahan Pantai Tegal Wangi ini? Kalau lo sudah penasaran, langsung saja atur jadwal cuti dari rutinitas, siapkan budget, packing secukupnya dan berangkat ke Bali!

 

Source

Feature Image - m-kuta.net

Wilderness Beginner travelling bali solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Kereeeeen banget ini ...rekomended buat travelling ke sana
Joooooo gandoooos