Gunung Sepikul, 1000 Batu Yang Ditinggalkan Oleh Bandung Bondowoso

Pemandangan alam yang ditawarkan oleh Gunung Sepikul memang berbeda dari gunung-gunung lainnya. Simak bahasan kali ini untuk mengetahui keindahan tersebut!

Gunung Sepikul, 1000 Batu Yang Ditinggalkan Oleh Bandung Bondowoso

Solo, dengan Kabupaten Karanganyar, Klaten dan Sukoharjo, menyimpan berbagai spot petualangan yang keren, lho. Salah satu spot petualangan tersebut ada di Kabupaten Sukoharjo. Walau tidak terlalu besar, Kabupaten Sukoharjo menyimpan spot petualangan yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja.

Spot petualangan ini di Kabupaten Sukoharjo ini menyimpan berbagai pesona. Dari pesona pemandangan alam bebasnya yang indah, sampai cerita sejarahnya yang mengagumkan. Menjadi salah satu gunung api purba di Pulau Jawa, Gunung Sepikul menjadi spot petualangan yang populer.

Mulai terkenal oleh banyak petualang, baik petualang dari dalam negeri sendiri dan petualang dari mancanegara, Gunung Sepikul pada akhir pekan pasti ramai oleh para petualang yang ingin mengabadikan pemandangan indahnya atau hanya sekedar melepas kepenatan dari rutinitas.

Apa Menariknya Gunung Sepikul

Gunung Sepikul, 1000 Batu Yang Ditinggalkan Oleh Bandung Bondowoso

Apa Menariknya Gunung Sepikul - Gunung Sepikul, Sukoharjo. credit photo: traveltodayindonesia.com

Terdiri dari batuan-batuan terjal yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan, Gunung Sepikul merupakan salah satu gunung yang di Pulau Jawa yang menawarkan pemandangan cukup berbeda dari pada gunung-gunung lainnya.

Batu-batuan terjal tersebut tidak datang begitu saja tanpa sekelumit sejarah yang melekat pada Gunung Sepikul. Julukan Gunung 1000 Batu tidak datang begitu saja. Masyarakat sekitar percaya jika Gunung Sepikul ini memiliki cerita erat dengan sejarah Bandung Bondowoso.

Sekilas cerita, Bandung Bondowoso yang diminta membuat 1000 candi dalam satu malam oleh Roro Jonggrang ternyata mengambil batu untuk candi tersebut dari Gunung Sepikul. Salah satu bukti yang membuat masyarakat setempat percaya adalah bebatuan yang tidak beraturan di Gunung Sepikul tersebut.

Spot Keren Untuk Melihat Sunset

Gunung Sepikul, 1000 Batu Yang Ditinggalkan Oleh Bandung Bondowoso

Spot Keren Untuk Melihat Sunset - Gunung Sepikul, Sukoharjo. credit photo: pinterest.com

Terlepas dari cerita sejarahnya, Gunung Sepikul adalah salah satu spot terbaik untuk melihat momen matahari terbenam. Siluet bebatuan yang ditumbuhi berbagai pohon dan tanaman menjadi salah satu objek foto yang keren.

Ditambah barisan batuan terjal yang menambah indah dari panorama matahari terbenam tersebut. Untuk mendapatkan sunset yang sempurna di Gunung Sepikul, setidaknya lo sudah berada di puncaknya saat pukul 4 sore. Jadi, lo masih bisa memilih spot terbaik untuk mendapatkan sunset tersebut.

Momen matahari terbenam ini juga bertambah indah jika saat udara menjadi bersih dan pencahayaan yang cukup, lo bisa melihat samar-samar Gunung Merbabu dari atas puncak Gunung Sepikul. Pemandangan tersebut akan semakin magis karena lebatnya hutan disekitar gunung.

Pendakian Gunung Sepikul

Gunung Sepikul, 1000 Batu Yang Ditinggalkan Oleh Bandung Bondowoso

Pendakian Gunung Sepikul - Gunung Sepikul, Sukoharjo. credit photo: kabarnesia.com

Tidak sesulit mendaki gunung lain, karena dasarnya, Gunung Sepikul dapat ditempuh dengan waktu perjalanan 15-30 menit saja. Waktu tempuh tersebut pastinya bergantung oleh kemampuan lo mendaki juga, mungkin bisa lebih cepat saat lo sedang fit.

Dengan kemiringan 40-60 derajat, pendakian Gunung Sepikul tidak sesulit yang diekspektasikan. Medan yang masih bersahabat menjadi salah satu faktor mudahnya mendaki Gunung Sepikul. Dengan keadaan pendakian seperti itu, tidak heran jika banyak petualang yang sudah menaklukan gunung ini.

Rute Menuju Gunung Sepikul

Gunung Sepikul, 1000 Batu Yang Ditinggalkan Oleh Bandung Bondowoso

Rute Menuju Gunung Sepikul - Gunung Sepikul, Sukoharjo. credit photo: jalanwisata.id

Karena pemandangannya yang indah serta jalur pendakian yang cukup ramah untuk banyak petualang dan para pemula dalam menaiki gunung, Gunung Sepikul adalah salah satu yang terbaik. Oleh karena itu, banyak petualang yang membuktikan spot petualangan ini seru atau tidak.

Kemudian, rute untuk menuju Gunung Sepikul cukup mudah, hal ini dikarenakan oleh masih tersediannya sarana transportasi umum. Jika lo berada di pusat Kota Sukoharjo, lo akan melewati Jalan Raya Solo – Wonogiri selama 36 menit.

Lalu ketika dari Surakarta, rute menuju Gunung Sepikul tetap melewati Jalan Raya Solo – Wonogiri dan ditempuh dengan waktu selama 58 menit. Kemudian, jika lo dari Klaten, lo bisa lewat Jalan Cawas – Weru dengan waktu selama 51 menit.

Begitu sampai di pintu masuk Gunung Sepikul, ada tiket retribusi yang wajib lo bayar, tergantung dari jenis kendaraan apa yang lo kendarai. Untuk tiket pengendara motor, seharga Rp. 2.000 saja, dan untuk pengendara mobil Rp. 5.000. Cukup terjangkau, ya.

Tips Saat Berkunjung Ke Gunung Sepikul

Gunung Sepikul, 1000 Batu Yang Ditinggalkan Oleh Bandung Bondowoso

Tips Saat Berkunjung Ke Gunung Sepikul - Gunung Sepikul, Sukoharjo. credit photo: zuckici.com

Kalau lo ke sini untuk memburu momen matahari terbenam, sore hari adalah saat yang tepat untuk mendaki Gunung Sepikul. Selain tidak terlalu panas, pemandangan dan momen matahari terbenam memang yang menjadi primadona di sini.

Kemudian, walau trek untuk mendaki tergolong singkat dan dekat, namun bukan berarti lo bisa mengabaikan keselamatan kaki lo ya. Tetap gunakan alas kaki yang diperuntukan untuk kegiatan outdoor, dan hindari alas kaki seperti sandal jepit.

Bro, perlu lo ketahui juga nih, selain Gunung Sepikul, masih ada satu spot petualangan lagi dekat dengan gunung ini, yaitu Waduk Gajah Mungkur. Sebagai salah satu ikon dari Kota Wonogiri, Waduk Gajah Mungkur juga menjadi salah satu spot petualangan yang ramai dikunjungi.

Wah, bagaimana nih, bro? Apakah lo semakin penasaran dengan keindahan alam bebas yang ditawarkan oleh Gunung Sepikul? Kalau iya, langsung saja cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, packing dan langsung saja berangkat!

Oh iya, kalau lo mengetahui lebih tentang Gunung Sepikul, sila bagikan informasi tersebut di kolom komentar, ya, agar para petualang yang lain juga mengetahui informasi yang dimaksud.

 

Source

Feature Image - jejakalam.net

 

Wilderness Beginner hiking travelling solo traveling solo backpacker

1 COMMENTS

SHARE
Amazing Beautifull recommended...